Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Sejarah Perkembangan Seni Musik

Selamat hadir di Atap Ilmu, blog sederhana yang menyebarkan ilmu pengetahuan dengan penuh keikhlasan. Kali ini kami akan menyebarkan ilmu ihwal Sejarah Perkembangan Seni Musik. Langsung saja ya, biar sanggup bermanfaa.

Sejak dulu kala musik sudah hadir dalam kehidupan insan mungkin berupa nada yang sangat sederhana. Bahkan musik sudah ada semenjak zaman prasejarah. Seiring waktu silam musik semakin berkembang. Perkembangan seni musik sangat pesat dikarenakan banyaknya penemuan-penemuan gres terutama di bidang kebudayaan. Berdasar perkembangannya musik sanggup dibagi menjadi enam zaman. Yaitu zaman prasejarah, era pertengahan, zaman Barok dan Rokoko, zaman klasik, zaman romantik, dan zaman modern.
Artikel Penunjang : Pengertian, Fungsi, dan Unsur Seni Musik
1. Musik Zaman Prasejarah
Musik sudah dikenal semenjak adanya manusia  yaitu sekitar 180.000 hingga 100.000 tahun yang lalu. Tidak tercatat dalam sejarah siapa yang pertama mengenal musik. Alat musik yang tertua yakni flute terbuat dari tulang yang sudah dilubangi. Flute tersebut diduga dibentuk pada 40.000 tahun yang lalu.

2.  Musik Abad Pertengahan
Pada masa ini seni musik sering digunakan untuk acara gereja. Namun, setelah adanya banyak sekali penemuan-penemuan gres dalam segala bidang, fungsi musik juga berkembang tidak spesialuntuk untuk acara agama. Pada zaman renaisance (1500-1600) muncul musik percintaan dan keperwiraan. Sehingga musik gereja mengalami kemunduran. Piano dan organ juga ditemukan pada zaman ini. Komposer yang hidup pada zaman ini yakni Léonin, Pérotin, dan Guillaume de Machaut.

3. Musik Zaman Barok dan Rokoko
Pada zaman ini yaitu sekitar tahun 1600 hingga 1750-an, ornamentik pada musik mulai digunakan. Pada musik Barok penerapannya dilakukan secara impulsif sedangkan pada musik Rokoko penerapannya dicatat dan diatur. Musisi populer pada zaman ini yakni Johan Sebastian Bach, pencipta musik koral dan pencipta lagu-lagu instrumental.
 
SEJARAH MUSIK
4. Musik Zaman Klasik
Zaman klasik muncul pada sekitaran tahun 1750 hingga 1820-an. Pada zaman ini, perkembangan musik masuk ke bidang baru. Perubahan-perubahan yang disempurnakan mencakup beberapa aspek, dinamika yang menjadi semakin lembut, perubahan temponya menggunakan accelerando yang membuat musik semakin cepat dan ritarteando untuk memperlembut, dan pemakaian hiasan musiknya dibatasi. Komposer populer di zaman klasik yakni Johann Christian Bach, Wolfgang Amadeus Mozart, dan Ludwig van Beethoven.

5. Musik Zaman Romantik
Musik romantik dimulai setelah zaman klasik hingga tahun 90-an. Pada zaman ini, yang diharuskan dalam musik yaitu mempunyai rasa yang subjektif, alasannya yakni musik pada zaman ini mulai digunakan untuk mengungkapkan perasaan. Maka dari itu, penerapan dinamika dan tempo makin banyak dipakai. Komposer yang populer pada zaman ini yakni Ludwig van Beethoven dan Franz Schubert. Pada kiamat romantik, orkestra dan teater musik berkembang dengan dramatis dan menjadi budaya kaum urban.

6. Musik Zaman Modern
Pada era ke-20, inovasi radio menjadi pengalaman gres dalam mendengarkan musik. Pada zaman modern musik lebih berserius pada ritme, gaya, dan suara. Namun musik pada zaman ini lebih dinamis dibanding sebelumnya. Musik yang dimainkan lebih bebas tanpa ada aturan-aturan tertentu. Bahkan pada zaman ini mulai ditemukan perekam bunyi dan alat untuk mengedit musik yang menghadirkan suasana gres pada musik klasik berupa genre-genre gres yang mulai berkembang. melaluiataubersamaini demikian, orang-orang semakin bebas mengungkapkan ekspresinya lewat musik.
Artikel Penunjang : Jenis Jenis(Genre) Musik di Dunia 
Nah itulah postingan singkat ihwal klarifikasi Sejarah Perkembangan Seni Musik. Terimakasih sudah berkunjung di Atap Ilmu, tidakboleh lupa like, follow, dan komentarnya ya J.



Sumber https://www.softilmu.com

Post a Comment for "Sejarah Perkembangan Seni Musik"