Pengertian Dan Referensi Analytical Exposition Text
Kali ini kita akan mengulas wacana Pengertian, General Structure, Features of analytical exposition (Kebahasaan), dan misal Teks Analytical Exposition.
Analytical Exposition yakni jenis teks yang termasuk ke dalam jenis Argumentation Text dimana teks tersebut meliputi wacana pedoman terang penulis wacana sebuah penomena yang ada di sekitar. Fungsi sosial dari teks Analytical Exposition yakni untuk meyakinkan pembaca bahwa topik yang dihadirkan yakni topik yang penting untuk dibahas atau menerima perhatian dengan cara pemdiberian argument-argument atau pendapat-pendapat yang mendukung main idea atau topik tersebut.
General structure :
- Thesis, mengenalkan topik dan wangsit pokok yang akan dibahas serta menguraikan argumen utama yang akan disajikan.
- Arguments, menyatakan kembali argumen utama yang pada Thesis, serta menyebarkan dan mendukung argumen utama dengan mempersembahkan argumen-argumen lain. Biasanya ditulis dalam bentuk poin-poin.
- Reiteration (conclusion), epilog dari teks yang meliputi pengulangan wangsit pokok atau kesimpulan dari teks.
Features of analytical exposition (Kebahasaan) :
- Menggunakan relational process, menyerupai don’t interfere, dsb.
- Menggunakan internal dan causal conjugation, menyerupai therefore, dsb.
- Menggunakan actions dan thinking verbs, menyerupai I believe, dsb.
- Menggunakan connectives, menyerupai firstly, secondly, dsb.
- Menggunakan passive voice dan simple present tense.
misal Analytical Exposition Text :
Hand-held Computer Games
My name is Thomas Park. I attend Seaview High School. I am firmly of the opinion that hand-held computer games should not be banned from schools.
Firstly, if they were banned, just imagine how many unhappy and lonely teenagers there would be. You can play with hand-held computer games at recess with your friends. Moreover, they can help you make new friends. So, the games encourage students to mix with one another.
Secondly, hand-held computer games don’t interfere with our schoolwork. Yes, occasionally students would get caught playing with them in class. However, if there are proper rules and punishments, this can be kept under control.
Lastly, these games develop our hand-eye coordination. They are quite and so are not distracting! Therefore, I can’t see why teachers would object to this!
My argument is conclusive: hand-held computers at school are harmless. Moreover, they are fun, help you make friends, can be controlled, and are good. Therefore, don’t ban hand-held computer games!
Post a Comment for "Pengertian Dan Referensi Analytical Exposition Text"