Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Pengertian Dan Macam Besaran Pokok

Bemasukan Pokok ialah bahasan kali ini. Pengertian bemasukan pokok dan juga Macam-macam bemasukan pokok menjadi topik utamanya.Saya harap postingan kali ini sanggup bermanfaa bagi teman akrab tiruana, walaupun masih banyak pengetahuan terkena bemasukan pokok yang tidak admin bahas disini. Terimakasih sudah berkunjung ke Softilmu.blogspot.com.Langsung aja ya.



A.PENGETIAN BESARAN POKOK

Bemasukan pokok ialah bemasukan yang satuannya sudah ditentukan terlebih lampau dan tidak diturunkan dari bemasukan lainnya.
B.MACAM-MACAM BESARAN POKOK

  1.Panjang(m)[L]

Panjang ialah jarak antara dua titik di dalam ruang.Dalam SI satuan panjang ialah meter(m).Meter ialah satuan panjang internasional yang pertama,yang terbuat dari adonan materi platina iridium,dan disimpan di The International Bureau Of Weinght and Measure.

Pada tahun 1960,para mahir menetapkan bahwa satu meter sama dengan 1.650.763,73 kali panjang gelombang pancaran sinar jingga-merah dari atom kripton-86 dalam ruang hampa.Kemudian pada tahun 1983,meter kembali di definisi ulang dan bunyinya adlah:”Meter ialah panjang jalur yang dilalui oleh cahaya pada ruang hampa udara selama selang waktu: 1/299.792.458 sekonu.

Bemasukan Pokok
  2.Massa(kg)[M]

Massa ialah jumlah materi yang terkandung dalam suatu benda.Dalam SI satuan massa ialah kilogram(kg).Satu kilogram ialah massa sebuah silinder logam yang terbuat dari adonan platina iridium yang disimpan di Lembaga berat dan Ukuran internasional di Paris,Prancis.Kilogram ialah satu-satunya satuan Standar yang tidak sanggup dipindahkan.Alat ukur satuan massa antara lain adalah:
  • ·         Neraca Lengan,ada yang terdiri dari dua atau tiga lengan.
  • ·         Neraca Kimia,biasa dipakai untuk mengukur massa yang kecil.
  • ·         Neraca Elektronik/digital.


  3.Waktu(s)[T]

Waktu awalnya didefinisikan sebagai 1/86.400 waktu satu hari yang didasarkan pada waktu perputaran bumi pada porosnya.Dalam SI satuan waktu ialah sekon(s).Untuk mendapat pengukuran waktu yang lebih teliti,sekarang orang lebih menentukan memakai Jam Atom.jam ini diatur oleh gerakan atom tertentu contohnya cesium,dimana 1 detik ialah 9.192.631.770 periode getaran atom cesium-133.Alat ukur mengukur bemasukan waktu antara lain sebagai diberikut:
  • ·         Jam Matahari,Jam Pasir,Jam Air.
  • ·         Arloji.
  • ·         Stopwatch.


  4.Suhu(K)[ ]

Suhu ialah ukuran yang derajat gerah atau dinginnya suatu benda.Dalam SI satuan suhu ialah Kelvin(K).Definisi dari suhu didasarkan pada diagram fase air,yaitu posisi titik tripel air(suhu diamana 3 fase air berada bersamaan) yang di definisikan sebagai 273,16 Kelvin.kemudian,nol mutlak didefinisikan pada 0 kelvin,sehingga 1 Kelvin didefinisikan sebagai  1/273,16 dari temperatur(suhu) tripel air.Alat untuk mengukur suhu benda dengan tepat dan menyatakannya dalam angka disebut termometer.

5.Kuat Arus Listrik(A)[I]

Arus listrik ialah banyanya muatan listrik yang mengalir melalui satu titik dalam sirkuit listrik tiap satuan waktu.Dalam SI satuan berpengaruh arus listrik ialah Ampere(A).Saat arus listrik mengalir melalui satu kabel maka bidang magnet berada di sekeliling kabel.
Pada tahun 1948,Ampere didefinisikan dari kekuatan tarik-menarikdanunik dua kabel yang berarus listrik.Alat ukur untuk mengukur berpengaruh arus listrik adalah Ampere meter.

6.Jumlah Zat(mol)[N]

Jumlah Zat satuannya dalam SI ialah molekul(mol).Mol ialah istilah yang dipakai semenjak 1902 dan ialah akronim dari”gram-molecule”.Satu mol didefinisikan sebagai zat suatu sistem yang mengandung “entitas elementer”(atom,molekul,ion,elektron) sebanyak atom-atom yang berada dalam 12 gram karbon-12.Bilangan ini disebut bilangan Avogadro yaitu G.0221367*1023.

7.Intensitas Cahaya(Cd)[J]


Satuan intensitas cahaya ialah Candela(Cd).Candela ialah intensitas cahaya suatu sumber cahaya yang memancarkan radiasi manokromatik pada frekuensi 540*1012 hertz dengan intensitas radiasi sebesar 1/685 watt per Steradran dalam arah tersebut.

Sekian postingan kali ini, tentu masih banyak belum sempurnanyanya. Namun gampang-gampangan ilmu teman akrab tiruana sanggup bertambah sehabis membacanya. Terimakasih sudah berkunjung di blog sederhana ini. Jangan lupa jempol sama komentarnya ya.:)

Sumber https://www.softilmu.com

Post a Comment for "Pengertian Dan Macam Besaran Pokok"