Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Biologi - Pengertian Virus


Virus yaitu makhluk misteri yang ialah peralihan antara makhluk hidup dan makhluk tak hidup. Virus ialah makhluk yang keberadaanya banyak mempengaruhi kehidupan manusia, walaupun masih banyak para andal yang mempunyai penafsiran tidak sama tentang virus ini, ada yang menyampaikan bahwa ia makhluk hidup dan tidak sedikit juga yang tidak setuju. Pada postingan sebelumnya di postingan klasifikasi Makhluk hidup, saya menyampaikan bahwa virus tidak tergolong ke dalam penjabaran tersebut, namun perlu digarisbawahi bahwa itu yaitu pendapat dari andal yang berjulukan Robert H. Whittaker. Nah, pada postingan kali ini, saya akan mengangkat tema Virus, dan akan mengulas dua hal yang patut dipelajari tentang virus, yaitu ciri-ciri dan cara hidupnya.Baiklah eksklusif saja ya sobat dekat.

Virus
A.Ciri-Ciri Virus
Virus yaitu makhluk yang berukuran super kecil, bahkan ukurannya lebih kecil dari sel yaitu sekitar 0,2 mikron. Oleh lantaran ukuranyya yang super kecil ini, virus spesialuntuk sanggup diamati dengan memakai mikroskop elektron, sedangkan mikroskop cahhaya belum bisa untuk menjangkaunya.Tubuh virus spesialuntuk terdiri dari satu jenis proteinda n asam inti saja (dapat berupa DNA saja atau RNA saja, namun tidak sanggup memiiliki keduanya). Karena tidak mempunyai sitoplasma dan orggual, maka virus tidak sanggup digolongkan ke dalam organisme seluler. Sebab tubuhnya yang demikian itu, ada sebagian andal yang menyampaikan bahwa virus yaitu molekul yang besar. Namun guahnya, Virus mempunyai ciri menyerupai benda mati, yaitu sanggup dikristalkan, dan juga mempunyai ciri makhuk hidup yakni ia sanggup berkembang biak. Sedangkan dari ciri morfologi, virus mempunyai banyak variasi bentuk, ada yang bulat, berbentuk batang, dan ada pula yang menyerupai karakter T.Lihat Gambar dibawah:
Bentuk Virus


B.Teknik Hidup Virus
Pada klarifikasi di atas, virus bisa berkembangbiak menyerupai makhluk hidup, namun cara yang dilakukan tidaklah sama. Virus memulai perkembangbiakkannya dengan menginfeksi sel makhluk hidup. Ketika menginfeksi sel makhluk hidup, ia memasukkan asam pada dasarnya ke dalam sel inang tersebut. Selanjutnya asam inti itu memperbanyak diri di dalam sel inang sehingga sel inang menjadi rusak. Sesudah tamat memanfaatkan sel inang, virus akan keluar dari sel inang tersebut.

Virus yang ada tidak sanggup hidup bebas di alam, virus spesialuntuk sanggup hidup dan berkembang sebagai benalu dalam tubuh  makhluk hidup. Virus membawa dampak yang besar terhadap badan inangnya, terkebih lagi, ia biasanya membawa dampak yang negatif terhadap inangnya.Kita ambil saja pada manusia, beberapa penyakit terjadi lantaran serangan virus,misal:

1.Hepatitis
Ini yaitu penyakit yang terjadi lantaran serangan virus pada sel-sel hati, sehingga hati tidak berfungsi. Penderita merasa mual, menyerupai terjangkit flu. Pada penyakit hepatitis, bila empedu beredar di darah, badan penderita menguning dan air kencing berwarna kecoklatan.Jika hati rusak, cairan darah mengalir ke rongga perut, sehingga perut penderita menjadi buncit. Penularan hepatitis sanggup melalui makanan, alat suntik, transfusi darah, dan penularan dari ibu kepada bayi yang dikandungnya.

2.AIDS
Penyakit ini disebbabkan oleh jerawat HIV yang menyerang sel darah puutih daerah proses produksi zat kekebalan badan (Antibodi). Akibatnya badan penderita praktis terjangkit penyakit lain.

3.Flu Burung
Flu burung yaitu penyakit pada burung yang disebabkan virus avian. Virus tersebut sanggup menyerang insan dan menjadikan kematian.

          Sesuai dengan postingan saya kali ini, saya memdiberi masukan sebaiknya kita tiruana bisa menjada kesehatan masing-masing, lantaran penyakit yang disebabkan oleh virus berbahaya (Hepatitis, AIDS, Flu Burung, dll) belum ditemukan obatnya, jadi kita spesialuntuk bisa menghindarinnya, terlebih lagi dampak dari penyerangan virus ini tidak eksklusif terlihat. Semoga postingan ini sanggup bermanfaa bagi sobat erat yang sudah mau singgah di blog sederhana ini.

Sumber https://www.softilmu.com

Post a Comment for "Biologi - Pengertian Virus"