Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Fungsi Orisinil Dan Fungsi Turunan Uang

Pembahasan kali ini yakni perihal fungsi uang, fungsi orisinil uang, fungsi turunan uang, dan fungsi uang dalam perekonomian.

Uang mempunyai aneka macam fungsi yang dikelompokkan menjadi fungsi orisinil dan fungsi turunan.

Fungsi Asli Uang

Fungsi orisinil atau fungsi utama uang sebagai berikut.

1) Alat Tukar

Pada perekonomian modern, masyarakat tidak harus menyediakan sendiri semua kebutuhannya. Ada kelompok masyarakat yang memang memproduksi barang dan jasa, yaitu produsen.

Ada kelompok yang memakai barang dan jasa tersebut (konsumen) dan ada pula masyarakat yang tugasnya memberikan barang dari produsen ke konsumen, yang disebut distributor.

Pertukaran barang dan jasa tanpa memakai uang akan sulit dilakukan. Sebagai alat tukar, uang mempermudah interaksi antara konsumen yang membutuhkan barang dengan biro dan produsen yang menghasilkan barang.
Pembahasan kali ini yakni perihal fungsi  Fungsi Asli dan Fungsi Turunan Uang
Uang

2) Alat Satuan Hitung

Uang dijadikan sebagai alat untuk menghitung dan memberikan nilai dari barang dan jasa. Misalnya, kau membeli satu potong kemeja Rp30.000,00 dan dua pasang sandal jepit masing-masing Rp10.000,00.

Dapat dikatakan bahwa jumlah pembelianmu yakni  Rp50.000,00. Dengan kata lain, harga sepotong kemeja yakni tiga kali harga sepasang sandal jepit.

Fungsi Turunan Uang

Fungsi turunan atau fungsi sekunder uang sebagai berikut.

1) Alat Penyimpan Kekayaan

Menyimpan kekayaan dalam bentuk uang mempunyai laba yaitu sanggup dipakai sewaktu-waktu. Uang sanggup disimpan di rumah maupun di bank. Akan tetapi, lebih kondusif dan menguntungkan bila disimpan di bank.

2) Alat Pembayaran yang Sah

Pemerintah telah menetapkan uang sebagai alat pembayaran yang sah. Sebagai alat pembayaran, uang dipakai untuk membayar pajak, denda, iuran, SPP, dan aneka macam kewajiban lainnya.


3) Alat Penunjuk Harga

Setiap barang dan jasa mempunyai harga atau nilai yang berbeda-beda. Uang memberikan nilai atau harga barang.

Misalnya, harga 1 gram perak yakni Rp20.000,00 dan harga 1 gram emas yakni Rp140.000,00. Sekilas, fungsi uang sebagai alat satuan hitung dan sebagai penunjuk harga terlihat sama.

Akan tetapi, uang sebagai penunjuk harga tidak dipakai untuk membandingkan harga satu barang dengan barang lain.

4) Standar Pembayaran Masa Depan

Tidak semua transaksi dibayar secara tunai, ada pula yang dibayar secara kredit (cicilan). Untuk penjualan kredit, penyerahan barang dilakukan sekarang, tetapi pembayaran dilakukan pada masa depan.

Misalnya, pembelian televisi Rp1.200.000,00 dibayar secara kredit selama enam bulan. Dengan demikian, setiap bulannya harus membayar Rp200.000,00. Jadi, uang berfungsi sebagai standar atau ukuran pembayaran masa depan.


Sumber https://www.berpendidikan.com

Post a Comment for "Fungsi Orisinil Dan Fungsi Turunan Uang"