Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Ciri-Ciri Masyarakat Modern Dan Insan Modern

Masyarakat modern yaitu kelompok sosial yang terus mengalami perubahan ke arah yang lebih maju (modernisasi), dengan ditandai adanya keterbukaan terhadap efek dari luar dan pemakaian teknologi.

Dalam kehidupan sekarang, masyarakat modern identik dengan masyarakat kota. Kota sanggup diartikan sebagai suatu daerah tempat tinggal aneka macam lapisan masyarakat.

Kota juga merupakan sentra pemerintahan, perekonomian, pendidikan, dan aneka macam aktivitas sosial lainnya.

Pada masyarakat modern hubungan antara anggota masyarakat bersifat komplotan dan tingkat ketergantungan antaranggota masyarakat sangat tinggi jawaban adanya spesialisasi dalam bidang-bidang tertentu.

Ciri-ciri masyarakat Modern

Berikut ini ciri-ciri masyarakat modern berdasarkan Talcott Parsons.

a) Netralitas afektif

Netralitas efektif yaitu perilaku netral dan hirau terhadap semua permasalahan yang tidak ada sangkut pautnya dengan langsung dan terbuka setiap mendapatkan kritik dan saran dari luar.
Masyarakat modern yaitu kelompok sosial yang terus mengalami perubahan ke arah yang lebih Ciri-ciri Masyarakat Modern dan Manusia Modern
Masyarakat Modern

b) Orientasi diri

Orientasi diri yaitu bahagia menonjolkan diri demi tercapainya kepentingan langsung maupun kelompok, dan tidak segan-segan menolak atau menentang sesuatu hal yang dirasa melanggar kepentingannya.

c) Universalisme

Universalisme yaitu mempunyai perilaku kritis, terbuka, berpikir secara objektif, rasional, dan logis dalam setiap menanggapi permasalahan-permasalahan baru.

Sesuatu yang gres dipandang hal yang biasa, tidak secara berlebihan. Hal tersebut disebabkan oleh daya nalar yang dipadukan dengan penguasaan ilmu pengetahuan dan teknologi sehingga sesuatu dipandang secara realistis dan objektif.

d) Prestasi

Prestasi yaitu terjadinya kompetisi di aneka macam bidang, terutama dalam bidang karya cipta. Oleh lantaran itu, masyarakat modern bahagia mengejar prestasi lantaran prestasi akan mendorong seseorang untuk lebih maju dalam berkarya.

Masyarakat modern sangat menghargai seseorang yang mempunyai prestasi, terampil, dan mempunyai keahlian profesi di bidangnya.

Hal itu dijadikan dasar dalam memilih lapisan sosial. Mobilitas vertikal masyarakat modern lebih terbuka daripada masyarakat tradisional.

e) Spesifitas

Spesifitas merupakan ciri yang muncul lantaran masyarakat modern mempunyai contoh pikir yang kritis, objektif, dan rasional.

Setiap hubungan dalam bidang apa pun yang bersifat langsung harus terperinci dan tegas sehingga masyarakat modern yang mempunyai bentuk ikatan sosial mengutamakan kepentingan langsung daripada kelompok.


Sumber https://www.berpendidikan.com

Post a Comment for "Ciri-Ciri Masyarakat Modern Dan Insan Modern"