Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Pola Interaksi Organisme Dalam Ekosistem

Ekosistem tersusun dari aneka macam komponen biotik dan abiotik, lalu masing-masing komponen tersebut saling berinteraksi diantara mereka.

Antaranggota komunitas juga saling berinteraksi. Interaksi berlangsung di antara anggota populasi, antara anggota populasi yang berbeda, atau antara populasi yang satu dengan yang lain.

Pola Interaksi organisme

Bentuk interaksi antarorganisme, antara lain predasi, kompetisi, antibiosis, dan simbiosis.

a. Predasi

Predasi atau pemangsaan adalah acara organisme memakan atau dimakan oleh organisme lain. Jadi, dalam predasi terdapat kekerabatan antara pemangsa (predator) dengan mangsanya. Misalnya, burung alap-alap sebagai predator memangsa kelinci
Ekosistem tersusun dari aneka macam komponen Pola Interaksi Organisme dalam Ekosistem
Gambar: Contoh Predator 

b. Kompetisi

Kompetisi adalah persaingan antarindividu. Persaingan terjadi untuk memperoleh kebutuhan hidupnya, antara lain makanan, kawasan hidup, air, dan pasangan hidup. Persaingan sanggup terjadi antarindividu satu spesies dan antarindividu yang berbeda spesies.

Kompetisi menyebabkan timbulnya bermacam-macam cara penyesuaian makhluk hidup, baik struktur maupun tingkah laku, supaya bisa bertahan hidup dan memenangkan persaingan.

c. Simbiosis

Simbiosis adalah kekerabatan antara dua organisme berbeda jenis yang bersifat akrab dan khusus. Kehidupan bersama antarorganisme tersebut sanggup saling menguntungkan (simbiosis mutualisme), salah satu pihak untung dan pihak lain rugi (simbiosis parasitisme), atau salah satu untung dan pihak lain tidak untung dan tidak rugi (simbiosis komensalisme).

Contoh simbiosis mutualisme, yaitu kekerabatan antara lebah dan bunga. Contoh simbiosis parasitisme, yaitu kekerabatan antara tumbuhan parasit dan tumbuhan inang. Contoh simbiosis komensalisme, yaitu kekerabatan antara basil pembusuk dalam usus binatang mamalia atau manusia.

d. Antibiosis

Antibiosis merupakan kekerabatan antara dua jenis organisme, organisme yang satu menghambat pertumbuhan organisme lain.

Misalnya jamur Penicillium mengeluarkan antibiotik untuk menghambat pertumbuhan bakteri.


Sumber https://www.berpendidikan.com

Post a Comment for "Pola Interaksi Organisme Dalam Ekosistem"