Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Tumbuhan - Tumbuhan Langka Di Indonesia

Selamat hadir di Atap Ilmu, blog sederhana yang menyebarkan ilmu pengetahuan dengan penuh keikhlasan. Kali ini kami akan menyebarkan ilmu wacana Tumbuhan – Tumbuhan langka yang ada di indonesia, Diantaranya ialah Bunga Bangkai, Raflesia Arnoldi, kantong Semar, Bunga Edelweis Anaphalis Javanica, Damar, Cendana, Anggrek Tebu, Daun Payung, dan Tengkawang.

1. Bunga Bangkai
Nama Bunga Bangkai berasal dari bunganya yang mengeluarkan anyir menyerupai bangkai busuk. Bau tersebut berfungsi untuk menarikdanunik perhatian lalat dan kumbang untuk menyerbuki bunganya. Bunga Bangkai mempunyai nama Latin Amorphophallus titanium .

Bunga Bangkai mempunyai ukuran yang besar dan tinggi serta berbentuk menyerupai Lingga yang dikelilingi oleh seludang bunga yang berukuran besar. Bunga Bangkai berumah satu dan protagini. Maksudnya yaitu bunga betina reseptif terlebih lampau kemudian diikuti dengan bunga jantan untuk mencegah peyerbukan sendiri. Bunga Bangkai Sumatera diketahui sebagai bunga bangkai tertinggi. Tinggi bunganya bisa mencapai hingga 5 meter. Sedangkan bunga bangkai titan arum berukuran pendek dan mempunyai postur yang besar. Status Konservasi dari Bunga Bangkai yaitu terancam kepunahan.
 
TUMBUHAN LANGKA :  BUNGA BANGKAI
2. Raflesia Arnoldi
Raflesia arnoldii ialah flora raksasa yang bersifat benalu obligat yang tumbuh pada batang liana dari genus Tetrastigma. Tumbuhan ini tidak mempunyai daun sehingga tidak bisa melaksanakan fotosintesis dan mengambil nutrisi dari inangnya. Raflesia arnoldii memiliki bunga yang melebar dengan lima mahkota bunga. Tumbuhan ini tidak mempunyai akar, daun dan batang. Pada dikala bunga mekar, diameternya sanggup mencapai 70-110 cm serta tinggi 50 cm dan berat berkisar 11kg. Organ reproduksi flora ini terdiri atas bunga sari dan putik dalam satu rumah yang terdapat dalam kepingan tengah dasar bunga yang melengkung menyerupai gentong. Ancaman untuk Raflesia arnoldii yaitu tingginya laju penggundulan dan pembakaran hutan menyebabkan bahaya fokus bagi flora ini. Selain itu, bahaya pun hadir dari masyarakat yang merusak dan mengambil putiknya untuk dijadikan obat tradisional.
TUMBUHAN LANGKA : RAFLESIA ARNOLDI

3. Kantong Semar
Kantong semar ialah salah satu tumbuhan pemakan serangga. Kantong semar menangkap serangga dengan meletakkan nectar di kepingan tutup kantongnya. Hal ini berfungsi biar serangga menhadiri, mendekati dan pada alhasil menjadi makanan kantong semar. Serangga yang terjebak akan diserap nutrientnya oleh kantong semar. Kantong semar di Indonesia sanggup ditemukan di Pulau Sumatera dan Kalimantan. Ketika serangga sudah terjebak di dalam kantong semar, maka kantong tersebut akan menutup. Fungsinya yaitu biar ketika kantong semar mencerna serangga tidak diganggu kawanan musuh yang merebut serangga tersebut.
TUMBUHAN LANGKA : KANTONG SEMAR
4. Bunga Edelweis Anaphalis Javanica
Selain dari 4 tumbuhan langka yang sudah disebutkan di atas. Indonesia mempunyai tumbuhan langka lainnya yaitu Bunga Edelweis Anaphalis Javanica. Keunikan dari Bunga ini yaitu ketika bunga ini dipetik, bunga ini tidak eksklusif layu. Bunga ini bisa hidup di tempat bekas gempa vulkanik. Hal ini disebabkan lantaran bunga ini bisa untuk menjalin simbiosis dengan jamur mikoriza dan jamur tanah lain untuk membutuhkan nutrisi. Selain itu, bunga ini juga sangat disukai oleh serangga dan diperkirakan ada lebih dari 300 jenis serangga yang hinggap di bunga tersebut. Keunikan lain dari bunga ini yaitu bunga ini bisa hidup selama 100 tahun lamanya. Ciri fisiknya yaitu mempunyai tingga hingga 8 meter dan mempunyai ketebalan batang sebesar ukuran kaki insan dewasa. Bunga ini sanggup ditemukan di pepegununganan Lombok, Sulawesi Selatan, Sumatera Selatan dan Jawa.
BUNGAN EDELWEIS ANAPHALIS JAVANICA
5. Damar
Damar ialah flora sejenis pohon yang ialah flora orisinil Indonesia. Memiliki nama Latin Agathis dammara, flora ini tersebar di Maluku, Sulawesi hingga Filipina. Pohon ini mempunyai tinggi 65 m, batang lingkaran dan silindris dengan diameter mencapai 1,5 m. Damar tumbuh secara alami di hutan hujan dataran rendah hingga ketinggian sekitar 1.200mdpl.
Damar dibudidayakan untuk diambil resinnya dan diolah menjadi kopal. Resin ialah getah yang keluar tatkala kulit atau kayu dammar dilukai.
TUMBUHAN LANGKA : DAMAR
6. Cendana
Cendana ialah sejenis pohon yang menghasilkan kayu cendana dan minyak cendana. Memiliki nama Latin Sandalum album. Kayunya sanggup dipakai sebagai rempah-rempah, materi dupa, aromaterapi, adonan parfum serta sangkur keris. Konon, keharuman dari kayu cendana sanggup bertahan hingga ratusan tahun. Di Indonesia, pohon cendana sanggup di temukan di Pulau Timor, Nusa Tenggara Timur.
TUMBUHAN LANGKA : CENDANA
7. Anggrek Tebu
Anggrek Tebu ialah family dari anggrek raksasa. Berat dari Anggrek Tebu sanggup mencapai 1 ton dengan panjang mulai 3 meter. Anggrek ini mempunyai nama Latin Grammatophyllum speciosum. Selain itu, anggrek ini mempunyai bunga berwarna kuning dengan bintik-bintik berwarna coklat, merah dan merah kehitaman. Keunikan dari bunga ini yaitu walaupun sudah dipotong, bunganya sanggup bertahan hingga 2 bulan. Anggrek ini sanggup ditemukan di pulau Sumatera, Kalimantan, Jawa, Sulawesi, Maluku, hingga Papua.
TUMBUHAN LANGKA : ANGGREK TEBU
8. Daun Payung
Daun paying ialah sejenis tumbuhan palem yang mempunyai daun yang besar, lebar dan kuat. Memiliki nama Latin Johannesteijsmannia altifrons. Memiliki panjang daun antara 3-6 meter dengan lebar 1 meter. Tajuknya terdiri atas 20-30 daunan. Tanaman ini hidup di hutan tropis dengan daun yang lebar. Di Indonesia, tumbuhan ini sanggup ditemukan di Pulau Sumatera tepatnya di Riau, Sumut serta di Lereng Gunung Leuser.

Artikel Penunjang : Hewan Hewan Langka Di Indonesia
TUMBUHAN LANGKA : DAUN PAYUNG
9. Tengkawang
Tengkawang ialah nama buah dan pohon dari genus Shorea. Tengkawang menghasilkan minyak lemak yang berharga nilai jual tinggi. Tumbuhan ini ialah flora yang berasal dari Kalimantan. Tengkawang terdiri atas 12 spesies yang kini dilindungi oleh pemerintah.
Minyak Lemak ini berasal dari biji tengkawang yang dijemur dan disalai untuk kemudian diolah menjadi minyak. Minyak tengkawang dipakai sebagai penyedap makanan dan obat tradisional. Selain itu dalam dunia Industri minyak tengkawang dipakai dalam pembuatan materi kosmetik, lilin, sabun dsb.
TUMBUHAN LANGKA : TENGKAWANG

Nah itulah pembahasan kami wacana Tumbuhan – Tumbuhan langka di Indonesia, Semoga sanggup bermanfaa bagi teman dekat. Apabila ada yang ingin ditanyakan silahkan teman akrab menanyakannya melalui kotak komentar di bawah ini. Kami akan berusaha merespon dengan cepat dan tepat. Terimakasih sudah berkunjung di Atap Ilmu, tidakboleh lupa, like, follow, dan komentarnya ya J.

Sumber https://www.softilmu.com

Post a Comment for "Tumbuhan - Tumbuhan Langka Di Indonesia"