Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Pengertian Dan Klarifikasi Mengenai Derajat Ionisasi


Hello Sobat Dan Adik-Adik ! Salam Chemistry !! Pada postingan kali ini, mas dennis ingin memperlihatkan suatu klarifikasi singkat mengenai derajat ionisasi, adapun bahan yang akan kita bahas pada postingan kali ini ialah Pengertian dan Penjelasan singkat mengenai derajat ionisasi.Jadi cukup sediakan teh hangat untuk menemani adik-adik membaca postingan yang segar ini,,ok kini kita eksklusif ke tkp ...

Pengertian Dan Penjelasan Mengenai Derajat Ionisasi

Derajat Ionisasi merupakan persentase jumlah dari molekul-molekul senyawa elektrolit yang berkembang menjadi ion-ion, Maksudnya disini ialah derajat ionisasi itu memperlihatkan jumlah dari molekul molekul senyawa elektrolit yang berkembang menjadi ion-ion.


Biasanya derajat ionisasi dilambangkan dengan a ( alfa ) yang mempunyai rentang nilai 0-1. bila nilai a suatu senyawa elektrolit bernilai 1, itu artinya seluruh molekul-molekul dari senyawa elektrolit tersebut akan berkembang menjadi ion-ion, dan bila nilai a suatu senyawa elektrolit bernilai 0,5, itu artinya 50 % dari seluruh molekul-molekul dari senyawa elektrolit tersebut akan berkembang menjadi ion-ion, sedangkan 50 % nya lagi tidak berkembang menjadi ion-ion.

Contohnya ibarat senyawa Asam format berikut.

 mas dennis ingin memperlihatkan suatu klarifikasi singkat mengenai derajat ionisasi Pengertian Dan Penjelasan Mengenai Derajat Ionisasi
Dari gambar diatas adik-adik sanggup lihat, terdapat 4 molekul senyawa asam format yang terlarut di dalam air tetapi yang berkembang menjadi ion hanya 1 molekul, berarti nilai derajat ionisasinya yaitu :
1 Molekul / 4 molekul = 0,25 atau 25 %.

Ok, itulah klarifikasi singkat dari mas dennis mengenai derajat ionisasi, biar sanggup bermanfaat dan sanggup menambah wawasan adik-adik semua. Ok deh , apabila adik-adik masih resah atau punya pertanyaan, jangan sungkan-sungkan silahkan sampaikan pertanyaan adik-adik di kolom komentar ! Terima kasih !! dan salam CHEMISTRY !!


Sumber http://www.panduankimia.net

Post a Comment for "Pengertian Dan Klarifikasi Mengenai Derajat Ionisasi"