Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Cara Menghitung Operasi Perkalian Dan Pembagian Pada Bilangan Pecahan Desimal Beserta Contohnya

Berikut ini merupakan pembahasan wacana cara menghitung pecahan desimal, sistem bilangan desimal, perkalian desimal, perkalian pecahan desimal, pembagian desimal, pembagian pecahan desimal, pola perkalian pecahan desimal, pola pembagian pecahan desimal.

Perkalian dan Pembagian Pecahan Desimal


a. Perkalian dengan Angka 10

Untuk mengetahui bagaimana caranya bilangan pecahan desimal apabila dikalikan 10 ialah dengan cara menggeser angka-angka desimalnya satu daerah ke kiri sementara koma desimal dibiarkan tetap pada tempatnya, sehingga karenanya menjadi 10 kalinya bilangan semula. Demikian juga halnya perkalian dengan seratus, seribu, dan seterusnya.
Atau dengan cara menggeser koma satu daerah ke kanan dari daerah semula. Demikian juga apabila dikalikan seratus, geserkan koma dua daerah ke kanan dari daerah semula, demikian seterusnya.

Contoh Perkaliang desimal dengan anggka 10


b. Pembagian Bilangan Desimal dengan Angka 10

Pada pembagian dengan angka 10 sanggup dilakukan dengan menggeser angka-angka satu daerah ke kanan sementara koma desimal dibiarkan tetap pada tempatnya. Demikian juga halnya pada pembagian dengan 100, cukup menggeser angka dua daerah ke kanan dan begitu seterusnya.

Contoh Pembagian desimal dengan angka 10



c. Pembagian Antarpecahan Desimal

Perhatikan Contoh Berikut!

Dari pola di atas untuk menuntaskan pembagian antarpecahan desimal yang harus dilakukan terlebih dahulu ialah mengubah penyebutnya menjadi bilangan lingkaran dengan cara mengalikannya dengan 10 atau kelipatannya gres lalu kita lakukan pembagian biasa.

d. Menaksir Hasil Perkalian dan Pembagian Bilangan Pecahan

Misalnya kita mau memperkirakan (menaksir) hasil kali dari 4,5 x 2,3. Perkalian ini sanggup dihitung dengan cara 5 x 2 = 10 sebagai taksiran. Perkiraan dilakukan untuk melihat apakah letak koma desimal sudah pada daerah yang benar. Demikian juga halnya pada pembagian.

Contoh cara menaksir hasil perkalian dan pembagian bilangan picahan


Demikian pembahasan wacana operasi hitung pada bilangan pecahan desimal yang terdiri dari perkalian dan pembagian pada bilangan pecahan dilengkapi dengan misalnya lengkap.

Baca juga: Penjumlahan dan pengurangan pecahan desimal
Sumber https://www.berpendidikan.com

Post a Comment for "Cara Menghitung Operasi Perkalian Dan Pembagian Pada Bilangan Pecahan Desimal Beserta Contohnya"