Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Faktor-Faktor Eksternal Penyebab Perubahan Sosial

Mempelajari perubahan sosial budaya dalam masyarakat tentu kita mempelajari pula sebab-sebab terjadinya perubahan-perubahan itu. Perubahan sosial sanggup disebabkan lantaran faktor-faktor internal maupun faktor-faktor eksternal. Pada pembahasan kali ini akan dijelaskan wacana faktor-faktor eksternal penyeban terjadinya perubahan sosial.

Faktor Eksternal penyebab perubahan sosial

Faktor eksternal merupakan faktor-faktor yang berasal dari luar masyarakat yang sanggup mengakibatkan terjadinya perubahan sosial. Faktor-faktor tersebut antara lain sebagai berikut.

1) Pengaruh Kebudayaan Masyarakat Lain

Hubungan yang dilakukan secara fisik antara dua masyarakat memiliki kecenderungan untuk menimbulkan efek timbal balik.

Hal ini berarti tiap-tiap masyarakat mempengaruhi masyarakat lain, tetapi juga mendapatkan efek dari masyarakat lain yang bersangkutan.

Apabila korelasi tersebut berlangsung melalui alatalat komunikasi massa ibarat radio, televisi, film, majalah, dan surat kabar, terjadi kemungkinan efek hanya tiba dari satu pihak, yaitu dari masyarakat yang secara aktif memakai alat-alat komunikasi tersebut.

Sementara pihak lain hanya mendapatkan efek dan tidak memiliki kesempatan untuk menunjukkan pengaruhnya.

Hubungan efek mempengaruhi dalam masyarakat baik eksklusif maupun tidak eksklusif ini bisa memunculkan perubahan sosial budaya. Dalam proses ini terjadi peresapan dan penyebaran yang hasilnya menghasilkan kebudayaan baru.

Contohnya kehidupan sosial pasangan yang berbeda kewarganegaraan. Hubungan secara fisik yang sering mereka lakukan membuat kebudayaan gres dalam gaya hidup, perilaku, dan cara pandang.

Selain itu, adanya majalah yang berasal dari luar membawa perubahan pada life style anak muda Indonesia.

2) Kondisi Alam Fisik yang Berubah

Mempelajari perubahan sosial budaya dalam masyarakat tentu kita mempelajari pula alasannya ialah Faktor-faktor Eksternal Penyebab Perubahan Sosial
Bencana Alam
Terjadinya gempa bumi, gunung meletus, tsunami, petaka banjir menjadikan kondisi alam fisik berubah. Berubahnya kondisi alam memicu munculnya perubahan sosial budaya pada masyarakat yang bersangkutan.

Contoh terjadinya banjir di Jakarta pada awal tahun 2008 menjadikan ribuan warga harus mengungsi ke kawasan yang aman.

Di tempat pengungsian, mereka harus menyesuaikan diri dengan lingkungan sekitarnya baik lingkungan fisik maupun sosial. Kondisi ini menjadikan perubahan-perubahan pada forum kemasyarakatan.

3) Peperangan

Peperangan juga sanggup mengakibatkan perubahan sosial budaya. Peperangan terjadi antara masyarakat yang satu dengan masyarakat yang lain di luar batas-batas negara.

Akibat peperangan kehidupan masyarakat menjadi menderita, penuh ketakutan dan kecemasan, harta benda menjadi hancur yang hasilnya membawa kemiskinan.

Negara yang menang dalam peperangan akan memaksa negara yang kalah untuk mendapatkan kebudayaannya yang dianggap lebih tinggi sehingga struktur masyarakat mengalami perubahan.

Perubahan ibarat ini tampak pada perubahan-perubahan yang terjadi pada negara-negara yang kalah dalam Perang Dunia II, ibarat Jerman dan Jepang.

Jerman mengalami perubahan di bidang kenegaraan, yaitu terpecahnya Jerman menjadi Jerman Barat dan Jerman Timur. Sementara Jepang berubah dari negara agraris-militer menjadi suatu negara industri.


Sumber https://www.berpendidikan.com

Post a Comment for "Faktor-Faktor Eksternal Penyebab Perubahan Sosial"