Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Penyebab Pencemaran Air Dan Cara Penganggulangannya

Salah satu jenis pencemaran lingkungan yang paling sering terjadi di tengah-tengah kehidupan masyarakat ialah pencemaran air.

Pada pembahasan kali ini kita akan membahas wacana pencemaran air; pengertian pencemaran air, efek pencemaran air, penyebab pencemaran air, dan cara penanggulangan pencemaran air.

Penyebab pencemaran air

Lingkungan perairan sanggup terkotori oleh banyak sekali acara manusia. Bahan pencemar lingkungan perairan, antara lain limbah cair dan padat hasil kegiatan industri, pupuk, dan pestisida dari kegiatan pertanian, tumpahan minyak di laut, limbah insan (sampah), dan detergen dari kegiatan rumah tangga.

Semua materi pencemar itu akan memengaruhi makhluk hidup di air dan kadangkadang meracuni insan atau menginfeksi insan dengan banyak sekali penyakit.

Bahan-bahan yang sanggup mengakibatkan pencemaran pada perairan ialah sebagai berikut!

1) Sampah (Hasil Buangan)

Penyakit, menyerupai tifus dan kolera yang disebabkan oleh basil akan menginfeksi insan sesudah masuk ke dalam usus (saluran pencernaan). Kotoran insan yang telah terinfeksi banyak mengandung bakteri.

Jika kotoran ini masuk ke perairan bebas, penyakit akan menyebar ke ribuan orang. Hal itu disebabkan orang memakai air tersebut untuk banyak sekali keperluan bahkan untuk air minum.

Oleh lantaran itu, sampah (hasil buangan) harus melalui beberapa tahap pengolahan sebelum dibuang ke sungai.

Proses pengolahan ini bertujuan untuk menghilangkan basil dan materi kimia berbahaya sebelum dibuang ke sungai.

2) Eutrofikasi

Eutrofikasi terjadi ketika sulfat dan nitrat hasil buangan pupuk dan pestisida yang berlebih masuk ke lingkungan pertanian sehingga mengakibatkan ledakan pertumbuhan tumbuhan mikroskopis (alga).

Kondisi tersebut tidak diikuti oleh pertumbuhan binatang mikroskopis pemakan alga, sehingga banyak binatang yang mati dan karam ke dasar perairan. Mikroorganisme pengurai membutuhkan banyak oksigen yang terlarut di air untuk menguraikan bangkai.

Akibatnya, kandungan oksigen yang terlarut di dalam air menurun. Menurunnya oksigen yang terlarut dalam air akan mematikan ikan dan banyak sekali organisme lantaran daya dukung perairan terhadap kehidupan di air menurun.

3) Polusi Senyawa Kimia

Beberapa proses industri menghasilkan limbah berbahaya, contohnya industri penyepuhan perak menyisakan limbah tembaga dan sianida. Jika materi kimia ini dilepaskan ke sungai, akan meracuni binatang dan tumbuhan serta insan yang mengonsumsinya.

Pada tahun 1971, penduduk teluk Minamata, Jepang, banyak yang meninggal dunia dan 120 sakit berat lantaran keracunan merkuri. Hal itu terjadi lantaran pabrik industri telah membuang limbahnya ke teluk.

Walaupun kadar merkuri di teluk sangat rendah, konsentrasinya akan meningkat seiring dengan tingkatan tropik rantai makanan yang karenanya terakumulasi pada insan sebagai konsumen puncak.

Akumulasi merkuri di badan insan mengakibatkan kerusakan otak, kelumpuhan saraf, dan kematian.
tengah kehidupan masyarakat ialah pencemaran air Penyebab Pencemaran Air dan Cara Penganggulangannya
Gambar: Contoh Penyebab Pencemaran Air (minyak tumpah)

Pencemaran minyak juga sanggup terjadi di laut. Pada tahun 1989, kapal tanker Exxon Valdez mengalami kecelakaan dan menumpahkan minyak mentah ke laut.

Akibatnya, 400.000 burung bahari terbunuh, begitu juga paus dan anjing laut. Pencemaran minyak di bahari juga pernah terjadi dikala tenggelamnya kapal super tanker di Teluk Biscay, Prancis.

Hal itu menjadi pemicu tumpahnya 20 ribu ton minyak yang mengakibatkan kerusakan terhebat dalam sejarah Prancis.

Cara Penanggulangan pencemaran air

Kita telah memahami bahwa pencemaran air sangat membahayakan bagi makhluk hidup yang memakai perairan. Untuk itu, kita perlu mengambil upaya untuk mengatasi pencemaran air.

Upaya apa yang digunakan untuk mengatasi pencemaran air? Tindakan untuk mengatasi pencemaran air, yaitu mengelola limbah sebelum dibuang ke lingkungan sehingga terbebas dari bahan-bahan berbahaya.

Air limbah dialirkan ke beberapa kolam untuk dibersihkan secara bertahap. Tahap pertama ialah pencucian secara mekanik, contohnya dengan mengendapkan materi padat dan cair (proses pengendapan) serta proses penyaringan.

Tahap berikutnya ialah pencucian secara kimia dengan menambahkan beberapa materi kimia untuk mengikat materi berbahaya dan mengendapkannya (memisahkannya) sehingga gampang dipisahkan.

Tahap selanjutnya, pencucian secara biologi dengan cara memberi ganggang atau tumbuhan air yang berguna. Hal itu dilakukan supaya senyawa-senyawa berbahaya terambil dari air.

Akhirnya, pada kolam terakhir ditaburi banyak sekali jenis ikan untuk menguji kebersihan air. Apabila ikan sebagai indikator kebersihan memperlihatkan tanda-tanda yang baik, air diperbolehkan keluar dari pabrik atau digunakan kembali untuk keperluan pabrik.


Sumber https://www.berpendidikan.com

Post a Comment for "Penyebab Pencemaran Air Dan Cara Penganggulangannya"