Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Pengertian, Kiprah Dan Fungsi Bank Sentral (Bank Indonesia)

Pembahasan kali ini yaitu ihwal kiprah bank Indonesia, fungsi bank Indonesia, kiprah bank Indonesia, kiprah bank sentral, fungsi bank sentral dan kiprah bank sentral serta kiprah bank Indonesia sebagai bank sentral.

Tugas dan Fungsi Bank Indonesia sebagai Bank Sentral

Bank Indonesia memiliki kiprah penting dalam sistem keuangan negara yang secara rinci yaitu sebagai berikut.

a) Menjaga Kestabilan Nilai Rupiah

Kestabilan nilai rupiah secara internal sangat terkait dengan jumlah uang beredar di masyarakat.

Jika uang beredar terlalu banyak, masyarakat cenderung membelanjakan uang untuk membeli barang-barang sehingga usul meningkat dan harga-harga akan meningkat pula (inflasi).

Sebaliknya, jikalau uang beredar terlalu sedikit, masyarakat tidak akan membelanjakan uang untuk membeli barang-barang, aktivitas produksi menurun, dan perekonomian menjadi lesu (deflasi).

Oleh alasannya itu, bank sentral bertugas menjaga jumlah uang yang beredar biar tidak terlalu berlebihan atau juga terlalu sedikit.

Untuk memenuhi kiprah ini, bank sentral menempuh banyak sekali kebijakan pengendalian jumlah uang beredar, yang disebut kebijakan moneter.
Pembahasan kali ini yaitu ihwal kiprah bank Indonesia Pengertian, Tugas dan Fungsi Bank Sentral (Bank Indonesia)
BI

b) Menjaga Kelancaran Lalu Lintas Pembayaran

Untuk memenuhi kiprah ini, bank sentral melaksanakan dua hal.

  • Pertama, bank sentral membuat uang kartal. Apabila kebutuhan masyarakat terhadap uang kartal meningkat, contohnya menjelang hari raya Idul Fitri atau Natal, bank sentral akan mengeluarkan uang kartal untuk memenuhinya. 
  • Kedua, bank sentral juga menuntaskan pembayaran-pembayaran yang terjadi antar-bank umum. Penyelesaian ini disebut proses clearing atau kliring.

c) Sebagai Pemegang Kas Pemerintah

Bank sentral memegang peranan penting dalam membantu kelancaran aktivitas keuangan pemerintah. Misalnya, mendapatkan pembayaran pajak, membantu pembayaran dari pemerintah pusat ke pemerintah daerah, dan membantu pengedaran serta penempatan surat-surat berharga.

d) Mengatur dan Mengawasi Kegiatan Bank Umum

Tugas ini sanggup dilakukan dengan menyidik keuangan bank-bank umum, membuat peraturan ihwal bank umum, dan memperlihatkan izin perjuangan serta menghentikan aktivitas bank umum yang bermasalah.


Sumber https://www.berpendidikan.com

Post a Comment for "Pengertian, Kiprah Dan Fungsi Bank Sentral (Bank Indonesia)"