Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Pola Persebaran Penduduk

Pola persebaran penduduk pada umumnya mengikuti aktivitas perekonomian untuk menunjang kehidupannya, tanpa terkecuali untuk masyarakat modern.

Upaya persebaran penduduk secara merata di seluruh wilayah penting untuk dilakukan dengan tujuan semoga tingkat kepadatan penduduk di satu tempat tidak terlalu tinggi dan pembangunan di kawasan-kawasan yang lain sanggup terpacu dan mengalami peningkatan.

Pola persebaran peduduk sanggup dipetakan dalam tiga jenis bentang alam yang lazim dijadikan tempat permukiman, yakni tempat pantai, tempat dataran rendah, dan dataran tinggi.

1. Kawasan Pantai

Penduduk yang tinggal di daerah pantai umumnya berprofesi sebagai nelayan atau pedagang. Pedagang membutuhkan permukiman di tempat pantai untuk keperluan perniagaannya alasannya ialah lokasi pantai yang akrab dengan maritim akan mempermudah transportasi dan perjalanan barang dagangan.

Karena itu, kota-kota yang berada di tempat pantai umumnya merupakan kota perdagangan yang berkembang pesat, contohnya Kota New York di Amerika Serikat dan Kota Marseille di Prancis, juga di kota-kota di Indonesia menyerupai Jakarta, Semarang, Surabaya, dan Banda Aceh.
 pada umumnya mengikuti aktivitas perekonomian untuk menunjang kehidupannya Pola Persebaran Penduduk
Gambar: Kota Pantai Semarang

2. Kawasan Dataran Rendah

Penduduk yang tinggal di tempat dataran rendah umumnya merupakan penduduk yang ingin membangun tempat pertanian, persawahan, dan perkebunan.

Kawasan dataran rendah yang disebari penduduk umumnya ialah yang dialiri pedoman sungai. Lokasi dataran rendah yang umumnya datar mengakibatkan pembangunan di tempat menyerupai ini sanggup berjalan cepat alasannya ialah aneka macam sarana transportasi menyerupai jalan dan rel kereta api gampang dibangun.

Kota-kota yang berada di tempat dataran rendah umumnya menjadi kota jasa dan pertanian yang berkembang pesat, contohnya Kota Amsterdam di Belanda dan Kota Bremen di Jerman. Di Indonesia contohnya Kota Surakarta, Jawa Tengah.

3. Kawasan Dataran Tinggi

Penduduk yang menyebar ke tempat dataran tinggi umumnya merupakan penduduk yang ingin membangun tempat pertanian, persawahan, dan perkebunan secara intensif.

Kawasan dataran tinggi umumnya mempunyai tanah dengan tingkat kesuburan tinggi dan cuaca yang sangat menunjang untuk pertanian. Oleh alasannya ialah dataran tinggi berbentuk curam dan berbukit-bukit, umumnya lokasi ini agak susah untuk didirikan bangunan. Contohnya Dataran Tinggi Dieng Jawa Tengah dan daerah pertanian Puncak Bogor, Jawa Barat.
Sumber https://www.berpendidikan.com

Post a Comment for "Pola Persebaran Penduduk"