Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Alat Pencernaan Manusia

Makanan, sesudah dikunyah oleh gigi, harus dicerna atau diuraikan lagi menjadi sari makanan. Sari kuliner kemudian diserap oleh pembuluh darah untuk diedarkan keseluruh pecahan badan kita.

Bagian badan yang bertugas mencerna kuliner disebut  alat  pencernaan. Tentu kau ingin tahu, apa saja yang termasuk alat pencernaan itu. Pada pecahan ini, kau akan mempelajari ihwal alat pencernaan manusia.

A. Alat Pencernaan Manusia

Alat pencernaan yaitu pecahan badan yang bertugas untuk menguraikan kuliner untuk menjadi sari-sari kuliner sehingga sanggup diserap oleh pembuluh darah. Makanan yang masuk melalui lisan akan dicerna didalam terusan pencernaan. Saluran pencernaan ini tersusun dari alat pencernaan yaitu,

1. Mulut
Proses pencernaan lisan melibatkan peranan pengecap susunan gigi dan air ludah.

  1. Lidah, merupakan pecahan lisan yang peka terhadap rasa makanan. Lidah berperan dalam membolak balik dan mengaduk makanan. Lidah juga membantu proses menelan makanan.
  2. Gigi, yang berfungsi untuk menghalus makanan. Proses menghaluskan kuliner dengan gigi ini dilakukan dengan 3 jenis gigi ini, yaitu gigi seri, gigi taring, dan gigi graham. Gigi seri berfungsi untuk memotong motong makanan, gigi taring berfungsi menyoyak atau menyobek makanan. Sedangkan gigi graham untuk menggiling kuliner sampai  halus.
  3. Air, ludah yang dihasilkan oleh kelenjar air ludah. Selain dihaluskan oleh gigi, zat yang terkandung dalam kuliner diubah menjadi zat yang lebih sederhana oleh air ludah.

2. Kerongkongan
Kerongkongan berbentuk pipa yang menghubungkan rongga lisan dan lambung letaknya dileher di depan tenggorokan/trakea. Ketika menenlan kuliner masuk ke kerongkongan. Dikerongkongan, kuliner yang dibungkus oleh cairan yang disebut mucus.  Cairan ini berfungsi menyerupai pelumas yang melicinkan terusan kerongkongan. Dikerongkongan terjadi gerak peristaltik yaitu gerak otot kerongkongan mendorong kuliner menuju ke lambung.

3. Lambung 
Lambung yaitu daerah pencernaan kuliner sesudah kerongkongan. Letak lambung di pecahan rongga perut. Lambung mempunyai bentuk menyerupai dengan kantong dengan dilapisi dinding yang tebal. Ukurannya kurang lebih sebesar kepalan tangan orang remaja dan mempunyai warna merah muda dan mengkilap. Dinding lambung tadi bisa mengembang dan mengempis, bila terisi kuliner akan mengembang dan bila kosong akan mengempis. Lambung bisa menampung sekitar 1,5 liter makanan.

4. Usus Halus
Usus halus terdiri dari 3 pecahan yaitu usus dua belas jari, usus kosong, dan usus penyerapan. Panjang usus halus kira-kira 6m. Didalam usus halus terjadi proses pencernaan dan absorpsi sari makanan. Pencernaan kuliner masih terjadi di ususu duabelas jari sedangkan absorpsi sari kuliner terjadi diusus penyerapan. Di usus duabelas jari terjadi pencernaan secara kimiawi oleh getah-getah pencernaan menyerupai getah empedu, getah pancreas, dan getah usus.

5. Usus Besar
Usus besar dibagi menjadi 3 yaitu, sekum, kolon, dan rektum. Sekum yaitu usus besar yang fungsinya untuk menyerap cairan dan garam, Kolon menyimpan kuliner dan rektum Sisa kuliner dari kolon dan kemjudian dikeluarkan oleh anus.

Sumber https://www.berpendidikan.com

Post a Comment for "Alat Pencernaan Manusia"