Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Klasifikasi Makhluk Hidup 5 Kingdom Berdasarkan Whittaker

Perkembangan ilmu pengetahuan telah menghantarkan sistem pembagian terstruktur mengenai makhluk hidup yang dahulunya menganut dua kingdom, hingga dikala ini telah mengenal sistem pembagian terstruktur mengenai makhluk hidup 5 kingdom.

Kelompok terbesar makhluk hidup yang diperkenalkan oleh jago biologi disebut kingdom atau kerajaan. Sebagian besar jago biologi memakai sistem dua kingdom, yaitu kingdom plantae (dunia tumbuhan) dan kingdom animalia (dunia hewan).

Hal itu terjadi, alasannya pada zaman dahulu para jago kesulitan untuk mengklasifikasikan fungi, bakteri, dan organisme bersel satu ke dalam kelompok manapun.

Klasifikasi makhluk hidup 5 kingdom

Saat ini, beberapa jago biologi cenderung menyukai sistem lima kingdom yang dikemukakan pertama kali oleh Robert Whittaker pada tahun 1969. Sistem lima kingdom Whittaker mencakup Monera, Protista, Fungi, Plantae, dan Animalia.

Perkembangan ilmu pengetahuan telah menghantarkan  Klasifikasi Makhluk Hidup 5 Kingdom Menurut Whittaker
Gambar: Diagram pembagian terstruktur mengenai 5 kingdom Whittaker

1. Kingdom Monera

Kingdom Monera secara sederhana terbagi menjadi dua filum, yaitu filum Cyanobakteri dan Bakteri.

2. Kingdom Protista

Organisme yang termasuk dalam kingdom Protista merupakan organisme eukariota bersel tunggal (uniseluler) dan bersel banyak (multiseluler) yang kekerabatannya dekat.

Sebagian besar kelompok penting (subkingdom) dari protista yakni protozoa dan alga. Umumnya, organisme yang termasuk anggota kingdom Protista mempunyai ciri-ciri, ibarat binatang dan tumbuhan.

3. Kingdom Fungi (Jamur)

Fungi merupakan organisme eukariota dengan dinding pelindung dari kitin. Tubuhnya berupa miselium dari jalinan hifa. Hifa mempunyai sekat/septa yang membagi-bagi hifa menjadi beberapa bab multinukleat.

Fungi tidak mempunyai klorofil dan makanannya didapatkan tidak secara fotosintesis. Beberapa fungi bersifat benalu dan beberapa fungi yang lain bersimbiosis mutualisme, serta mengekresikan enzim pada masakan dan menyerap hasil pencernaan (eksternal).

Namun, sebagian besar bersifat saprofit (menyerap makanan). Sebagian besar fungi berkembang biak secara seksual dan aseksual. Gamet (sel kelamin) dan spora dihasilkan tanpa flagella.

4. Kingdom Plantae

Tumbuhan hijau merupakan organisme eukariota multiseluler dengan dinding sel dari materi selulosa dan polisakarida yang lain. Tumbuhan hijau memperoleh masakan secara autotrof dan sebagian besar melalui fotosintesis.

Proses fotosintesis memerlukan kloroplas yang mengandung pigmen klorofil a dan b, xantofil, dan karoten. Karbohidrat disimpan dalam bentuk butir-butir zat tepung.

Siklus hidupnya melibatkan dua generasi yang saling berganti-ganti. Pertama, terdapat generasi diploid, dikenal sebagai saprofit yang membentuk spora. Selanjutnya, diikuti generasi haploid yang dikenal sebagai gametofit penghasil gamet (sel kelamin).

5. Kingdom Animalia (Hewan)

Kalau kita amati lingkungan di sekitar kita, banyak terdapat banyak sekali macam jenis hewan. Tiap-tiap binatang yang kita amati tersebut mempunyai ciri yang berbeda. Dapatkah kau menyebutkan anggota dan ciri organisme anggota kingdom Animalia?

Hewan merupakan makhluk hidup eukariota multiseluler. Sebagian besar binatang menunjukkan diferensiasi jaringan yang kompleks dan mempunyai sistem saraf untuk mengkoordinasikan gerak badan dan respon terhadap lingkungan.

Beberapa binatang mempunyai organ badan yang telah berspesialisasi. Hewan mendapat makanannya secara heterotrof. Hewan tidak mempunyai dinding sel.


Sumber https://www.berpendidikan.com

Post a Comment for "Klasifikasi Makhluk Hidup 5 Kingdom Berdasarkan Whittaker"