Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Hal-Hal Yang Menghipnotis Kekuatan Asam Biner Dan Asam Okso


Asam merupakan zat yang sanggup melepaskan ion H+ saat dilarutkan ke dalam air,sedangkan Basa merupakan zat yang sanggup melepaskan ion OH- saat dilarutkan ke dalam air. Nah, dari sini kita sanggup memandang bahwa kekuatan suatu asam atau basa sangat dipengaruhi oleh kecenderungan suatu ikatan atom untuk melepaskan ion H+ atau ion OH-, bila ikatan atom suatu senyawa H-X cenderung gampang melapaskan ion H+ nya,maka semakin kuat sifat asam yang dimiliki oleh senyawa H-X tersebut, begitu juga sebaliknya. Bila ikatan atom senyawa H-X kuat dan tidak gampang melepaskan ion H+,maka semakin lemah sifat asam dari senyawa H-X tersebut. Baiklah di postingan kali ini, kita akan mengulik beberapa faktor yang menghipnotis kekuatan asam biner dan asam okso, pertama mari kita ulik beberapa faktor yang menghipnotis kekuatan asam biner !

A. Faktor Yang Mempengaruhi Kekuatan Asam Biner

Asam biner merupakan asam yang tersusun dari 2 buah unsur. Kekuatan asam biner sangat bergantung pada kekuatan ikatan hidrogen dengan unsur pendampingnya. 2 faktor penting yang menghipnotis kekuatan ikatan ini ialah keelektronegatifan dan jari-jari unsur pendampingnya. Pada umumnya, atom-atom yang mempunyai ukuran yang lebih besar mempunyai ikatan kovalen yang lemah. Misalanya begini, antara asam flourida dengan asam klorida, manakah asam yang lebih kuat ? jawabanya yang paling sempurna ialah Asam Klorida. Mengapa demikian ? Mari kita tinjau alasanya menurut klarifikasi yang aku utarakan sebelumnya. Jari-jari atom sangat memepengaruhi kekuatan ikatan kovalen suatu asam, semakin besar jari-jari suatu atom maka semakin lemah pula ikatan kovalenya dan kesudahannya semakin gampang unsur pendamping untuk melepaskan ion H+ nya. kita tinjau senyawa HF dan HCl, unsur Cl mempunyai jari-jari atom yang lebih besar dari unsur F, kesudahannya Cl lebih gampang untuk melepaskan ion H+ dari ikatanya sehingga kekuatan asam HCl lebih besar dari HF. Kaprikornus jari-jari atom unsur pendamping menghipnotis kekuatan suatu asam biner. Kaprikornus inilah urutan kekuatan asam biner menurut kenaikan jari-jari atomnya ! Makin kebawah makin kuat !

Asam Gol VI A

1. H2O ( netral )

2. H2S ( Asam Level 1 )

3. H2Se ( Asam Level 2 )

4. H2Te ( Asam Level 3 )

Asam Gol VII A

1. HF ( Asam Level 4  )

2. HCl ( Asam Level 5 )

3. HBr ( Asam Level 6 )

4. HI ( Asam Level 7 )

Selain kenaikan jari-jari atom, keelektronegatifan juga besar lengan berkuasa terhadap kekuatan asam biner. Hal ini terjadi alasannya yaitu bila unsur pemdamping mempunyai keelektronegatifan yang besar maka kecenderungan unsur pendamping untuk menarik elektron ikatan lebih kuat dibandingkan atom hidrogen, kesudahannya ion H+ menjadi lebih gampang terbentuk. Contohnya sanggup kau perhatikan pada gambaran dibawah ini, kekuatan asam meningkat seiring dengan naiknya keelektronegatifan !

PH3 → H2S → HCl

Kaprikornus kekuatan asam biner sangat dipengaruhi oleh besarnya jari-jari atom dan tingginya keelektronegatifan. Baiklah kini mari kita ulik beberapa faktor yang menghipnotis kekuatan asam okso !

B.  Faktor Yang Mempengaruhi Kekuatan Asam Okso

Banyak faktor yang memepengaruhi kekuatan asam okso. Biar lebih gampang untuk di ilustrasikan, mari kita ambil 1 teladan sampel contohnya Asam Hipoklorit dengan rumus kimia HClO. Faktor pertama yang ingin aku bahas ialah faktor ukuran jari-jari atom, jikalau pada asam biner kekuatan asamnya meningkat seiring dengan naiknya jari-jari atom, maka pada asam okso yang terjadi malah sebaliknya ! Semakin besar jari-jari atom, maka semakin lemah asam okso tersebut ! Tinjau faktanya menurut gambaran dibawah ini ! kekuatan asamnya makin ke bawah makin lemah !

1. HClO ( pH = 7,53 )

2. HBrO ( pH = 8,56 )

3. HIO ( pH = 10 )

Kaprikornus pada asam okso, semakin besar jari-jari atom maka semakin lemah pula asam okso tersebut !

Sekarang mari kita tinjau dari faktor keelektronegatifan. Pada asam okso, semakin elektronegatif unsur pendamping, maka semakin kuat pula asam tersebut ! Sama menyerupai klarifikasi diatas, HClO lebih kuat daripada Asam HBrO dan HIO alasannya yaitu Cl lebih elektronegatif dibandingkan dengan Br dan I . Faktor selanjutnya yang menghipnotis kekuatan asam okso ialah banyak tidaknya jumlah atom oksigen yang terikat, jikalau semakin banyak atom oksigen yang terikat, maka semakin kuat asam okso tersebut ! Tinjau faktanya menurut gambaran dibawah ini !

1. HClO ( pH = 7,53 )

2. HClO2 ( pH = 2,0 )

3. HClO3 ( pH = 0-1 )

4. HClO4 ( pH = -8 )

Mengapa jumlah oksigen besar lengan berkuasa terhadap kekuatan asam okso ? Hal ini terjadi alasannya yaitu setiap atom oksigen menarik kerapatan elektron dari ikatan Cl-O dalam spesi Cl-O-H sehingga atom O menjadi lebih bermuatan negatif kesudahannya atom hidrogen yang terikat pada atom H tersebut gampang dilepaskan sebagai ion H+.

Kaprikornus itulah 3 faktor yang menghipnotis kekuatan asam okso diantaranya besarnya jari-jari atom, keelektronegatifan, banyak tidaknya jumlah atom O dan kenaikan bilangan oksidasi. Baiklah itulah beberapa faktor yang menghipnotis kekuatan suatu asam biner dan asam okso, agar sanggup bermanfaat ! Terima kasih dan Salam CHEMISTRY !!


Sumber http://www.panduankimia.net

Post a Comment for "Hal-Hal Yang Menghipnotis Kekuatan Asam Biner Dan Asam Okso"