Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Bahan Kimia Dalam Kehidupan Sehari-Hari

Pada bahasan kali ini akan dijelaskan secara lengkap perihal materi kimia dalam kehidupan sehari-hari yang mencakup materi kimia dalam rumah tangga, materi kimia dalam bidang industri, materi kimia dalam bidang pertanian, dan materi kimia dalam bidang kesehatan.

Selain hal-hal di atas juga akan dijelaskan perihal peranan ilmu kimia dalam kehidupan sehari-hari, koloid dalam kehidupan sehari-hari, tugas zat kimia dalam kehidupan sehari-hari, produk kimia dalam kehidupan sehari-hari, manfaat ilmu kimia dalam kehidupan sehari-hari, hidrokarbon dalam kehidupan sehari-hari, reaksi kimia dalam kehidupan sehari-hari, keseimbangan kimia dalam kehidupan sehari-hari, perubahan kimia dalam kehidupan sehari-hari, unsur dan senyawa kimia dalam kehidupan sehari-hari, serta redoks dalam kehidupan sehari-hari.

Bahan Kimia dalam Kehidupan Sehari-hari

Tahukah kau bahwa kehidupan kita sehari-hari bersinggungan dengan materi kimia? Misalnya, penyemprotan hama tumbuhan menyerupai gambar di atas memakai materi kimia. Bahan kimia yang digunakan sanggup kuat aktual dan negatif. Mau tahu perihal materi kimia lainnya dan pengaruhnya dalam kehidupan kita sehari-hari? Mari kita bahas pada artikel ini.
Pada bahasan kali ini akan dijelaskan secara lengkap perihal materi kimia dalam kehidupan s Bahan Kimia dalam Kehidupan Sehari-hari
Skema: Bahan Kimia dalam Kehidupan Sehari-hari

A. Bahan Kimia dalam Rumah Tangga

Di dalam rumah tangga, penggunaan materi kimia banyak digunakan dan sering kali tanpa disadari. Bahan kimia rumah tangga secara umum dikelompokkan sebagai materi pembersih, materi pemutih, materi pewangi, dan materi pembasmi serangga. Baca Selengkapnya...

B. Pengaruh Penggunaan Bahan Kimia Rumah Tangga

Penggunaan materi kimia baik pribadi maupun tidak pribadi pada rumah tangga akan menjadikan efek terhadap proses kehidupan insan dan lingkungannya baik secara fisik maupun nonfisik. Oleh lantaran itu, kita harus mengetahui pengaruh–pengaruh apa saja yang timbul tanggapan penggunaan materi kimia dalam rumah tangga dan bagaimana cara mencegah efek negatif dari materi kimia tersebut. Baca Selengkapnya....

C. Bahan Kimia di Bidang Industri

Banyak sekali materi kimia yang digunakan dalam bidang industri, baik sebagai materi baku, materi pengolah, maupun materi pembantu (tambahan). Bahan ini digunakan untuk keperluan sehari-hari, contohnya cat. Hampir semua barang di sekitar kita memakai cat.

Tembok rumah, pintu, jendela, meja, kursi, mobil, sepeda, sepeda motor, bahkan alat-alat dapur umumnya dilapisi cat.

Pakaian yang digunakan berasal dari kapas atau rami yang diproses pabrik tekstil memakai materi kimia menjadi materi pakaian jadi (tekstil) dengan warna yang indah. Kertas digunakan untuk keperluan sekolah dan kantor.

Bahan baku kertas berasal dari tumbuh-tumbuhan yang diproses dengan materi kimia. Plastik, keramik, dan beling juga merupakan barang-barang industri di sekitar kita yang diproses dengan materi kimia. Baca Selengkapnya....

D. Bahan Kimia di Bidang Pertanian

Bahan kimia juga banyak digunakan dalam bidang pertanian, semenjak penyiapan lahan, penanaman sampai panen. Untuk membersihkan lahan dari tumbuhan pengganggu, menyerupai rumput digunakan herbisida.

Setelah dilakukan pemupukan, benih ditanam bersama pestisida sintetis, ialah materi kimia yang sanggup masuk ke dalam jaringan tumbuhan sehingga bibit yang gres tumbuh kondusif dari serangan hama.

Penyemprotan dengan pestisida atau pupuk cair dilakukan supaya kebutuhan hara tumbuhan tercukupi dan tumbuhan terhindar dari serangan hama dan penyakit. Jadi, terang bahwa materi kimia dibutuhkan dalam acara perjuangan pertanian.

Sebelum memperlihatkan perlakuan tertentu pada tumbuhan dengan bahan-bahan kimia, terlebih dahulu harus mengetahui tujuan proteksi bahan-bahan kimia tersebut sesuai dengan kebutuhan tanaman. Baca Selengkapnya....

E. Bahan Kimia di Bidang Kesehatan

Bahan kimia banyak digunakan dalam bidang kesehatan, mulai ketika investigasi di laboratorium, untuk mendiagnosa penyakit sampai proses penyembuhan penyakit. Obat-obatan merupakan salah satu materi kimia yang sering berafiliasi dengan manusia. Seseorang yang mengonsumsi obat berarti tubuhnya dalam keadaan sakit.

Setelah mengonsumsi obat, pasien tersebut diperlukan akan merasa pulih menyerupai sedia kala. Penggunaan obat tanpa petunjuk dokter sanggup membahayakan kesehatan pasien. Bagaimana pun kondusif dan manjurnya suatu obat, tetap saja obat merupakan materi kimia yang bersifat racun. Oleh alasannya itu, penggunaannya harus mengikuti petunjuk dokter. Baca Selengkapnya....

Baca juga: Bahan Pengawet Makanan Alami
Sumber https://www.berpendidikan.com

Post a Comment for "Bahan Kimia Dalam Kehidupan Sehari-Hari"