Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Ciri-Ciri Makhluk Hidup Beserta Pola Dan Penjelasannya

Pembahasan kali ini yaitu wacana ciri-ciri makhluk hidup; ciri-ciri makhluk hidup beserta penjelasannya, ciri-ciri makhluk hidup beserta gambarnya, ciri-ciri makhluk hidup dan penjelasannya.

Semua makhluk hidup melaksanakan acara untuk bertahan hidup. Menurut kamu, apa saja acara makhluk hidup yang menggambarkan tanda-tanda hidup?

Untuk mengetahui acara makhluk hidup yang menggambarkan tanda-tanda kehidupan, ikutilah uraian berikut.

1. Bernapas

Makhluk hidup memecah kuliner secara kimiawi melalui sistem pencernaan menjadi zat-zat yang lebih sederhana. Zat-zat ini kemudian dibawa ke seluruh tubuh.

Hasil pencernaan kuliner dalam badan binatang atau tumbuhan dibawa ke setiap sel untuk melaksanakan proses hidupnya. Makanan itu menyediakan energi untuk melaksanakan kegiatan hidup.

Sel-sel memerlukan oksigen untuk mendapatkan energi dari makanan. Oleh sebab itu, semua makhluk hidup bernapas untuk memperoleh oksigen.

2. Memerlukan Makanan

Makhluk hidup memerlukan kuliner semoga memperoleh energi untuk memelihara dan menjalankan acara hidup. Sebagian besar tumbuhan bersifat autotrof, yaitu memproduksi/menghasilkan kuliner sendiri.

Makanan tumbuhan yang berupa zat organik berasal dari pengubahan zat anorganik (zat hara) dengan derma sinar matahari dalam proses fotosintesis. Sebagian kecil makhluk hidup, proses pembuatan makanannya memakai energi hasil dari reaksi kimia (kemosintesis).

Hewan merupakan makhluk hidup heterotrof, yaitu kebutuhan makanannya bergantung pada organisme lain. Hewan herbivora memenuhi kebutuhan makanannya dengan memakan tumbuhan.

Adapun, binatang karnivora memangsa binatang lain. Sapi tergolong herbivora sebab memakan rumput dan cheetah tergolong karnivora sebab memangsa zebra. Makanan tersebut harus dicerna dan diolah dalam badan dahulu sebelum dipakai untuk acara hidup.

ciri makhluk hidup beserta penjelasannya Ciri-ciri Makhluk Hidup beserta Contoh dan Penjelasannya
Gambar: Cheetah vs Zebra

3. Bergerak

Beberapa jenis gerakan insan dan binatang tampak terang terlihat, contohnya insan menari, kepakan sayap burung, hingga kedipan mata sapi.

Gerakan pada beberapa binatang terjadi sangat cepat dan efisien. Gerakan pada binatang selalu berafiliasi dengan kebutuhan makan, mencari makanan, menemukan pasangan, atau melarikan diri dari pemangsa.

Pada tumbuhan, kadang gerakannya tidak terang terlihat. Namun, kau sanggup melihat suatu gerakan sebuah sel tumbuhan di bawah mikroskop.

Pada ketika mengamati tumbuhan secara utuh, kadang kala kita melihat gerakan yang terjadi pada saat-saat tertentu. Misalnya, bunga mekar di pagi hari dan menguncup di sore hari.

Gerakan pada tumbuhan sangat lambat dan hanya sebagian badan saja. Gerakan itu terjadi akhir ada rangsangan dari luar, contohnya mekarnya bunga di pagi hari sesudah terkena sinar matahari atau menutupnya daun putri aib sesudah terkena sentuhan.

4. Pertumbuhan dan Perkembangan

Semua makhluk hidup mengalami pertumbuhan dan perkembangan. Pertumbuhan adalah perubahan pada makhluk hidup yang berupa pertambahan volume, massa, dan tinggi.

Adapun perkembangan adalah perubahan pada makhluk hidup menuju kedewasaan secara seksual yang diawali dari perkembangan zigot.

Jadi, benda yang tidak mengalami pertumbuhan dan perkembangan tidak termasuk golongan makhluk hidup.

5. Reproduksi

Semua organisme bereproduksi (berkembang biak) untuk memperbanyak jenisnya. Hal itu bertujuan untuk memastikan kelangsungan hidup jenisnya semoga tidak punah.

Beberapa jenis makhluk hidup sanggup berkembang biak tanpa membutuhkan pasangan, yang demikian itu disebut reproduksi aseksual. Adapun pasangan organisme jantan dan betina dalam satu jenis dibutuhkan dalam proses reproduksi seksual.

Reproduksi seksual sanggup terjadi bila dua sel kelamin bertemu untuk menghasilkan anak. Proses pertemuan dua sel kelamin, yaitu sel kelamin jantan (sperma) dan sel kelamin betina (ovum/sel telur) disebut fertilisasi.

Fertilisasi pada binatang menghasilkan anak, sedangkan fertilisasi pada tumbuhan akan terbentuk biji, kemudian biji tumbuh menjadi tumbuhan baru.

6. Peka terhadap Rangsang

Ciri lain makhluk hidup yaitu peka terhadap rangsangan dari lingkungannya. Rangsangan itu sanggup berupa sentuhan, cahaya, rasa, dan suara. Reaksi makhluk hidup terhadap rangsangan itu berbeda-beda.

Misalnya, tumbuhan putri aib (mimoria pudica) akan menutup daunnya ketika disentuh. Cumi-cumi mengeluarkan cairan seolah-olah tinta bila sedang terancam keberadaannya. Begitu pula insan secara reflek menjauhkan tangannya dari benda panas yang disentuhnya.

Kemampuan makhluk hidup mendapatkan dan mereaksi rangsang disebut iritabilitas. Secara umum, jawaban terhadap rangsang merupakan suatu bentuk penyesuaian makhluk hidup terhadap lingkungannya.

7. Mengeluarkan Zat Sisa

Semua sel penyusun badan makhluk hidup mengeluarkan zat-zat yang tidak berguna. Zat-zat yang tidak mempunyai kegunaan tersebut beracun dan berbahaya apabila tertimbun dalam tubuh. Setiap organisme harus mengeluarkan zat sisa semoga tidak meracuni tubuh.

Zat-zat yang tidak mempunyai kegunaan itu merupakan zat sisa proses metabolisme di dalam sel. Proses pengeluaran zat-zat sisa disebut ekskresi.

8. Melakukan Adaptasi

Ikan bisa hidup di air sebab mempunyai organ badan untuk menjaga kelangsungan hidupnya, antara lain mempunyai insang untuk bernapas, sirip untuk bergerak, dan sisik yang berlendir semoga gampang bergerak dalam air.

Kemampuan makhluk hidup untuk menyesuaikan diri dengan lingkungannya disebut adaptasi. Coba, sebutkan pola pembiasaan yang dilakukan oleh hewan-hewan yang lain.

Tumbuhan melaksanakan pembiasaan di antaranya dengan mengubah struktur tubuhnya. Tumbuhan kaktus yang hidup di tempat kering menyesuaikan diri dengan cara memperkecil luas permukaan daun untuk mengurangi penguapan.

Selain itu, kaktus juga mempunyai daun yang mirip duri, berakar panjang untuk menjangkau air di dalam tanah, dan hanya mempunyai sedikit stomata.


Sumber https://www.berpendidikan.com

Post a Comment for "Ciri-Ciri Makhluk Hidup Beserta Pola Dan Penjelasannya"