Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

3 Macam Aktivitas Ekonomi Beserta Contohnya

Pembahasan kali ini ialah wacana pengertian acara ekonomi, macam-macam acara ekonomi atau jenis acara ekonomi, teladan acara ekonomi, dan bentuk-bentuk acara ekonomi.

Pada pembahasan sebelumnya kau telah mengetahui di kawasan-kawasan mana saja permukiman-permukiman penduduk di Indonesia tersebar.

Satu hal yang perlu diingat, kawasan-kawasan tersebut ternyata dipilih alasannya sanggup menunjang acara keseharian, terutama acara yang menunjang ekonomi mereka.

3 Kegiatan Pokok Ekonomi

Dalam kehidupannya, insan tidak bisa dilepaskan dari acara konsumsi, produksi, dan distribusi barang maupun jasa. Ketiganya disebut sebagai acara pokok ekonomi, mengingat acara itu tidak bisa dilepaskan dari keseharian kehidupan insan dan dilakukan demi mempertahankan kelangsungan hidupnya.

Untuk lebih jelasnya, simak klarifikasi ketiga acara tersebut dalam pembahasan berikut ini.

1. Konsumsi

Setiap hari kau melaksanakan acara konsumsi. Saat belajar, kau menggunakan buku tulis, buku pelajaran, maupun pulpen. Sebelum berangkat sekolah, kau niscaya akan menyempatkan untuk makan pagi. Itu semua memperlihatkan teladan acara kau berlaku konsumsi.

Ketika tidur pun kau juga melaksanakan konsumsi, alasannya kau menggunakan selimut dan tempat tidur sebagai bantalan tidurmu.

Jadi, konsumsi adalah acara insan memakai, memanfaatkan barang atau mengurangi nilai guna barang, baik secara pribadi maupun tidak pribadi dengan tujuan untuk memenuhi kebutuhan hidupnya.

Secara pribadi artinya mengurangi nilai barang sekaligus dan tidak sanggup digunakan lagi, contohnya masakan yang sudah terlanjur kita makan tidak sanggup dikonsumsi lagi.

Adapun secara tidak pribadi artinya mengurangi nilai guna barang secara berangsur-angsur menyerupai pakaian atau kendaraan beroda empat yang bisa digunakan dalam jangka waktu usang sehingga nilai guna barangnya tidak sekaligus habis namun masih bisa digunakan berkali-kali.
Pembahasan kali ini ialah wacana pengertian acara ekonomi 3 Macam Kegiatan Ekonomi beserta Contohnya
Foto: Contoh Kegiatan Ekonomi Pasar terapung

2. Produksi

Produksi berasal dari bahasa Inggris, to produce yang artinya menciptakan atau menghasilkan. Dalam ilmu ekonomi, kata produksi mempunyai arti acara insan menghasilkan barang/jasa atau menambah nilai guna barang atau jasa.

Produksi tidak semata-mata menciptakan barang baru, tapi juga menambah nilai guna barang yang telah ada supaya bisa memenuhi kebutuhan insan secara maksimal.

Kesimpulannya bahwa produksi adalah acara insan menghasilkan atau menambah nilai guna barang /jasa.

3. Distribusi

Distribusi adalah acara menyalurkan atau memberikan barang atau jasa dari produsen kepada konsumen. Salah satu keunikan distribusi yaitu bisa memperlihatkan manfaat kepada semua pelaku acara ekonomi, baik produsen, konsumen, biro sendiri, maupun kepada masyarakat.


Sumber https://www.berpendidikan.com

Post a Comment for "3 Macam Aktivitas Ekonomi Beserta Contohnya"