Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Tujuan Kerjasama Ekonomi Antar Negara

Kerja sama sangat penting dilakukan oleh setiap negara di dunia, baik negara maju maupun negara berkembang. Sebagai negara yang masih tergolong negara berkembang, Indonesia mempunyai tujuan tersendiri dalam kolaborasi ekonomi internasionalnya.

Tujuan tersebut antara lain sebagai berikut.

a. Memajukan Perdagangan Internasional

Setiap negara yang mempunyai perekonomian terbuka berusaha memajukan acara perdagangan internasionalnya. Kemajuan perdagangan ini sanggup dilihat dari peningkatan volume ekspor dari waktu ke waktu.

Dengan ikut serta dalam suatu organisasi perdagangan, Indonesia sanggup mengetahui peraturan-peraturan atau tata perdagangan internasional sehingga sanggup memperluas pasar ekspor tanpa melanggar peraturan tersebut.

b. Mempercepat Pembangunan

Melalui kerja sama ekonomi, negara-negara berkembang mempunyai kesempatan untuk membangun perekonomiannya.

Negara berkembang mendapatkan investasi dari negara maju dan dukungan modal dari lembaga-lembaga keuangan internasional, menyerupai Bank Dunia, Bank Pembangunan Asia, dan lembaga-lembaga ekonomi di bawah naungan PBB.

Bantuan berupa dana, tenaga teknis, dan banyak sekali prasarana yang diberikan sanggup mempercepat pembangunan di negara berkembang.
Kerja sama sangat penting dilakukan oleh setiap negara di dunia Tujuan Kerjasama Ekonomi Antar negara
Kerjasama Ekonomi

c. Mengurangi Keterbelakangan

Negara-negara miskin pada umumnya tidak mempunyai potensi sumber daya sebagai modal pembangunan mereka. Sumber daya tersebut contohnya sumber daya alam, modal, dan kualitas sumber daya insan yang memadai.

Kekurangan sumber daya tersebut merupakan penyebab kondisi keterbelakangan menyerupai rendahnya kualitas pendidikan, kesehatan insan dan lingkungan, serta tingkat penguasaan teknologi produksi.

Melalui kolaborasi ekonomi, negara-negara miskin mempunyai kesempatan untuk memperoleh dukungan keuangan secara cuma-cuma. Selain itu, kolaborasi ekonomi juga sanggup menggalang solidaritas dunia internasional supaya menawarkan perhatian lebih untuk mengurangi angka kemiskinan dunia.


Sumber https://www.berpendidikan.com

Post a Comment for "Tujuan Kerjasama Ekonomi Antar Negara"