Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Macam - Macam Kebutuhan Manusia

Kebutuhan insan ialah hal yang harus atau sangat ingin dipenuhi untuk sanggup bertahan hidup atau untuk memuaskan suatu hasrat yang timbul. Macam-macam kebutuhan insan dan faktor yang mempengaruhi kebutuhan insan ialah dua hal utama yang akan kami kaji pada postingan kali ini. Nah, eksklusif saja ya




B.MACAM-MACAM KEBUTUHAN MANUSIA

1.Kebutuhan Menurut Intensitas Kegunaan (penting atau tidaknya)

Kebutuhan berdasarkan intensitas sanggup digolongkan sebagai diberikut:

a.    Kebutuhan Mutlak
Kebutuhan mutlak ialah kebutuhan yang mau tidak mau harus dipenuhi oleh setiap insan dan mustahil ditinggalkan. Apabila kebutuhan ini tidak terpenuhi, maka insan akan mati. misal kebutuhan mutlak ialah makan dan minum.

b.    Kebutuhan Primer
Kebutuhan primer ialah kebutuhan yang harus dipenuhi oleh insan yang ingin hidup layak. misal Kebutuhan Primer antara lain: makanan, minuman, pakaian, dan rumah.

c.    Kebutuhan Sekunder
Kebutuhan sekunder ialah kebutuhan yang timbul setelah kebutuhan primer terpenuhi.Kebutuhan ini tidak sama antara satu orang dengan orang lainnya.Misalnya kendaraan beroda empat bagi orang berpenghasilan tinggi ialah kebutuhan sekunder, namun bagi orang yang berpenghasilan rendah ialah barang mewah.

d.    Kebutuhan Tersier
Kebutuhan tersier ialah kebutuhan yang tingkat pemenuhannya setelah kebutuhan primer dan sekunder terpenuhi.

Kebutuhan Manusia

2.   Kebutuhan Menurut Waktunya
Kebuthuan berdasarkan waktunya sanggup digolongkan sebagai diberikut,

a.    Kebutuhan Sekarang
Kebutuhan kini ialah kebutuhan yang harus dipenuhi kini juga dan tidak sanggup ditunda. misal kebutuhan kini antara lain, obat bagi orang sakit dan masakan bagi orang kelaparan.

b.    Kebutuhan Mendesak
Kebutuhan mendesak ialah kebutuhan yang sangat kritis(tiba-tiba) dan sifatnya sangat insidentil. Misalnya, menolongan kepada masyarakat yang terkena musibah atau peristiwa alam., kebutuhan konsultasi kesehatan atau pengacara.

c.    Kebutuhan Masa Akan Datang
Kebutuhan masa akan daatang ialah kebutuhan yang pemenuhannya dilakukan di kemudian hari dan sanggup ditunda lantaran tidak mendesak. misal kebutuhan masa akan hadir ialah menabung.

3.   Kebutuhan Menurut Sifatnya
Kebutuhan berdasarkan sifatnya daoat diglongkan sebagai diberikut.

a.    Kebutuhan Jasmani / Material
Kebutuhan jasmani ialah kebuthan yang bekerjasama dengan jasmani atau fisik, yaitu menjaga penampilan atau kesehatan.Misalnya, berolehraga dan mengkonsumsi masakan sehat.

b.    Kebutuhan Rohani / Nonmaterial
Kebutuhan rohani ada;ah kebutuhan yang bekerjasama dengan keseshatan jiwa. misal kebutuhan rohani antara lain diberibadah berdasarkan agama, bersosialisasi, dan berekreasi.

4.   Kebutuhan Menurut Sosio-Budaya
Pada dasarnya kebutuhan ini berkaitan erat dengan lingkungan dan kondisi masyarakat sekaligus sifat-sifat psikologis insan .Berkenaan dengan hal tersebut kebuutuhan ini mencakup kebuthan sodial dan psikologis.

c.    Kebutuhan Sosial
Dalam hidp bermasyarakat insan biasanya memounyai status atau kedudukan tertentu yang mengharuskan seseorang untuk memiliki atau melakukan aneka macam hal supaya dipandang layak atau pantas, Misalnya, mempersembahkan pemberian pada yang membutuhkan.

d.    Kebutuhan Psikologis
Kebutuhan ini berkenaan dengan sifat rohani insan sehingga tidak bersifat hemat dan tidak tiruananya sanggup dipenuhi dengan perjuangan ekonomi. Mislanya kebutuhan akan rasa aman, kebahagiaan, ketentraman, dan kebebasan.

5.   Kebutuhan Menurut Subjeknya
Kebutuhan berdasarkan subjeknya sanggup digolongkan sebagai diberikut.

a.    Kebutuhan Individual
Kebutuhan individual ialah kebutuhan perseorangan atau individu.Misalnya, seorang sekretaris membutuhkan komputer dan telepon.

b.    Kebutuhan Kolektif
Kebutuhan kolektif ialah kebutuhan bersama dalam suatu masyarakat dan dimanfaatkan untuk kepentingan bersama.Misalnya, jalan, jembatan, rumah sakit, dan tempat rekreasi.

B.FAKTOR-FAKOR YANG MEMPENGARUHI KEBUTUHAN

Banyak kebutuhan insan yang harus terpenuhi, lantaran kalau kebutuhan tersebut tidak terpenuhi, maka insan tidak akan bisa memakukan aktivitasnya bahkan tidak bisa hidup.Macam-macam Kebutuhan tersebut terperinci memiliki dampak terhadap insan dan lingkungannya, Namun Karena sumber ekonomi yang langka dan kebutuhan insan yang tak terbatas, maka terjadi kelangkaan dimana-mana, artinya banyak kebutuhan yang tak terpenuhi. Kebutuhan insan yang satu tidak selalu sama dengan kebutuhan insan lainnya. Hal ini disebabkan oleh adanya Faktor-faktor yang memengaruhi kebutuhan, yaitu sebagai diberikut.

1.   Kondisi Alam
Perbedaan kondisi alam yang terdapat di aneka macam kawasan mengakibatkan kebutuhan masyarakatnya juga tidak sama.misalnya, orang yang tinggal di kawasan daratan tinggi atau pepegununganan membutuhkan pakaian tebal untuk mengurangi rasa hambar pada malam hari.Sementara orang yang tinggal di daratan rendah lebih senang mengenakan pakaian tipis yang terbuat dari materi katun yang menyerap keringat.

2.   Peradaban
Kebutuhan insan meningkat seiring dengan meningkatnya peradaban.Ilmu pengetahuan terus bberkembang, manusai makin bisa membuat peralatan dan teknologi yang makin maju.Semua hasil ciptaan insan itu bekerjsama dirancangn untuk membuat kehidupan lebih nyaman dan gampang. Perkembangan peradaban ini tidak akan pernah berhenti dan akan selalu membawa perkembangan pada peradaban umat manusia.

3.   Agama dan Kepercayaan
Berbagai macam agama dan kepercayaan yang tidak sama mengakibatkan timbulnya perbedaan kebutuhan.misalnya, adanya perayaan keagamaan menjadikan adanya kebutuhan khusus. Menjelang Hari raya Idul Fitri kebutuhan akan ketupat meningkat tajam, melebihi hari-hari biasa.

4.   Adat Istiadat
Berbagai macam adat istiadat yang dimiliki masyarakat akan menjadikan adanya teladan sikap dan kebiasaan yang tidak sama pula sehingga muncul aneka macam macam kebutuhan, sesuai dengan kebiasaan masyarakat yang bersangkutan. Misalnya, kebutuhan akan upacara tertentu, menyerupai upacara perkawinan, kesenian tradisional dan lain-lain.

Sumber : Buku Ekonomi SMA/MA kelas 10 semester gasal oleh Tim Era Pustaka Utama

Sekian postingan kali ini teman dekat, biar ilmunya sanggup bermanfaa, bagi teman erat yang masih belum paham atau ada yang ingin ditanyakan maka silahkan saja diisikan di kotak komentar. Terimakasih sudah berkunjung di Atap Ilmu.blogspot.com, sering-sering mampir ya gan :D

Sumber https://www.softilmu.com

Post a Comment for "Macam - Macam Kebutuhan Manusia"