Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Pengertian Dan Macam-Macam Angin

Pengertian Angin,Proses dan Faktor terjadinya angin, Sifat-sifat angin, Jenis-jenis angin, dan alat unntuk mengukur angin. Itulah beberapa point yang akan saya bahas pada postingan kali ini. Angin ialah tema dari artikel ini. Pengetahuan wacana angin ini saya rasa cukup penting untuk dipelajari, maka dari itu pribadi saja disimak baik2 ya sahabat dekat.



A.PENGERTIAN ANGIN
Angin yaitu udara yang bergerak akhir rotasi bumi dan perbedaan tekanan udara di sekitarnya. Angin bergerak dari daerah bertekanan udara tinggi ke bertekanan udara rendah.

B.PROSES DAN FAKTOR TERJADINYA ANGIN
Apabila digerahkan, udara memuai. Udara yang sudah memuai menjadi lebih enteng sehingga naik. Apabila hal ini terjadi, tekanan udara turun lantaran udaranya berkurang. Udara hambar di sekitarnya mengalir ke daerah yang bertekanan rendah tadi. Udara menyusut menjadi lebih berat dan turun ke tanah. Di atas tanah udara menjadi gerah lagi dan naik kembali.Aliran naiknya udara gerah dan turunnya udara hambar ini dinamakan konveksi.

Angin

Faktor-faktor yang mengakibatkan angin terhadi antara lain adalah:
  • Gradien Barometris, yaitu bilangan yang menunjukkan perbedaan tekanan udara dari dua isobar yang jaraknya 111 km. Makin besar gradien barometrisnya, makin cepat tiupan anginnya.
  • Lokai, kecepatan angin di erat khatulistiwa lebih cepat daripada angin yang jauh dari garis khatulistiwa.
  • Tinggi Lokasi, semakin tinggi lokasinya semakin kencang pula angin yang bertiup. Hal ini disebabkan oleh imbas gaya ukiran yang menhambat laju udara. Di permukaan bumi, pegunungan, pohon, dan topografi yang tidak rata lainnya mempersembahkan gaya ukiran yang besar. Semakin tinggi suatu tempa, gaya ukiran ini semakin kecil.
  • Waktu, Angin bergerak lebih cepat pada siang hari, dan sebaliknya terjadi pada malam hari.
  • Sebenarnya yang kita lihat saa angin berhembus yaitu partikel-partikel enteng menyerupai bubuk yang terbawa bersama angin. Angin sanggup kita rasakan hembusannya lantaran kita memiliki indra perasa, yaitu kulit, sehingga kita sanggup merasakannya.

C.SIFAT-SIFAT ANGIN
Beberapa sifat angin antara lain:
  • Angin mengakibatkan tekanan terhadap permukaan yang menentang arah angin tersebut.
  • Angin mempercepat pendinginan dari benda yang gerah.
  • Kecepatan angin sangat bermacam-macam dari daerah ke tampat lain, dan dari waktu ke waktu.

D.KECEPATAN ANGIN
Kecepatan angin ditentukan oleh perbedaan tekanan udara antara daerah asal dan tujuan angin dan resistensi medan yang dilaluinya.

E.JENIS-JENIS ANGIN

1.Angin bahari dan Angin Darat

Angin Darat dan Angin Laut


a. Angin Laut
Angin bahari yaitu angin yang bertiup dari arah bahari ke arah darat yang umumnya terjadi pada siang hari dari pukul 09.00 hingga dengan pukul 16.00. Angin ini sanggup dimanfaatkan para nelayan untuk pulang dari menangkap ikan di laut.

b.Angin Darat
Angin darat yaitu angin yang bertiup dari arah darat ke arah laut, yang pada umumnya terjadi ketika malam hari, dari jam 20.00 hingga dengan 06.00.

Angin jenis ini bermanfaa bagi para nelayan untuk berangkat mencari ikan dengan perahi bertenaga angin sederhana.

2.Angin Lembah dan Angin Gunung

Angin Lembah dan Angin Gunung


a.Angin Lembah
Angin Lembah yaitu angin yang bertiup dari arah lembah ke puncak pegunungan dan biasa terjadi pada siang hari.

b.Angin Gunung
Angin Gunung yaitu angin yang bertiup dari puncak pegunungan  ke lembah pegunungan dan terjadi pada malam hari.

3.Angin Fohn

Angin Fohn


Angin Fohn (Angin Jatuh) yaitu angin yang terjadi sesuai hujan Orografis. Angin yang bertiup pada suaatu wilayah dengan temperatur dan kelengasan yang tidak sama.

Angin Fohn terjadi lantaran ada gerakan massa udara yang naik pepegununganan yang tingginy lebih dari 200 meter , naik di satu sisi kemudian turun di sisi lain. Angin Fohn yang jatuh dari puncak pegunungan bersifat gerah dan kering , lantaran uap air sudah di membuang pada ketika hujan orografis.

Biasanya angin ini bersifat gerah merusak dan sanggup mengakibatkan korban. Tanaman yang terkena angin ini sanggup mati dan insan yang terkena angin ini sanggup turun daya tahan tubunya terhadap serangan penyakit.

4.Angin Muson

Angin Muson


Angin muson atau biasanya disebut sengan angin ekspresi dominan yaitu angin yang berhembus secara periodik (minimal 3 bulan) dan antara periode yang satu dengan periode yang lain polanya akan berlawan yang berganti arah secara berlawanan setiao setengah tahun.

Angin Muson terbagi atas dua macam,yaitu :


a.Angin Muson Barat

Angin Musim/Muson Barat yaitu angin yang mengalir dari benua Asia (musim dingin) ke Benua Australia (musim gerah) dan mengandung curah hujan yang banyak di Indonesia penggalan barat, hal ini disebabkan lantaran angin melewati daerah yang luas, menyerupai perairan dan samudra. misal perairan dan samudra yang dilewati yaitu Laut China Selatan dan Samudra Hindia. Angin Musim Barat mengakibatkan Indonesia mengalami ekspresi dominan hujan. Angin ini terjadi pada bulan Desember, Januari dan Februari, dan terbaik pada bulan januari dengan Kecepatan Minimum 3 m/s.

b. Angin Muson Timur
Angin Musim/Muson Timur yaitu angin yang mengalir dari Benua Australia( ekspresi dominan dingin) ke Benua Asia (Musim gerah) sedikit curah hujan ( kemarau) di Indonesia penggalan timur lantaran angin melewati celah-celah sempit dan banyak sekali gurun (Gibson, Australia Besar, dan Victoria). Ini yang mengakibatkan indonesia mengalami ekspresi dominan kemarau. Terjadi pada bulan juni, juli dan Agustus, dan terbaik pada bulan juli.

F.ALAT UNTUK MENGUKUR ANGIN
Alat untuk mengukur angin antara lain:
  • Anemometer, yaitu alat yang mengukur kecepatan angin.
Anemometer
  • Wind Vgua, yaitu alat untuk mengetahui arah angin.
Windvgua
  • Windsock, yaitu alat untuk mengetahui arah angin dan memperkirakan besar kecepatan angin, yang biasanya banyak ditemukan di bandara-bandara.
Windsock
Nah demikianlah postingan kali ini di Atap Ilmu.blogspot.com, blog sederhana daerah menyebarkan ilmu Pengetahuan. cepatdangampang-gampang artikel dengan tema Angin ini sanggup bermanfaa bagi sahabat dekat-teman erat tiruananya. Jika sahabat erat ingin menambahkan atau menanyakan sesuatu sesuai dengan tema Angin, silahkan di isikan kotak komentarnya. Terimakasih sudah berkunjung. Jangan lupa likenya ya. :)
Sumber https://www.softilmu.com

Post a Comment for "Pengertian Dan Macam-Macam Angin"