Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Arti Penting Lingkungan Hidup Bagi Kehidupan Manusia

Disamping membaca goresan pena ini, sebaiknya anda juga membaca ihwal unsur-unsur lingkungan hidup dan pengertiannya.

Pembahasan kali ini ialah ihwal arti penting lingkungan hidup bagi kehidupan insan atau manfaat lingkungan hidup bagi kehidupan manusia.

Makhluk hidup tidak sanggup dipisahkan dari lingkungannya. Kalian tentu sanggup membayangkan, apa yang terjadi kalau seekor ikan dikeluarkan dari akuarium, kolam, atau sungai yang merupakan lingkungan hidupnya? Ikan tersebut akan mati, bukan?

Hal itu terjadi sebab tidak adanya unsur-unsur lingkungan yang mendukung kehidupan ikan tersebut. Meskipun lingkungan bersifat mendukung atau menyokong kehidupan makhluk hidup, namun perlu diingat bahwa tidak semua lingkungan di muka bumi ini mempunyai keadaan yang ideal untuk kehidupan makhluk hidup.

Dalam hal ini, makhluk hidup yang bersangkutan harus sanggup mengikuti keadaan atau menyesuaikan diri dengan kondisi lingkungannya.

Sebagai contoh, insan yang hidup di tempat hambar menyerupai di kutub harus mengenakan pakaian yang tebal semoga sanggup bertahan di hawa dingin; binatang onta mempunyai kemampuan tidak minum selama berhari-hari, hal ini diubahsuaikan dengan kondisi lingkungan hidup onta, yaitu di padang pasir yang sulit menemukan air; beberapa jenis tanaman menggugurkan daunnya ketika animo kemarau semoga sanggup mengurangi penguapan, sehingga pohon tersebut tidak mati sebab kekurangan air.
unsur lingkungan hidup dan pengertiannya Arti Penting Lingkungan Hidup bagi Kehidupan Manusia
Contoh: Unta beradabtasi di padang pasir

Hal-hal tersebut merupakan bentuk pembiasaan makhluk hidup terhadap kondisi lingkungan yang bermacam-macam di muka bumi.

Khusus bagi manusia, pembiasaan yang dilakukan terhadap lingkungannya akan menghasilkan banyak sekali bentuk hasil interaksi yang disebut dengan budaya.

Budaya-budaya tersebut, antara lain, berupa bentuk rumah, model pakaian, pola mata pencaharian, dan pola kehidupan hariannya.

Dengan kemampuan yang dimilikinya, insan tidak hanya sanggup menyesuaikan diri. Akan tetapi, insan juga sanggup memanfaatkan potensi lingkungan untuk lebih berbagi kualitas kehidupannya.

Manfaat lingkungan hidup bagi kehidupan

Bagi manusia, selain sebagai tempat tinggalnya, lingkungan hidup juga sanggup dimanfaatkan sebagai:

1. media penghasil materi kebutuhan pokok (sandang, pangan, dan papan;

2. wahana bersosialisasi dan berinteraksi dengan makhluk hidup atau insan lainnya;

3. sumber energi;

4. sumber materi mineral yang sanggup dimanfaatkan untuk mendukung kelangsungan hidup manusia; serta

5. media ekosistem dan pelestarian tanaman dan fauna serta sumber alam lain yang sanggup dilindungi untuk dilestarikan.


Sumber https://www.berpendidikan.com

Post a Comment for "Arti Penting Lingkungan Hidup Bagi Kehidupan Manusia"