Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Pengertian, Satuan Dan Macam - Macam Bentuk Energi


Selamat hadir di Atap Ilmu, blog yang mengembangkan pengetahuan dengan penuh keikhlasan
Kali ini Atap Ilmu akan mengembangkan pengetahuan wacana ENERGI, tentunya teman akrab tidak absurd dengan kata energi ini, beberapa topik utama yang akan saya bahas yaitu Pengertian Energi, Satuan Energi, Hukum Keabadian Energi, Bentuk-Bentuk Energi, dan Penggunaan serta Pemanfaatan Energi dalam Kehidupan sehari-hari. Langsun saja ya..

A. PENGERTIAN ENERGI
Energi yaitu kemampuan untuk melaksanakan suatu tindakan atau pekerjaan (usaha). Kata “Energi” berasal dari bahasa yunani yaitu “ergon” yang berarti kerja. Dalam melaksanakan sesuatu kita selalu memanfaatkan energi, baik secara sadar maupun tidak sadar, contohnya ketika kita berjalan kita memerlukan energi. Namun setiap kegiatan memerlukan energi dalam jumlah dan bentuk yang tidak sama-beda. Energi tidak sanggup dilihat namun pengaruhnya sanggup dirasakan. Energi sanggup berubah bentuk dari satu bentuk ke bentuk lainnya. contohnya pada setrika terjadi perubahan bentuk dari energi listrik menjadi energi gerah.

SUMBER GAMBAR KLIK DISINI
B. SATUAN ENERGI
Satuan Internasional untuk energi yaitu Joule (J), satuan ini dipakai untuk menghormati james Presscot Joule dan percobaannya dalam persamaan mekanik gerah. Satuan lain untuk energi yaitu Kalori (Kal). Hubungan antara Joule dengan Kalori yaitu sebagai diberikut :
1 kalori = 4,2 Joule atau 1 Joule = 0,24 kalori
Hubungan Joule dengan Satuan Internasional Dasar lain :
1 Joule = 1 Newton-Meter dan 1 Joule = 1kg m2 s-2

Artikel Penunjang : HUKUM NEWTON
C. HUKUM KEKEKALAN ENERGI
Berdasarkan Hukum Keabadian Energi, sanggup ditarik kesimpulan bahwa :
Energi Tidak sanggup diciptakan maupun dimusnahkan. Energi spesialuntuk sanggup dirubah bentuknya dari satu bentuk ke bentuk lainnya. Oleh sebab Itu Jumlah total energi dalam suatu sistem spesialuntuk akan berubah ketika masuk atau keluarnya suatu energi. |Energi Tidak sanggup Diciptakan dan Dimusnahkan|
D. BENTUK-BENTUK ENERGI
Dalam menjalani kehidupan sehari-hari, ternyata ada banyak sekali macam bentuk energi yang kita manfaatkan. Nah mari disimak apa saja bentuk energi tersebut.

1. Energi Mekanik
Energi mekanik yaitu energi yang dimiliki suatu benda sebab sifat geraknya. Energi Mekanik dibagi lagi menjadi dua, yaitu  :
  • Energi Potensial, yaitu energi yang dimiliki suatu benda sebab posisi atau kedudukannya, artinya dikala benda tersebut membisu pada posisi tertentu. Berbagai jenis energi sanggup dikategorikan sebagai energi potensial, sebab tiruana bentuk energi potensial dihubungkan dengan suatu jenis gaya yang bekerja terhadap keadaan fisik suatu materi. contohnya yaitu ketika kita meregangkan karet, terjadi perubahan sifat fisik sebab adanya gaya elastik, nah inilah yang disebut energi potensial elastik. Secara Fisika Rumus Energi Potensial yaitu sebagai diberikut.

Ep = m x g x h
Keterangan (Satuan) :
Ep = Energi Potensial (Joule)m = Massa (kg)g = Gravitasi (m/s2)h = Ketinggian (m)
Artikel Penunjang : Pengertian, Rumus dan Aplikasi Hukum Gravitasi
  • Energi Kinetik yaitu Energi yang dimiliki suatu benda sebab pergerakan atau kelajuannya. Energi kinetik secara terperinci sanggup diartikan sebagai suatu kemampuan untuk melaksanakan perjuangan supaya bisa menggerakkan benda dengan massa tertentu sampai mencapai suatu kecepatan tertentu. Semakin tinggi kecepatan suatu benda maka semakin besar pula energi kinetiknya. contohnya yaitu ketika sebuah kendaraan beroda empat melaju, semakin kencang kecepatan kendaraan beroda empat tersebut, maka semakin pula energi kinetiknya. Secara Fisika Rumus Energi Kinetik Adalah Sebagai Berikut :

Ek = ½ x m x v2
Keterangan (Satuan) :
Ek = Energi Kinetik (Joule)m = Massa (kg)v = Kecepatan (m/s)
  • Energi Mekanik = Energi Potensial + Energi Kinetik

2. Energi Bunyi
Energi Bunyi yaitu energi yang dihasilkan oleh getaran partikel-partikel udara di sekitar sumber bunyi. Sebenarnya setiap terjadinya getaran pada suatu benda niscaya terdapat energi bunyi, namun tidak tiruana suara tersebut akan terdengar. Semakin berpengaruh getarannya, semakin besar pula energi suara yang dihasilkan. contohnya yaitu ketika bermain gendang, semakin berpengaruh gendang dipukul, otomatis semakin besar getarannya, dan semakin besar suara yang dihasilkan.

3. Energi Panas (Kalor)
Energi Panas yaitu energi yang terjadi sebab pergerakan internal partikel penyusun dalam suatu benda. Energi gerah ialah energi yang berpindah dari suatu partikel yang bersuhu tinggi ke partikel bersuhu lebih rendah. contohnya ketika memanaskan air dengan api, suhu dari api akan berpindah ke air sehingga membuat air sanggup mendidih.

4. Energi Cahaya
Energi Cahaya yaitu Energi yang dihasilkan oleh gelombang elektromagnetik. contohnya yaitu ketika cahaya dari lampu, semakin jauh kita dari sumber cahaya maka semakin sedikit imbas cahaya tersebut terhadap penglihatan.
Artikel Penunjang : Pengertian danSifat-Sifat Gelombang
5. Energi Kimia
Energi Kimia yaitu Energi yang dihasilkan sebab adanya interaksi secara kimia dari reaksi kimia yang terjadi. misal Sederhananya yaitu Makanan yang masuk ke dalam badan mempunyai unsur kimia dan akan mengalami reaksi kimia supaya sanggup dimanfaatkan oleh tubuh, nah dikala proses reaksi kimia juga terjadi energi kimia.

6. Energi Nuklir
Energi Nuklir yaitu Energi yang dihasilkan dari reaksi inti oleh materi radioaktif.  Energi ini dihasilkan oleh inti atom yang membelah atau dua inti atom yang menyatu. Pembelahan atau penyatuan inti atom akan menghasilkan energi yang sangat besar sebab terjadi perubahan pada inti atom. contohnya yaitu penerapan bom nuklir (mohon maaf untuk Energi Nuklir pemahaman saya belum seberapa jadi saya belum bisa mengulas lebih detail)
Artikel Penunjang : Pengertian danTeori Atom
E. PENGGUNAAN DAN PEMANNFAATAN ENERGI DALAM KEHIDUPAN
Berbagai energi dimanfaatkan dalam kehidupan kita sehari-hari, nah diberikut saya diberikan tumpuan penerapan energi dengan merubahnya dari satu bentuk ke bentuk lain.
  • Energi Kimia Menjadi Energi Gerak (Mekanik) à Makanan yang kita makan diolah melalui reaksi kimia menjadi sumber energi untuk beraktivitas
  • Energi Listrik Menjadi Energi Panas à Penggunaan Setrika untuk menggosok pakaian.
  • Energi Listrik Menjadi Energi Bunyi à Penggunaan Bel untuk menghasilkan bunyi.
  • Energi Listrik Menjadi Energi Gerak (Mekanik à Penggunaan kipas angin.
  • Energi Gerak (Mekanik) Menjadi Energi Panas à Gesekkan dua benda secara terus menerus menghasilkan gerah.
  • Energi Cahaya Menjadi Energi Kimia à Pemanfaatan cahaya matahari sebagai materi dasar dalam proses fotosintesis oleh tumbuhan.
Artikel Penunjang : Pengertian,Fungsi dan Proses Fotosintesis
DAFTAR PUSTAKA :
Tim Literatur Media Sukses. 2008. Teknik cepatdangampang Menghadapi UN 2009 SD. Grasindo
Alfatah, Arif ; Lestari, Muji. 2009. Bahas Tuntas 1001 Soal Fisika. Yogyakarta : Pustaka Widyatama
Suryatin, Budi. Sukses SAINS Fisika 1 Untuk Sekolah Menengah Pertama Kelas 1. Grasindo.
Prasodjo, Budi, dkk. 2006. Teori dan Aplikasi Fisika Kelas VIII. Jakarta : Yudhistira
Rosella, Erica. 2009. Rumus Pocket FISIKA SMP. Penerbit : Indonesia Cerdas.

Nah itulah pembahasan kami wacana topik ENERGI, semoga sanggup bermanfaa bagi teman akrab tiruana. Jika masih ada hal yang belum dimengerti wacana topik kali ini, silahkan ditanyakan di kotak komentar, kami akan berusaha merespon secepatnya. Terimakasih sudah berkunjung di Atap Ilmu.


Sumber https://www.softilmu.com

Post a Comment for "Pengertian, Satuan Dan Macam - Macam Bentuk Energi"