Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Gerhana Matahari Dan Gerhana Bulan

Matahari yaitu bola raksasa yang terbentuk dari gas hidrogen dan helium. Matahari menjelajahi alam semesta bersama plguat, Bulan dan benda langit lainnya. Matahari sangat besar- 100 kali lebih besar daripada Bumi.

Gerhana matahari terjadi ketika posisi bulan terletak di antara Bumi dan Matahari sehingga menutup sebagian atau seluruh cahaya Matahari. Walaupun Bulan lebih kecil, bayangan Bulan bisa melindungi cahaya matahari sepenuhnya alasannya yaitu Bulan yang berjarak rata-rata jarak 384.400 kilometer dari Bumi lebih akrab dibandingkan Matahari yang memiliki jarak rata-rata 149.680.000 kilometer


Gerhana matahari dibagi 3:

  • Gerhana matahari total

Gerhana matahari total terjadi apabila pienteng Matahari ditutup sepenuhnya oleh pienteng Bulan. Saat itu, pienteng Bulan sama besar atau lebih besar dari pienteng Matahari. Ukuran pienteng Matahari dan pienteng Bulan sendiri berubah-ubah tergantung pada masing-masing jarak Bumi-Bulan dan Bumi-Matahari.


  • Gerhana Matahari Sebagian

Gerhana sebagian terjadi apabila pienteng Bulan (saat puncak gerhana) spesialuntuk menutup sebagian dari pienteng Matahari. Pada gerhana ini, selalu ada bab dari pienteng Matahari yang tidak tertutup oleh pienteng Bulan.


  • Gerhana Matahari Cincin

Gerhana cincin terjadi apabila pienteng Bulan (saat puncak gerhana) spesialuntuk menutup sebagian dari pienteng Matahari. Gerhana jenis ini terjadi jikalau ukuran pienteng Bulan lebih kecil dari pienteng Matahari. Sehingga ketika pienteng Bulan berada di depan pienteng Matahari, tidak seluruh pienteng Matahari akan tertutup oleh pienteng Bulan. Bagian pienteng Matahari yang tidak tertutup oleh pienteng Bulan, berada di sekeliling pienteng Bulan dan terlihat menyerupai cincin yang bercahaya.



Bulan yaitu satu-satunya satelit alami Bumi, dan ialah satelit alami terbesar ke-5 di Tata Surya. Bulan tidak memiliki sumber cahaya sendiri dan cahaya Bulan sesungguhnya berasal dari pantulan cahaya Matahari.

Gerhana bulan terjadi ketika sebagian atau keseluruhan penampang bulan tertutup oleh bayangan bumi. Itu terjadi jikalau bumi berada di antara matahari dan bulan pada satu garis lurus yang sama, sehingga sinar matahari tidak sanggup mencapai bulan alasannya yaitu terhalangi oleh bumi.



Sumber https://www.softilmu.com

Post a Comment for "Gerhana Matahari Dan Gerhana Bulan"