Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Pengertian,Fungsi Dan Metabolisme Karbohidrat

Karbohidrat, ya itu ialah tema kita kali ini.beberapa hal yang akan dihbahas kali ini yaitu pengertian karbohidrat, struktur kimia karbohidrat,pertolongan karbohidrat, sumber karbohidrat, fungsi karbohidrat, dan proses pencernaan karbohidrat dalam tubuh.Langsung aja ya teman dekat.

A.PENGERTIAN KARBOHIDRAT

Secara Alamiah,Karbohidrat ialah hasil sintesis CO2 dan H2O dengan menolongan sinar matahari dan zat hijau daun (klorofil) melalui fotosintesis.Zat masakan ini ialah sumber energi bagi organisme heterotrof(makhluk hidup yang memperoleh energi dari sumber senyawa organik di lingkungannya).

B.STRUKTUR KIMIA KARBOHIDRAT

Karbohidrat ialah unsur senyawa organik yang disintesis dari senyawa anorganik yang mengandung unsur-unsur Karbon(C),Hidrogen(H) dan Oksigen(O).



Karbohidrat
C.PEMBAGIAN KARBOHIDRAT

Berdasarkan Gugus Gula penyusunnya,Karbohidrat di bagi menjadi 3,Yaitu:

1.Monosakarida(C6H12O6)

Monosakarida yaitu karbohidrat yang terdiri dari satu gugus gula.Monosakarida ini mempunyai rasa anggun dan sifatnya simpel larut dalam air.misal dari monosakarida yaitu heksosa,glukosa,fruktosa,galaktosa,monosa,ribosa(penyusun RNA) dan deoksiribosa(penyusun DNA).
Artikel Penunjang : Pengertian,Struktur, Fungsi dan Replikasi DNA
Artikel Penunjang : Pengertian,Struktur dan Fungsi RNA  
2.Disakarida(C12H22O11)

Disakarida yaitu karbohidrat yang terdiri dari dua gugus gula.Sama ibarat monosakarrida,Disakarida juga mempunyai rasa manis, dan sifatnyapun simpel larut dalam air.misal dari Disakarida yaitu laktosa(gabungan antara glukosa dan galaktosa),sukrosa(gabungan antara glukosa dan fruktosa) dan maltosa(gabungan antara dua glukosa)

3.Polisakarida(C6H11O5)

Polisakarida yaitu karbohidrat yang terdiri dari banyak gugus gula,dan rata-rata terdiri dari lebih 10 gugus gula.Pada umumnya polisakarida tidak berasa atau pahit,dan sifatnya sukar larut dalam air.misalnya dari polisakarida yaitu amilum yang terdiri dari 60-300 gugus gula berupa glukosa,glikogen atau gula otot yang tersusun dari 12-16 gugus gula,dan selulosa,pektin,lignin,serta kitin yang tersusun dari ratusan bahkan ribuan gugus gula dengan perhiasan senyawa lainnya.

D.SUMBER KARBOHIDRAT

Sebenarnya sangat banyak materi makan yang mengandung zat masakan ini,namun materi masakan yang mengandung banyak karbohidrat dan simpel di sanggup tidak sebanyak yang kita bayangkan,antara lain yaitu jagung,gandum,biji-bijian,sagu,ketela pohon,ketela rambat,kentang dan ubi.Jadi,untuk memenuhi sumber karbohidrat kita lebih baik bergantung pada satu sumber,misalnya beras.

E.FUNGSI KARBOHIDRAT

·         Karbohidrat mempunyai beberapa tugas penting dalam badan manusia,antara lain adalah
  • ·  Sebagai sumber energi utama.Pada beberapa organ badan utama,seperti otak,lensa mata dan sel saraf,sumber energi yang diharapkan yaitu glukosa,dan tidak sanggup digantikan oleh sumber energi lainnya.Dalam proses respirasi,setiap 1 gram glukosa akan menghasilkan 4,1 kalori,
  • ·   Berperan penting dalam proses metanolisme,menjaga keseimbangan asam dan basa dalam tubuh, dan pembentuk struktur sel,jaenteng,serta organ tubuh,
  • ·     Memmenolong proses pencernaan masakan dalam prose pencernaan,
  • ·     Memmenolong penyerapan kalsium,
  • ·     Merupakan pembentuk senyawa lainnya,misalnya sebagai asam lemak sebagai penyusun lemak dan asam amino sebagai penyusun protein.
  • ·     Sebagai komponen penyusun gen dalam inti sel yang amat penting dalam pewarisan sifat.Gen terdiri dari asam deoksiribunukleat (DNA) dan asam ribonukleat (RNA) yang ialah karbohidrat beratom C lima.
  • ·  Merupakan senyawa yang memmenolong proses berlangsungnya membuang air besar.selulosa ialah polisakarida yang susah dicerna,tetapi keberadaannya dala sisa pencernaan sanggup mencegah konstipasi(sembelit)


F.PROSES PENCERNAAN KARBOHIDRAT DALAM TUBUH

Metabolisme ialah proses yang berlangsung dalam organisme,baik secara mekanis maupun kimiawi.Metabolisme itu sendiri terdiri dari 2 proses yaitu anabolisme(pembentukan molekul) dan Katabolisme(Penguraian molekul).Pada proses pencernaan makanan,karbohidrat mengalami proses hidrolisis(penguraian dengan memakai molekul air).Proses pencernaan karbohidrat terjadi dengan menguraikan polisakarida menjadi monosakarida.

Ketika masakan dikunyah,makanan akan bercampur dengan air liur yang mengandung enzim ptialin (suatu α amilase yang disekresikan oleh kelenjar parotis di dalam mulut).Enzim ini menghidrolisis pati(salah satu polisakarida) menjadi maltosa dan gugus glukosa kecil yang terdiri dari tiga hingga sembilan molekul glukosa.makanan berada di lisan spesialuntuk dalam waktu yang singkat dan mungkin tidak lebih dari 3-5% dari pati yang sudah dihidrolisis pada ketika masakan ditelan.

Sekalipun masakan tidak berada cukup usang dlaam lisan untuk dipecah oleh ptialin menjadi maltosa,tetapi kerja ptialin sanggup berlangsung terus menerus selama satu jam setalah masakan memasuki lambung,yaitu hingga isi lambung bercampur dengan zat yang disekresikan oleh lambung.Selanjutnya acara ptialin dari air liur dihambat oelh zat asam yang disekresikan oleh lambung.Hal ini dikarenakan ptialin ialah enzim amilase yang tidak aktif ketika PH medium turun di bawah 4,0.

Sesudah makan dikosongkan dari lambung dan masuk ke duodenum (usus dua belas jari),makanan kemudian bercampur dengan getah pankreas.Pati yang belum di pecah akan dicerna oleh amilase yang diperoleh dari sekresi pankreas.Sekresi pankreas ini mengandung α amilase yang fungsinya sama dengan α-amilase pada air liur,yaitu memcah pati menjadi maltosa dan polimer glukosa kecil lainnya.Namun,pati pada umumnya hampir sepenuhnya di ubah menjadi maltosa dan polimer glukosa kecil lainnya sebelum melewati lambung.

Artikel Penunjang : Pengertian,Fungsi dan Struktur Pankreas
Hasil selesai dari proses pencernaan yaitu glukosa,fruktosa,glaktosa,manosa dan monosakarida lainnya.Senyawa-senyawa tersebut kemudian diabsorpsi melalui dinding usus dan dibawa ke hati oleh darah.
Artikel Penunjang : Struktur dan Fungsi Hati
Glukosa sebagai salah satu hasil dari pemecahan pati akan mengalami dau proses di dalam hati,yaitu:

Pertama,Glukosa akan beredar bersama ajaran darah untuk memenuhi kebutuhan energi sel-sel tubuh
Kedua,jika di dalam hati terdapat kelebihan glukosa (gula darah),glukosa akan di ubah menjadi glikogen(gula otot) dengan menolongan hormon insulin dan secara otomatis akan menjaga keseimbangan gula darah.Glikogen di simpan di dalam hati,jika sewaktu-waktu dibutuhkan,glikogen di ubah kembali menjadi glukosa dengan menolongan hormon adrenaline.



Nah, demikianlah sedikit pembahasan wacana karbohidrat, saya harap sanggup bermanfaa bagi kita tiruana, jikalau ada hal yang perlu dikoreksi atau didiskusikan mari diisikan di kotak komentar. Sebagai pengunjung yang baik silahkan bagi bagi jempol. Terimakasih atas kunjungan teman erat kali ini, mampir terus di Atap Ilmu.blogspot.com.

Sumber https://www.softilmu.com

Post a Comment for "Pengertian,Fungsi Dan Metabolisme Karbohidrat"