Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Pengertian Dimensi, Dan Rumus Dimensi Besaran Fisika

Dalam fisika, kita selalu menemukan hal yang bekerjasama dengan bemasukan dan satuan. Tahukah sobat akrab apa bemasukan itu?
Bemasukan didefinisikan sebagai sesuatu yang sanggup diukur atau hasil pengukuran yang ditetapkan dalam bentuk nilai bemasukan (angka) dan satuan. Setiap sesuatu yang ada disekitar kita yang sanggup diukur, baik skala kecil maupun besar. Dasar satuan yang dipakai dalam bemasukan  yakni Satuan Internasional (SI) yang ialah satuan hasil konferensi para ilmuan di Paris yang mengulas tentang berat dan ukuran. Dari pembahasan bemasukan ini, ditemukanlah yang disebut Dimensi. Sebenarnya apa sih dimensi itu? Simak ulasan diberikut!

A. PENGERTIAN DIMENSI DAN DIMENSI BESARAN POKOK DAN BESARAN TURUNAN
Dimensi suatu bemasukan yakni penggambaran atau cara penulisan suatu bemasukan dengan memakai simbol (lambang) bemasukan pokok. Hal ini berarti dimensi suatu bemasukan mengatakan cara bemasukan itu tersusun dari bemasukan-bemasukan pokok. Apapun jenis satuan bemasukan yang dipakai tidak mensugesti dimensi bemasukan tersebut, contohnya satuan panjang sanggup ditetapkan dalam m, cm, km, ft, keempat satuan ini memiliki dimensi yang sama yaitu L.
Pada sistem satuan internasional (SI), ada tujuh bemasukan pokok yang berdimensi, sedangkan dua bemasukan pokok pelengkap tidak berdimensi. Teknik penulisan dimensi dari suatu bemasukan ditetapkan dengan lambang abjad tertentu dan didiberi kurung persegi. Berikut tabel bemasukan pokok beserta dimensinya :
DIMENSI UNTUK BESARAN POKOK
Dimensi dari bemasukan turunan sanggup disusun dari dimensi bemasukan-bemasukan pokok. Berikut tabel bemasukan turunan :
DIMENSI UNTUK BEBERAPA BESARAN TURUNAN
Tidak spesialuntuk berpaku pada tabel diatas, cukup banyak bemasukan turunan lainnya yang sanggup dibentuk dimensinya untuk menunjukan kebenaran dari bemasukan atau persamaan tersebut.
Seiring berjalannya waktu, perkembangan bemasukan turunan makin meningkat sehingga sanggup dikatakan dimensi bemasukan turunan sanggup terus diperbaharui.

B. FUNGSI DIMENSI
Jika dipahami dengan seksama, sanggup diambil kesimpulan beberapa fungsi dari dimensi, yaitu :

1. Dimensi dipakai untuk menunjukan kebenaran suatu persamaan.
Pembelajaran ilmu fisika banyak bentuk-bentuk klarifikasi sederhana untuk megampangkan menyerupai persamaan fisika. Bagaimana cara menunjukan kebenarannya? Salah satunya yakni dengan analisa dimensional.
Analisis Dimensional
Analisis dimensional yakni suatu cara untuk memilih satuan dari suatu bemasukan turunan, dengan cara memperhatikan dimensi bemasukan tersebut. Salah satu manfaat dari konsep dimensi yakni untuk menganalisis atau menjabarkan benar atau salahnya suatu persamaan (fungsi dimensi). Metode pembagian terstruktur mengenai dimensi atau analisis dimensi memakai aturan :
  • Dimensi ruas kanan sama dengan dimensi ruas kiri
  • Setiap suku berdimensi sama

misal :
Sebuah benda yang bergerak diperlambat dengan perlambatan a yang tetap dari kecepatan v0 dan menempuh jarak sebesar S maka akan berlaku kekerabatan v02=2aS. Buktikan kebenaran persamaan itu dengan analisa dimensional!
Penyelesaian :
Kecepatan awal v0 = m/s   è[v0] = [L][T]-1
Percepatan      a = m/s2  è[a]  = [L][T]-2
Jarak Tempuh S = m      è[S]  = [L]
Persamaan :
V02=2aS
Dimensinya :




Karena kedua ruas kiri dan kanan sama, artinya persamaannya kemungkinan besar benar.

2. Dimensi dipakai untuk menurunkan persamaan suatu bemasukan dari bemasukan-bemasukan yang mempengaruhinya.
Untuk menunjukan hukum-hukum fisika sanggup dilakukan prediksi-prediksi dari bemasukan yang mempengaruhinya. Dari bemasukan-bemasukan ini sanggup ditentukan persamaan dengan analisa dimensional. Bahkan kekerabatan antar bemasukan dari sebuah eksperimen sanggup ditindak lanjuti dengan analisa ini.

3. Juga berfungsi untuk mengatakan kesetaraan beberapa bemasukan


Nah itulah postingan kami kali ini tentang DIMENSI dalam Fisika, biar ilmunya sanggup bermanfaa ya, Apabila masih ada yang belum dimengerti silahkan sobat akrab tanyakan melalui kotak komentar di bawah ini, kami akan berusaha merespon dengan cepat dan tepat. Terimakasih sudah berkunjung di Atap Ilmu, tidakboleh lupa like, follow, dan komentarnya ya J

Sumber https://www.softilmu.com

Post a Comment for "Pengertian Dimensi, Dan Rumus Dimensi Besaran Fisika"