Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Pengertian, Fungsi, Dan Macam Jaringan Komputer

Selamat hadir di Atap Ilmu, blog sederhana yang menyebarkan ilmu pengetahuan dengan penuh keikhlasan. Kali ini kami akan menyebarkan ilmu wacana Jaenteng Komputer, beberapa topik utama yang akan kami bahas ialah Pengertian Jaenteng Komputer, Fungsi Jaenteng Komputer, dan Macam Macam Jaenteng Komputer. Semoga sanggup bermanfaa J
Artikel Penunjang : Pengertian, Fungsi, dan Komponen Komputer
A. PENGERTIAN JARINGAN KOMPUTER
Jaenteng komputer ialah sebuah sistem yang terdiri dari dua atau lebih sistem komputer yang melakukan tugasnya dan saling bekerjasama satu sama lainnya. Hubungan yang dibuat sanggup dalam bentuk korelasi komunikasi ibarat pesan instan, menyebarkan sumber daya (resource) ibarat data, CPU dan hardware (CD-Rom, printer), dan susukan terhadap gosip ibarat web. Misalnya koneksi  antara dua komputer, sehingga keduanya sanggup bertukar gosip satu sama lain. Bentuk koneksi tersebut sanggup melalui serat optik, kawat tembaga, gelombang mikro, dan satelit komunikasi (radio, satelit).
Artikel Penunjang : Sejarah Perkembangan Komputer
Tujuan daripada jaenteng komputer ini ialah setiap komputer yang termasuk kedalam sistem sanggup mendapatkan dan mempersembahkan layanan (service). Pihak yang mendapatkan layanan disebut dengan klien (client), dan yang mempersembahkan layanan disebut dengan peladen (server). Sehingga sistem yang terbentuk dari layanan ini disebut dengan sistem client-server, bahkan sistem ini digunakan pada hampir seluruh aplikasi pada jaenteng komputer.
PENGERTIAN, FUNGSI, DAN MACAM MACAM JARINGAN KOMPUTER
B. FUNGSI JARINGAN KOMPUTER
1. Keamanan
Jaenteng komputer yang termasuk kedalam sistem mempersembahkan sebuah layanan hak susukan terhadap file atau sumber daya yang lain, sehingga terlindungi dari pengambilan hak cipta

2. Biaya
Sumber daya hardware sanggup di hemat alasannya ialah sanggup antara hardware dan komputer sanggup berbagi. Membangun jaenteng dengan komputer kecil juga lebih murah daripada memakai mainframe. Terutama dengan memakai sistem client-server

3. Kehandalan tinggi
Sumber alternatif sanggup tersedia kapan saja ketika dibutuhkan. contohnya ibarat aplikasi pada sebuah bank, yang mana ketika satu mesin saja tidak bekerja, maka kinerja lainnya sanggup terganggu alasannya ialah sumber mesin satu dengan lainnya ialah sama

4. Kecepatan
Jaenteng komputer akan membuat kerjaan menjadi lebih cepat melalui akomodasi sharing nya yang memungkinkan dan megampangkan perpindahan (transfer) data antara dua komputer atau lebih

5. Manajemen pemusatan aplikasi
Pada sebuah jaenteng komputer, sanggup dilakukan pemusatan kegiatan aplikasi, sehingga sanggup menghemat waktu dan tenaga untuk menginstalasi kegiatan pada masing-masing komputer. Karena tiruana aplikasi yang hendak diinstal sanggup di programkan melalui sentra (central)nya.

6. Skagoyahitas
Kinerja sanggup ditingkatkan dengan cara menambah komputer server maupun client dengan simpel dan tanpa mengganggu kinerja komputer server atau client yang sudah ada lebih dulu

7. Media komunikasi
Jaenteng komputer memungkinkan kerjasama antara orang-orang yang terpisah dengan jarak. Baik untuk berkomunikasi, bahkan bertukar data.

8. Akses informasi
Informasi yang sanggup diakses lebih luas, bahkan gosip sanggup diakses dan didapatkan dari jarak yang jauh sekalipun.

9. Berbagi sumber
Berbagi sumber disebut juga dengan resource sharing, yaitu seluruh program, peralatan dan data yang digunakan oleh setiap orang yang termasuk kedalam sistem tanpa dipengaruhi oleh lokasi client dan servernya

10. Hiburan interaktif
Jaenteng komputer juga memungkinkan orang-orang sanggup mendapatkan hiburan
Artikel Penunjang : Jenis Jenis Komputer
C. MACAM – MACAM JARINGAN KOMPUTER
1. Berdasarkan jangkauan geografisnya, yaitu:

1a. Komputer paralel
Komputer paralel, data flow machine, juga beberapa pola jaenteng yang bekerja dalam satu unit yang sama, jarak antar prosessornya ialah yang terkecil, yaitu 0,1 m. Prosessor di kawasan yang sama terhubung melalui papan rangkaian.

1b. Multicomputer
Merupakan sistem yang berkomunikasi dengan cara mengirim pesan melalui bus pendek dan sangat cepat. Jarak antar prosessornya ialah 1 m, dan jaenteng ini terhubung melalui sebuah sistem.

1c. Jaenteng LAN (local area network)
Jaenteng komputer ini spesialuntuk mencakup beberapa aspek wilayah yang relatif kecil, jangkauan antar prosessor spesialuntuk dalam radius 10 m hingga 10 km. LAN biasa digunakan pada jaenteng komputer di ruangan, kamar, rumah, gedung, sekolah, dan kampus. Teknologi Wi-fi ialah salah satu pola LAN yang sering digunakan ketika ini. Tempat yang menyediakan teknologi Wi-fi berbasis koneksi LAN disebut dengan hotspot.
Pada LAN, seorang pengguna sanggup diberinteraksi dan berkomunikasi dengan perangkat komputer lain dengan memakai aplikasi tertentu.

1d. Jaenteng MAN (metropolitan area network)
Jaenteng komputer ini mencakup beberapa aspek wilayah yang lebih besar, yaitu dalam radius 10 hingga 50 km. Sehingga jaenteng ini biasa digunakan dalam sebuah kota, perkantoran, jaenteng antar pabirk/instansi dan wilayah pemerintahan dengan kecepatan transfer data yang relatif tinggi.

1e. Jaenteng WAN (wide area network)
Jaenteng komputer ini mencakup beberapa aspek wilayah terbesar, yaitu mencapai 100 hingga 1000 km. Jaenteng ini membutuhkan saluran komunikasi publik, sehingga penerapannya biasa digunakan antar kota, wilayah, negara bahkan mencakup beberapa aspek sebuah benua. WAN digunakan untuk menghubungkan jaenteng komputer lokal dengan jaenteng komputer lokal yang lainnya pada lokasi yang tidak sama

1f. Internet
Internet ialah jaenteng komputer yang terluas, yaitu dengan jarak antar prosessor mencapai 10.000 km, dan jaenteng ini sanggup bekerja antara satu komputer dengan komputer yang lainnya dalam satu plguat.

2. Berdasarkan distribusi informasi, yaitu:
2a. Jaenteng terpusat
Jaenteng komputer ini terdiri dari komputer server dan komputer client. Komputer-komputer client disini berfungsi sebagai mediator untuk mengakses sumber data atau gosip yang diharapkan yang bersumber dari satu komputer server.

2b. Jaenteng terdistribusi
Jaenteng komputer ini ialah adonan dari beberapa jaenteng terpusat, sehingga membentuk sebuah sistem.

3. Berdasarkan peranan komputer dalam proses data, yaitu:
3a. Jaenteng Client-Server
Merupakan jaenteng yang mempunyai 1 atau lebih komputer server dan komputer client. Komputer server sebagai penyedia informasi/data yang dibutuhkan, dan komputer client sebagai mediator untuk mengakses data pada komputer server. Dan keadaan ini sanggup diubah-ubah melalui software jaenteng pada protokolnya.

3b. Jaenteng peer-to-peer
Merupakan jaenteng yang tidak mempunyai sistem client-server. Akan tetapi tiruana komputer sanggup mengirim dan mendapatkan data, sehingga tiruana komputer sanggup berperan sebagai client maupun server.

4. Berdasarkan media transmisi data, yaitu:
4a. Jaenteng berkabel
Jaenteng ini menghubungkan satu komputer dengan komputer lain dengan penghubung berupa kabel jaenteng. Yang akan mengirim gosip dala bentuk sinyal listrik.

4b. Jaenteng nirkabel
Disebut juga dengan wireless network, yang ialah jaenteng dengan medium/perantara dalam bentuk elektromagnetik (gelombang yang tidak membutuhkan medium dalam perambatannya), sehingga dalam hal ini tidak diharapkan kabel akan tetapi sinyal informasi/data tetap sanggup dikirimkan kepada komputer lainnya. misal jaenteng nirkabel ialah Wi-fi.

5. Berdasarkan topologi jaenteng, yaitu:
5a. Topologi bus
Merupakan topologi yang paling banyak digunakan. melaluiataubersamaini memakai T-connector dan menghubungkan perangkat dengan satu kabel dalam satu baris, maka perangkat jaenteng lainnya dengan simpel terhubung. Topologi yang beruntut akan menjadi topologi linier.

5b. Topologi bintang
Merupakan bentuk topologi yang berupa konvergensi dari node central (tengah) ke node pengguna lainnya. Topologi ini termasuk dalam biaya menengah alasannya ialah tingkat keamanannya yang termasuk tinggi, dan susukan kontrol juga terpusat. Akan tetapi kalau node centralnya rusak, maka otomatis node pengguna lainnya juga rusak.

5c. Topologi cincin
Merupakan topologi yang berbentuk rangkaian titik yang terhubung ketitik lainnya hingga terbentuk sebuah bulat dan membentuk cincin. Masing-masing node pada topologi ini berfungsi sebagai pengulang/repeater yang memperkuat sinyal sepanjang jalurnya. Dalam artian setiap perangkat berkerja sama dalam memperkuat sinyal mereka, dan penerusan sinyal ini dimenolong oleh TOKEN (yang membawa gosip dan data dari komputer sumber).

melaluiataubersamaini sistem demikian, topologi cincin ini mempunyai performa yang lebih baik darin pada topologi bus, dan lebih hemat kabel. Akan tetapi jka terjadi kesalahan pada suatu node, seluruh jaenteng sanggup terganggu.

5d. Topologi mesh
Merupaka topologi dalam bentuk korelasi antar perangkat. Setiap perangkat akan terhubung secara pribadi ke perangkat lainnya yang terhimpun dalam jaenteng. Sehingga memungkinkan perangkat didalam topologi mesh sanggup diberinteraksi pribadi dengan perangkat yang dituju. Dari sistem ini, maka tingkat keamanannya lebih terjamin, alasannya ialah komunikasi yang terjadi antara dua komputer tidak sanggup diakses oleh komputer lainnya. Dan juga megampangkan identifikasi kalau terjadi permasalahan terhadap koneksi antar komputer.

Akan tetapi, topologi mesh akan membutuhkan kawasan dan kabel yang banyak untuk interaksi antar perangkat. Dan instalasi konfigurasinya juga akan lebih susah.

5e. Topologi pohon
Merupakan topologi yang terdiri atas kumpulan topologi bintang yang dihubungkan dalam sebuah topologi bus. Sehingga memerlukan beberapa node, yang mana node yang terletak lebih tinggi, akan mengatur node yang berada atau terletak lebih rendah. Tetapi, kalau kelompok node yang lebih tinggi tidak berfungsi, akan menjadikan node yang terletak lebih rendah menjadi tidak berfungsi juga.

Nah itulah postingan kami kali ini wacana Jaenteng Komputer, biar sanggup bermanfaa. Jika ada yang ingin ditanyakan, silahkan pertanyaannya diisikan di kolom komentar, kami akan berusaha merespon dengan cepat dan tepat. Terimakasih sudah berkunjung di Atap Ilmu, tidakboleh lupa like, follow, dan komentarnya ya J



Sumber https://www.softilmu.com

Post a Comment for "Pengertian, Fungsi, Dan Macam Jaringan Komputer"