Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Bunyi Aturan Newton 1, 2, Dan 3

Selamat hadir di Atap Ilmu, blog yang menyebarkan pengetahuan dengan penuh keikhlasan.
Kali ini kami akan mengulas wacana “HUKUM NEWTON”, beberapa topik utama yang akan kami bahas yaitu wacana Pengertian Hukum Newton, Hukum Newton I, Hukum Newton II, dan Hukum Newton III. Langsung aja ya..

A. PENGERTIAN HUKUM NEWTON
Hukum Newton yaitu Tiga rumusan dasar dalam fisika yang membuktikan dan mempersembahkan citra wacana kaitan gaya yang bekerja dengan gerak yang terjadi pada suatu benda. Kata Newton berasal dari ilmuan yang menemukan dan memperkenalkannya yaitu Sir Isaac Newton, Ketiga aturan tersebut dirangkum dalam karyanya Philosophiae Naturalis Principia Mathematica. Hukum Newton dijelaskan untuk mereview dan mengamati gerak dalam aneka macam prosedur maupun sistem.

SUMBER GAMBAR KLIK DISINI

B. HUKUM NEWTON 1
Bunyi Hukum Newton 1 :
Jika Resultan (Penjumlahan atau pengurangan gaya) yang bekerja pada benda sama dengan nol, maka benda yang tiruanla membisu akan tetap diam, dan benda yang bergerak lurus beraturan akan tetap bergerak lurus beraturan.
Artikel Penunjang : GLB dan GLBB 
Atinya Suatu benda akan mempertahankan keadaanya apabila gaya yang bekerja padanya sama dengan 0. contohnya kerikil akan tetap diatas pegunungan apabila tidak ada yang memindahkannya
Secara fisika, HUKUM NEWTON 1 sanggup dituliskan :
∑F = 0
Keterangan :
∑F = resultan gaya (Kg m/s2)
B. HUKUM NEWTON 2
Bunyi Hukum Newton 2 :
Percepatan (Perubahan dari kecepatan) gerak benda selalu berbanding lurus dengan resultan gaya yang bekerja pada suatu benda dan selalu berbanding terbalik dengan massa benda.
Artinya massa suatu benda sangat kuat terhadap gaya dalam suatu sistem. Pertambahan atau pengurangan massa akan menjadikan suatu perubahan. Nah untuk menghitung sistem dengan massa yang berubah – ubah diharapkan perumusan yang tidak sama.

Kita sanggup mengambil pola : semakin berat suatu benda, maka semakin susah untuk diangkat
Secara fisika, HUKUM NEWTON 2 sanggup dituliskan :
∑F = m.a
Keterangan (satuan) : 
∑F = resultan gaya (Kg m/s2)
m = Massa Benda (Kg)
a = percepatan (m/s2)

C. HUKUM NEWTON 3
Bunyi Hukum Newton 3 :
Setiap Aksi akan menyebabkan reaksi, artinya Jika Suatu benda mengerjakan gaya terhadap benda kedua makan, benda kedua akan membalas gaya dari benda pertama dengan arah yang berlawanan.
Artinya setiap benda akan diberinteraksi apabila ada yang mempersembahkan gaya padanya, bentuk pewujudan dari interaksi tersebut yaitu dengan membalas gaya yang didiberikan ke arah sebaliknya. Sebenarnya setiap gaya selalu bekerja pada dua benda, tidak pernah pada satu benda, jadi setiap gaya selalu mempunyai dua ujung, satu ujungnya ke benda pertama, dan ujung lainnya ke benda kedua.
misalnya yaitu gaya pada magnet

Secara Fisika, HUKUM NEWTON 3 sanggup dituliskan :
∑FAKSI = -∑FREAKSI

DAFTAR PUSTAKA :
Utomo, Pristiadi. 2007. Fisika Interaktif untuk Sekolah Menengan Atas / MA Kelas X. Jakarta : Azka Press.
Hecht, Eugene; Bueche, Frederick J. 2006. Fisika Universitas Edisi 10. Erlangga.


Nah itulah ia klarifikasi singkat kami wacana “HUKUM NEWTON” pada artikel kali ini, agar sanggup bermanfaa bagi sobat bersahabat tiruana. Bila ada pertanyaan untuk klarifikasi artikel ini silahkan diisikan pertanyaan tersebut di kotak komentar. Terimakasih sudah berkunjung dan tidakboleh lupa komentarnya ya J

Sumber https://www.softilmu.com

Post a Comment for "Bunyi Aturan Newton 1, 2, Dan 3"