Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

3 Unsur Lingkungan Hidup Dan Pengertiannya

Pada pembahasan ini kita akan memahami lebih terperinci perihal pengertian lingkungan hidup, dan unsur-unsur lingkungan hidup; unsur biotik, unsur abiotik dan unsur sosial budaya.

Kehidupan yang berlangsung di muka bumi merupakan bentuk interaksi timbal balik antara unsur-unsur biotik dan unsur-unsur abiotik.

Kedua unsur tersebut harus sanggup mendukung satu sama lain, sehingga sanggup diperoleh kondisi lingkungan hidup yang harmonis dan seimbang.

Hal penting yang harus kalian ingat yakni bahwa lingkungan hidup yang ada kini bukanlah warisan dari nenek moyang yang sanggup kita gunakan sembarangan.

Akan tetapi, merupakan titipan dari generasi yang akan datang, sehingga dalam memanfaatkannya harus diperhatikan kelangsungan dan kelestariannya biar sanggup digunakan oleh generasi yang akan datang.

Pengertian Lingkungan Hidup

Menurut Undang-Undang No 4 Tahun 1982, lingkungan hidup merupakan kesatuan ruang dengan semua benda, daya, keadaan, dan makhluk hidup, termasuk di dalamnya insan dan perilakunya yang memengaruhi kelangsungan perikehidupan dan kesejahteraan insan serta makhluk hidup lainnya.
Pada pembahasan ini kita akan memahami lebih terperinci perihal pengertian lingkungan hidup 3 Unsur Lingkungan Hidup dan Pengertiannya
Gambar: Lingkungan Hidup

Unsur-unsur lingkungan hidup

Berdasarkan pengertian tersebut, lingkungan hidup tersusun dari banyak sekali unsur yang saling bekerjasama satu sama lain, yaitu unsur biotik, abiotik, dan sosial budaya.

1. Unsur Biotik

Unsur biotik yakni unsur-unsur makhluk hidup atau benda yang sanggup mengatakan ciri-ciri kehidupan, menyerupai bernapas, memerlukan makanan, tumbuh, dan berkembang biak. Unsur biotik terdiri atas manusia, hewan, dan tumbuh-tumbuhan.

Secara umum, unsur biotik mencakup produsen, konsumen, dan pengurai.

a. Produsen, yaitu organisme yang sanggup menciptakan kuliner sendiri dari materi anorganik sederhana. Produsen pada umumnya yakni tumbuhan hijau yang sanggup membentuk materi kuliner (zat organik) melalui fotosintesis.

b. Konsumen, yaitu organisme yang tidak bisa menciptakan kuliner sendiri. Konsumen terdiri atas binatang dan manusia. Konsumen memperoleh kuliner dari organisme lain, baik binatang maupun tumbuhan.

c. Pengurai atau perombak (dekomposer), yaitu organisme yang bisa menguraikan materi organik yang berasal dari organisme mati. Pengurai menyerap sebagian hasil penguraian tersebut dan melepas bahan-bahan yang sederhana yang sanggup digunakan oleh produsen. Pengurai terdiri atas basil dan jamur.

2. Unsur Abiotik

Unsur abiotik adalah unsur-unsur alam berupa benda mati yang sanggup mendukung kehidupan makhluk hidup. Termasuk unsur abiotik yakni tanah, air, cuaca, angin, sinar matahari, dan banyak sekali bentuk bentang lahan.

3. Unsur Sosial Budaya

Unsur sosial budaya merupakan bentuk penggabungan antara cipta, rasa, dan karsa insan yang diubahsuaikan atau dipengaruhi oleh kondisi lingkungan alam setempat.

Termasuk unsur sosial budaya yakni tabiat istiadat serta banyak sekali hasil inovasi insan dalam membuatkan ilmu pengetahuan dan teknologi.


Sumber https://www.berpendidikan.com

Post a Comment for "3 Unsur Lingkungan Hidup Dan Pengertiannya"