Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Pengertian Bilangan Prima Dan Pola Bilangan Prima 1-100

Pembahasan kali ini merupakan rincian dari pembahasan sebelumnya wacana pengertian bilangan dan macam-macam bilangan beserta contohnya.

Pada pembahasan tersebut telah disebutkan kurang lebih 20 macam bilangan dan salah satu diantaranya ialah bilangan prima.

Pada pembahasan tersebut telah disebutkan wacana pengertian bilangan prima dan misalnya secara global.

Pada pembahasan kali ini kita akan mengkaji secara detail wacana pengertian bilangan prima beserta contoh-contohnya secara rinci.

Pengertian bilngan prima

Bilangan prima ialah bilangan orisinil yang lebih dari satu yang tidak sanggup dibagi oleh bilangan manapun kecuali oleh bilangan 1 (satu) dan bilangan itu sendiri.

Penjelasannya:

1. 2 merupakan bilangan prima sebab sanggup dibagi 1 dan sanggup dibagi 2 dan tidak sanggup dibagi oleh bilangan selainnya.

2. 3 merupakan bilangan prima sebab sanggup dibagi 1 dan sanggup dibagi 3 dan tidak sanggup dibaggi oleh bilangan selainnya.

3. 4 bukan merupakan bilangan prima, sebab masih sanggup dibagi oleh bilangan selain 1 dan 4 yaitu sanggup dibagi 2.

4. 5 merupakan bilangan prima sebab sanggup dibagi 1 dan sanggup dibagi 5 dan tidak sanggup dibagi oleh bilangan selainnya.

5. 6 bukan merupakan bilangan prima, sebab masih sanggup dibagi oleh bilangan selain 1 dan 6 yaitu sanggup dibagi 2 dan sanggup dibagi 3.

Rumus bilangan prima

Ada nggak sih rumus untuk mencari bilangan prima? Sebagaimana definisinya bahwa bilangan prima ialah bilangan orisinil yang lebih dari satu serta faktor pembaginya ialah bilangan satu dan bilangan itu sendiri.

Tapi setidaknya gambar di bawah ini dapta dijadikan sebagai contoh untuk itu.
Pembahasan kali ini merupakan rincian dari pembahasan sebelumnya wacana  Pengertian Bilangan Prima dan Contoh Bilangan Prima 1-100
Gambar: Rumus memilih bilangan prima

Anggota himpunan bilangan prima

Berdasar pengertian tersebut sanggup disimpulkan bahwa daftar anggota himpunan bilangan prima ialah 2, 3, 5, 7, 11, 13, 17, 19, 23, dan seterusnya.

Sehingga berdasar pengertian dan contoh tersebut di atas sanggup disimpulkan bahwa bilangan prima tidak mempunyai pola khusus yang tersusun secara teratur, sehingga tidak mempunyai rumus khusus untuk bilangan prima.

Lambang bilangan prima

Sebenarnya tidak ada hukum khusus untuk lambang bilangan prima, namun untuk bilangan prima seringkali memakai lambang abjad P (huruf p besar).

Contoh bilangan prima 1-100

Berikut ini mari kita bahas bersama contoh bilangan prima antara 1 hingga dengan 100. Anggota himpunan bilangan prima antara 1-100 ialah sebagai berikut:

P = { 2, 3, 5, 7, 11, 13, 17, 19, 23, 29, 31, 37, 41, 43, 47, 53, 59, 61, 67, 71, 73, 79, 83, 89, 97 }

Demikian pembahasan secara detail wacana pengertian bilangan prima, rumus bilangan prima, contoh bilangan prima dan lain-lainya yang masih terkait dengan himpunan bilangan prima.

Semoga sanggup membantu anda semua dalam memecahkan duduk perkara yang terkait dengan bilangan prima.


Sumber https://www.berpendidikan.com

Post a Comment for "Pengertian Bilangan Prima Dan Pola Bilangan Prima 1-100"