Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Contoh Manfaat Pemuaian Dalam Kehidupan Sehari-Hari

Berikut ini akan dijelaskan kembali perihal teladan pemuaian dalam kehidupan sehari-hari, manfaat pemuaian dalam kehidupan sehari-hari, aplikasi pemuaian dalam kehidupan sehari-hari, teladan pemuaian zat padat, teladan pemuaian zat cair dan teladan pemuaian zat gas, serta teladan akhir pemuaian benda.

Manfaat Pemuaian dalam Kehidupan

Prinsip pemuaian sanggup diterapkan dalam kehidupan seharihari. Penerapan dan pemanfaatan prinsip pemuaian dipergunakan pada teknologi konstruksi, rel dan roda roli kereta api, bimetal, pengelingan, dan pemasangan kaca. Lebih lengkapnya sanggup kau pelajari sebagai berikut ini.

a. Penerapan Teknologi Bidang Konstruksi

Para hebat konstruksi dan arsitek bangunan, jembatan, dan jalan raya harus mengetahui sifat pemuaian dan penyusutan benda padat yang disebabkan oleh perubahan suhu.

Jalan raya pada ekspresi dominan kemarau banyak yang rusak dan retak-retak, lantaran pemuaian baja dan aspalnya. Jembatan dan jalan raya dibentuk dari besi baja yang saling disambungkan satu dengan yang lainnya.

Selama proses penyambungan, hebat konstruksi harus benar-benar memperhitungkan sifat pemuaian dan penyusutan besi baja lantaran adanya perubahan suhu, baik di siang hari yang panas maupun di malam hari yang dingin.

Agar sambungan besi baja tidak melengkung akhir pemuaian atau pun penyusutan maka sambungan-sambungan besi baja tidak dipasang rapat, satu dengan yang lainnya.

Harus ada rongga yang cukup di antara sambungan-sambungan tersebut biar tidak timbul kerusakan pada jembatan dan jalan yang disebabkan pemuaian dan penyusutan besi baja tersebut.

b. Penerapan Teknologi Transportasi

Apabila kau melewati lintasan kereta api kami akan melihat rel melengkung. Sebagaimana halnya dengan jembatan dan jalan raya, besi baja yang dipakai untuk rel kereta api pun harus dipasang renggang berongga untuk mencegah terjadinya kecelakaan kereta api yang disebabkan oleh relnya melengkung akhir pemuaian dari pemanasan di siang hari.

Selain pada rel kereta api, cara pemasangan ban roda lori kereta api pun memakai prinsip pemuaian. Sebelum dipanaskan, ukuran diameter ban sedikit lebih kecil daripada diameter rodanya.
Berikut ini akan dijelaskan kembali perihal teladan pemuaian dalam kehidupan sehari Contoh Manfaat Pemuaian dalam Kehidupan Sehari-hari
Gambar: Cara Pemasangan Rel Kereta

Apabila ban akan dipasang, harus dipanaskan terlebih dahulu supaya memuai. Selanjutnya, masukkan ban tersebut ke dalam roda. Setelah masuk, biarkan suhunya turun. Setelah dingin, ban menyusut dan akan menempel berpengaruh pada rodanya, tanpa harus memakai baut.

c. Penerapan pada Teknologi Bimetal

Apabila di sekolahmu mempunyai bimetal, kau sanggup melaksanakan acara penyelidikan perihal bimetal. Apabila tidak ada kam sanggup membuatnya dari dua batang logam yang berbeda jenisnya dengan ukuran yang sama lalu dijepit dengan kayu.

Baca Selengkapnya: Pengertian dan Contoh Bimetal dalam Kehidupan Sehari-hari

d. Cara Pemasangan Kaca Jendela

Tentunya kau pernah menyaksikan tukang kayu pada ketika menciptakan daun jendela atau bingkai jendela. Pada bingkai ada celah yang dibentuk untuk menempatkan kaca.

Kaca dipasang pada kepingan itu dengan ukuran beling lebih kecil sedikit daripada ruang atau kawasan kaca. Hal ini bertujuan untuk menjaga keamanan beling biar tidak pecah, ketika mengalami pemuaian pada siang hari atau pada ekspresi dominan kemarau.

e. Pengelingan

Mengeling ialah menyambung dua pelat dengan paku keling. Pengelingan pelat pada umumnya dilakukan dengan paku keling yang dipanaskan. Setelah hambar dua pelat itu akan bersatu oleh paku yang mengerut.

Sumber https://www.berpendidikan.com

Post a Comment for "Contoh Manfaat Pemuaian Dalam Kehidupan Sehari-Hari"