Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Sejarah Parindra (Partai Indonesia Raya)

Berbicara ihwal sejarah pergerakan nasional, maka Parindra (Partai Indonesia Raya) tidaklah boleh untuk terlewat pembahasannya.

Pada pembahsan ini akan diterangkan ihwal sejarah Parindra, latar belakang partai Indonesia Raya, perkembangan parindra, dan para tokoh pendiri parindra.

Sejarah Parindra

Perjuangan radikal yang dilakukan oleh PKI, IP, dan PNI mulai berakhir saat pemerintah kolonial Belanda melaksanakan penangkapan terhadap sejumlah tokoh PNI.

Di samping itu pemerintah kolonial di bawah Gubernur Jenderal de Jonge melaksanakan pengawasan yang ketat terhadap organisasi-organisasi yang ada pada masa itu.

Melihat kondisi tersebut, para tokoh pergerakan mengubah garis perjuangannya. Dari yang semula radikal dan nonkooperasi menjadi moderat dan kooperasi dengan menempatkan wakilnya dalam volksraad (semacam dewan legislatif di Hindia Belanda-pent).

 tidaklah boleh untuk terlewat pembahasannya Sejarah Parindra (Partai Indonesia Raya)
Gambar: Para Tokoh Pendiri Parindra

Tokoh pendiri Parindra

Salah satu organisasi yang bersifat moderat yaitu Partai Indonesia Raya (Parindra). Parindra didirikan di kota Solo oleh dr. Sutomo pada tanggal 26 Desember 1935. Parindra merupakan fusi antara Budi Utomo dan Persatuan Bangsa Indonesia (PBI).

Tujuan Parindra

Tujuan Parindra yaitu mencapai Indonesia Raya. Asas politik Parindra yaitu insidental, artinya tidak berpegang pada asas kooperasi maupun nonkooperasi.

Moh. Husni Thamrin

Sikapnya terhadap pemerintah tergantung pada situasi dan kondisi yang dihadapi, jadi luwes. Tokoh-tokoh Parindra yang populer dalam membela kepentingan rakyat di volksraad yaitu Moh. Husni Thamrin.

Parindra berjuang biar wakil-wakil volksraad semakin bertambah sehingga bunyi yang berafiliasi dengan upaya mencapai Indonesia merdeka semakin diperhatikan oleh pemerintah Belanda.

Perjuangan Parindra dalam volksraad cukup berhasil, terbukti pemerintah Belanda mengganti istilah inlandeer menjadi Indonesier.


Sumber https://www.berpendidikan.com

Post a Comment for "Sejarah Parindra (Partai Indonesia Raya)"