Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Pengertian Bulat Dan Unsur-Unsur Bulat Lengkap

Berikut ini yakni pembahasan ihwal bulat yang mencakup pengertian lingkaran, unsur unsur lingkaran, definisi lingkaran, bab cuilan lingkaran, arti lingkaran.

Sebagian kita masih ada yang galau membedakan antara bulat dan bola. Apakah berbedaan bulat dan bola?

Di sekitar kita aneka macam benda-benda yang berbentuk lingkaran, ibarat piring, jam dinding, jam tangan, permukaan drumband dan lain-lain.

Dapatkah kalian menyebutkan benda lain yang bab tepinya berbentuk lingkaran? Dan apakah yang dimaksud dengan lingkaran?

Pengertian Lingkaran

Lingkaran adalah kumpulan titik-titik pada garis lengkung yang mempunyai jarak yang sama terhadap sentra lingkaran. Garis lengkung tersebut kedua ujungnya saling bertemu membentuk tempat bulat (luas lingkaran).

Unsur-unsur Lingkaran

Lingkaran mempunyai bagian-bagian yang sering disebut dengan unsur-unsur lingkaran. Apa aku yang termasuk unsur-unsur lingkaran?  Perhatikan gambar berikut!
Berikut ini yakni pembahasan ihwal bulat yang mencakup pengertian bulat Pengertian Lingkaran dan Unsur-unsur Lingkaran Lengkap
Gambar: Bagian-bagian atau Unsur-unsur Lingkaran

Penjelasan Unsur-unsur bulat yakni sebagai berikut;
  1. Titik O disebut titik sentra lingkaran.
  2. Garis OA, OB, OC, dan OD disebut jari-jari lingkaran (r).
  3. Garis AB dan CD disebut diameter (d) atau garis tengah. Garis tengah, yaitu garis yang menghubungkan dua titik yang berada sempurna pada bulat dan melalui titik sentra bulat (titik O). Panjang diameter bulat sama dengan dua kali panjang jari-jari bulat (d = 2r).
  4. Garis lurus AD disebut tali busur.
  5. Garis lengkung AD dan CB disebut busur, biasa ditulis AD dan CB . Busur dibagi menjadi dua bagian, yaitu busur kecil (garis lengkung AED) dan busur besar (garis lengkung ACBD). (Jika disebut busur AD dan tidak ada keterangan, maka busur yang dimaksud yakni busur kecil/busur AED).
  6. Daerah yang batasi oleh busur dan dua buah jari-jari disebut juring, contohnya tempat yang dibatasi oleh busur CB, OC, dan OB membentuk juring COB.
  7. Daerah yang dibatasi oleh busur dan tali busur disebut tembereng, contohnya tempat yang dibatasi oleh busur AD dan tali busur AD membentuk tembereng.
  8. Garis OF disebut apotema, yaitu jarak terpendek tali busur terhadap titik sentra lingkaran.

Baca juga: Rumus Keliling Lingkaran
Sumber https://www.berpendidikan.com

Post a Comment for "Pengertian Bulat Dan Unsur-Unsur Bulat Lengkap"