Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Pengertian Data Dan Statistika Serta Macam-Macam Jenis Data

Berikut ini yaitu pembahasan wacana pengertian data, pengertian statistika, macam macam data, jenis jenis data, pengertian data berdasarkan para ahli, definisi statistika, pengertian data kuantitatif, teladan data kuantitatif, pengertian data kualitatif, teladan data kualitatif.

Pengertian Data dan Statistika

Di Sekolah Dasar, kau telah mempelajari Statistika, di antaranya cara menyajikan data dalam bentuk diagram dan menghitung rata-rata dari sekelompok data. Pada serpihan ini, bahan tersebut akan dikembangkan hingga dengan ukuran pemusatan dan ukuran penyebaran data.

Statistika sangat bersahabat kaitannya dengan data. Oleh alasannya yaitu itu, sebelum membahas mengenai statistika, akan dijelaskan terlebih dahulu mengenai data.
Data merupakan kumpulan datum, di mana datum merupakan fakta tunggal. 
Data adalah catatan atas kumpulan fakta. Data merupakan bentuk jamak dari datum, berasal dari bahasa Latin yang berarti "sesuatu yang diberikan". Dalam penggunaan sehari-hari data berarti suatu pernyataan yang diterima secara apa adanya. Pernyataan ini yaitu hasil pengukuran atau pengamatan suatu variabel yang bentuknya sanggup berupa angka, kata-kata, atau citra. 
Untuk lebih jelasnya, pelajari uraian berikut.

Ibu guru meminta Ratna untuk mengukur tinggi tubuh lima siswa Kelas XI A secara acak. Hasilnya yaitu sebagai berikut.
Berikut ini yaitu pembahasan wacana pengertian data Pengertian Data dan Statistika serta Macam-macam Jenis Data
Tabel: Daftar tinggi tubuh lima siswa Kelas IX A

Perhatikan Tabel di atas! Bilangan 155 cm merupakan tinggi tubuh seorang siswa. Fakta tunggal ini dinamakan datum. Adapun hasil seluruh pengukuran terhadap lima orang siswa disebut data.

Berdasarkan data yang diperoleh pada Tabel di atas , Ratna menyimpulkan bahwa dari kelima siswa tersebut,
  1. siswa yang paling tinggi badannya yaitu Dani,
  2. siswa yang paling pendek badannya yaitu Dwi, dan
  3. tinggi tubuh Willi dan Wulan sama.

Ketika Ratna menarik kesimpulan di atas, sebetulnya ia telah memakai statistika.
Statistika adalah ilmu yang bekerjasama dengan pengumpulan data, perhitungan atau pengolahan data, serta penarikan kesimpulan berdasarkan data yang diperoleh.
Statistika adalah ilmu pengetahuan yang mempelajari metode yang paling efisien wacana cara‑cara pengumpulan, pengolahan, penyajian serta analisis data, penarikan kesimpulan serta pembuatan keputusan yang cukup beralasan berdasarkan data dan analisa yang dilakukan.
Statistika adalah ilmu yang mempelajari bagaimana merencanakan, mengumpulkan, menganalisis, menginterpretasi, dan mempresentasikan data. Singkatnya, statistika yaitu ilmu yang berkenaan dengan data. Istilah 'statistika' (bahasa Inggris: statistics) berbeda dengan 'statistik' (statistic).
Statistika merupakan ilmu yang berkenaan dengan data, sedang statistik yaitu data, informasi, atau hasil penerapan algoritma statistika pada suatu data. Dari kumpulan data, statistika sanggup dipakai untuk menyimpulkan atau mendeskripsikan data; ini dinamakan statistika deskriptif. Sebagian besar konsep dasar statistika mengasumsikan teori probabilitas. Beberapa istilah statistika antara lain: populasi, sampel, unit sampel, dan probabilitas.

Macam-macam Jenis Data

Berdasarkan jenisnya, data dibedakan menjadi 2 macam, yaitu:
  1. Data Kuantitatif, yaitu data yang berupa bilangan dan nilainya sanggup berubah-ubah. Contoh: Jumlah siswa Kelas IX Sekolah Menengah Pertama Tunas Harapan sebanyak 650 siswa.
  2. Data Kualitatif, yaitu data yang menggambarkan keadaan objek yang dimaksud. Contoh : Selain ramah, Andri juga pintar.

Sumber https://www.berpendidikan.com

Post a Comment for "Pengertian Data Dan Statistika Serta Macam-Macam Jenis Data"