Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Pengertian Dan Klarifikasi Mengenai Larutan Sejati Dan Larutan Nyata


Seperti yang kita ketahui,dalam suatu larutan aktual bergotong-royong terjadi interaksi antar partikel molekul zat terlarut dengan partikel molekul zat pelarut. Interaksi yang terjadi antar kedua partikel tersebut akan memunculkan suatu sifat gres yang sangat sukar untuk diramalkan. Oleh alasannya yaitu itu,para ilmuan kimia membuat suatu teori yang sanggup meramalkan sifat sesungguhnya dari larutan aktual tersebut,teori ini disebut dengan aturan ideal. Dan olehnya dimunculkanlah istilah larutan sejati sebagai upaya untuk menjelaskan keadaan sesungguhnya dari larutan nyata.

Selama ini kita mungkin mengenal yang namanya Hukum gas ideal (sejati). Dalam konteks gas, Suatu gas sanggup dikatakan sebagai gas sejati atau ideal apabila molekul-molekul gas tersebut tersebar merata di suatu ruang dan tidak terjadi interaksi antar molekul-molekul gas tersebut. Sedangkan dalam konteks larutan,suatu larutan sanggup dikatakan larutan sejati apabila gaya antaraksi partikel pelarut-pelarut,terlarut-terlarut atau pelarut-terlarut sama. Contohnya pada Benzena dan Touelena,kedua senyawa ini apabila dicampurkan maka keduanya sanggup dikatakan sebagai larutan sejati.

Larutan ion yang sangat encer,seperti larutan NaCl 0,01 M sanggup kita katakan sebagai larutan sejati alasannya yaitu ion-ionya bebas bergerak dan gaya tarik menarik hanya terjadi antar partikel zat terlarut dan pelarut. Selain itu daya hantar listrik yang dimiliki oleh NaCl 0,01 M akan mendekati tepat atau 100 % bila dibandingkan dengan larutan NaCl yang pekat. Mengapa demikian ? Hal ini terjadi alasannya yaitu larutan NaCl 0,01 M mempunyai daya tarik antar partikel yang tidak terlalu berpengaruh sehingga kemungkinan ion-ion unuk membentuk pasangan molekul dengan partikel pelarut sanggup diabaikan. Sedangkan pada larutan NaCl pekat,gaya tarik menarik anatar molekul yang berlawanan muatan akan sering terjadi dan hal ini meningkatkan kecenderungan ion-ion terlarut untuk membentuk pasangan molekul dengan partikel pelarut sehingga derajat ionisasi yang sesungguhnya sanggup kurang dari 100 %. Kaprikornus larutan NaCl pekat tidak sanggup dikatakan sebagi larutan sejati.

Kesimpulanya, Larutan aktual merupakan larutan yang interaksi antar pelarut-terlarutnya harus diperhitungkan dengan jelas. Sedangkan larutan sejati merupakan larutan yang interaksi molekul pelarut-pelarut,terlarut-terlarut dan pelarut-terlarut itu yaitu sama.


Sumber http://www.panduankimia.net

Post a Comment for "Pengertian Dan Klarifikasi Mengenai Larutan Sejati Dan Larutan Nyata"