Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Pengertian, Rumus Dan Satuan Energi Serta Bentuk-Bentuk Energi

Pada pembahasan kali ini akan dijelaskan wacana pengertian energi, rumus energi, satuan energi dan bentuk-bentuk energi yang akan dijelaskan secara lengkap.

Pernahkah kau naik pedati? Mengapa pedati sanggup berpindah dari daerah semula jikalau ditarik kuda? Kuda sanggup bekerja menarik pedati alasannya ialah mempunyai energi yang diperoleh dari kuliner yang dimakannya. Semakin banyak energi yang dimiliki kuda, semakin besar kerja yang sanggup dilakukannya sehingga perpindahan pedati makin jauh.

Energi yang dimiliki kuda besar lengan berkuasa pada daya yang dihasilkan dan perjuangan yang dilakukan kuda. Semakin banyak kerja yang dilakukan kuda maka dayanya semakin besar. Bagaimana korelasi antara usaha, gaya, perpindahan, energi, dan daya? Mari ikuti pembahasan pada pembahasan ini.

Mengapa kendaraan sanggup berjalan? Energi apa yang terkandung di dalam materi bakar? Mengapa materi bakar berkurang sehabis kendaraan bergerak? Berubah menjadi apakah materi bakar itu Bagaimana cara menghemat energi?

Pengertian energi

Tenaga kita berasal dari kuliner yang dimakan. Tenaga dalam istilah fisika disebut energi. Dapatkah kita bekerja tanpa energi? Tidak hanya manusia, semua benda yang bergerak memerlukan energi. Misalnya, menyerupai gambar berikut.
Pada pembahasan kali ini akan dijelaskan wacana pengertian energi Pengertian, Rumus dan Satuan Energi serta Bentuk-bentuk Energi
Gambar: (a) Sepeda Motor sanggup bergerak alasannya ialah energi kimia yang tersimpan di dalam materi bakar, (b) Tumbuhan Mendapat energi dari Matahari

Kemampuan suatu benda untuk melaksanakan kerja (usaha) disebut energi. Dalam sistem internasional (SI), energi dinyatakan dalam satuan joule (J), sedangkan dalam cgs dinyatakan dengan erg. Berapa erg-kah 1 Joule itu?

Rumus dan Satuan Energi

Satuan energi yang lain ialah kalori atau kilo kalori. Satuan kalori biasanya dipakai untuk menyatakan besar energi panas (kalor) dan energi kimia yang terkandung dalam makanan.
1 joule = 10-3 kJ
1 joule = 0,24 kalori
1 joule = 10-6 MJ
1 joule = 6,5 x 1018 eV
1 joule = 1 kgm2/s2

Bentuk-bentuk energi

Bentuk-bentuk energi apa sajakah yang kau temukan dalam kehidupan sehari-hari? Untuk lebih memahami bentuk-bentuk energi, mari kita lakukan acara berikut ini.

1. Amati ibumu atau kakakmu yang sedang menyetrika pakaian.

2. Coba kau pikirkan wacana matahari.

3. Dengarkan suara bel yang terdengar setiap pergantian pelajaran di kelasmu.

4. Bayangkan dikala kau sarapan pagi sebelum berangkat ke sekolah.

5. Coba kau cari artikel wacana PLTA dan PLTU.

6. Amati radio, TV, dan lampu.

Apa yang sanggup kau simpulkan dari acara di atas? Semua energi berasal dari alam semesta dan bermanfaat bagi kehidupan.

a. pembakaran kayu menghasilkan energi kalor

b. lampu menghasilkan energi cahaya

c. kuliner menghasilkan energi kimia

d. radio menghasilkan energi bunyi

e. televisi memakai energi listrik

f. kereta api digerakkan dengan energi uap

Diantara macam-macam bentuk energi adalah

  1. energi air
  2. energi bunyi
  3. energi cahaya
  4. energi kalor
  5. energi kimia
  6. energi kinetik
  7. energi listrik
  8. energi potensial
  9. energi sampah
  10. energi uap

James Prescott Joule
(1818 – 1889)

James Prescott Joule lahir di Salford, Lancashire, Inggris, 24 Desember 1818. Dia tidak pernah duduk di kursi sekolah hingga berumur 17 tahun alasannya ialah sakit-sakitan. Untuk memperoleh ilmu pengetahuan, orang bau tanah Joule mendatangkan guru. Akan tetapi, sebagian besar ilmu yang dikuasainya diperoleh dari membaca buku.

Ketika berumur 17 tahun, Joule masuk sekolah dan diterima di Universitas Manchester. Ia dibimbing oleh John Dalton. Bersama dengan Herman dan Julius von Mayer, Joule menemukan aturan kekekalan energi. Selain itu, Joule juga menilik kesetaraan antara kalor dengan energi. Pada usia 71 tahun, tanggal 11 Oktober 1889, James Presscot Joule, wafat.

Sumber https://www.berpendidikan.com

Post a Comment for "Pengertian, Rumus Dan Satuan Energi Serta Bentuk-Bentuk Energi"