Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Pengertian Pemuaian Panjang, Luas Dan Volume

Pada pembahasan kali ini kita akan membahas perihal pengertian pemuaian, pengertian pemuaian panjang, pengertian pemuaian luas dan volume sekaligus perihal anomali air.

Pengertian pemuaian

Pernahkah kau memerhatikan krupuk atau tahu yang sedang digoreng? Bagaimanakah ukuran krupuk atau tahu sebelum dan setelah digoreng?

Pada umumnya benda yang dipanaskan suhunya akan naik. Penaikan suhu benda umumnya juga diikuti pertambahan ukuran benda. Pertambahan ukuran benda itu disebut pemuaian.

Jadi, sanggup dinyatakan kalau suhu naik, benda akan memuai. Sebaliknya, kalau suhu turun, benda akan menyusut. Namun, air memiliki keganjilan yaitu sanggup menyusut kalau suhunya dinaikkan dan sanggup memuai kalau suhunya diturunkan. Gejala keganjilan air ini disebut anomali.

Pengertian Anomali air

Anomali air terjadi pada suhu 0oC hingga 4oC. Jika dipanaskan dari 0oC hingga 4oC, volume air akan menyusut. Sebaliknya kalau diturunkan dari suhu 4oC hingga 0oC, volume air akan memuai (bertambah).

Volume air terkecil terjadi pada suhu 4oC. Pada ketika itulah massa jenis air ditetapkan. Berdasarkan anomali air, kita juga mengetahui bahwa es kerikil (0oC) selalu memiliki volume lebih besar daripada air.

Hal itu berarti massa jenis es kerikil selalu lebih kecil daripada massa jenis air. Akibatnya kalau es kerikil dicampurkan ke dalam air, es kerikil tidak akan pernah tenggelam. Hal itulah yang mengakibatkan air di dasar sungai atau danau tidak akan pernah membeku di animo dingin.

Pengertian Muai Panjang

Sebelum membahas muai volume terlebih dahulu akan dibahas muai panjang. Karena volume merupakan turunan dari besaran panjang. Muai panjang ialah pertambahan panjang benda setiap satuan panjang kalau suhunya naik 1oC.

Alat yang dipakai untuk mengamati pemuaian panjang zat padat (biasanya logam) ialah alat Musschenbroek perhatikan Gambar di bawah ini!
Pada pembahasan kali ini kita akan membahas perihal pengertian pemuaian Pengertian Pemuaian Panjang, Luas dan Volume
Gambar: Musschenbroek 

Batang logam yang diteliti pada alat Musschenbroek selain mengalami pemuaian panjang, luas penampangnya juga memuai.

Namun, alasannya ialah pemuaian penampangnya sangat kecil pemuaian penampang itu diabaikan. Dalam kehidupan sehari-hari, pemuaian pada zat padat dan zat cair ialah pemuaian volume. Adapun pada zat gas mengalami pemuaian volume dan tekanan.

Baca: Rumus pemuaian panjang, luas dan volume terlengkap

Pengertian Muai Luas dan Muai Volume

Pada bab sebelumnya sudah dibahas muai panjang. Misalnya suatu benda berbentuk lembaran atau lempengan dipanaskan, maka panjang dan lebar benda itu akan mengalami pemuaian, artinya benda yang berbentuk lembaran sanggup mengalami muai luas. 

Setelah membahas muai panjang dan muai luas, kita akan membahas muai volume. Pada kehidupan sehari-hari, semua benda memiliki ukuran panjang, luas, dan tinggi. Hal itu berarti benda memiliki volume atau ruang. Dengan demikian, kalau suatu benda dipanaskan maka volumenya akan memuai. 
Sumber https://www.berpendidikan.com

Post a Comment for "Pengertian Pemuaian Panjang, Luas Dan Volume"