Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Pengertian Dan Ciri-Ciri Pembangunan Berwawasan Lingkungan

Antara pembangunan nasional dan pelestarian lingkungan memiliki kekerabatan yang sangat erat. Pada umumnya pembangunan akan berdampak pada kerusakan lingkungan hidup, padahal salah satu makna tujuan pembangunan nasional yaitu harus memperhatikan pelestarian lingkungan hidup.

Pada pembahasan kali ini kita akan mengkaji wacana pengertian pembangunan berwawasan lingkungan, ciri-ciri pembangunan berwawasan lingkungan, referensi pembangunan berwawasan lingkungan, pembangunan berkelanjutan berwawasan lingkungan, konsep pembangunan berwawasan lingkungan dan arti pembangunan berwawasan lingkungan.

Pengertian pembangunan berwawasan lingkungan

Pembangunan yang akhir-akhir ini dikembangkan oleh pemerintah Indonesia yaitu pembangunan yang berwawasan lingkungan, yaitu suatu bentuk pembangunan yang tetap memerhatikan daya dukung lingkungan dan kelestarian sumber daya alam.

Pembangunan berwawasan lingkungan akan menghasilkan pembangunan yang berkelanjutan dan seimbang.

 Pada umumnya pembangunan akan berdampak pada  Pengertian dan Ciri-ciri Pembangunan Berwawasan Lingkungan
Gambar: Pembangunan Berwawasan Lingkungan

Konsep pembangunan berwawasan lingkungan

Pembangunan yang berwawasan lingkungan harus memerhatikan dan melakukan konsep serta analisis SWOT (strenght, weakness, opportunity, and threats atau kekuatan, kelemahan, peluang, dan ancaman) sehingga bisa mengoptimalkan potensi dan peluang yang ada serta sanggup meminimalisasi kelemahan dan bahaya serta efek yang mungkin ditimbulkan.

Untuk sanggup mendukung pelaksanaan analisis SWOT, maka partisipasi segenap lapisan masyarakat sangat diharapkan sehingga hasil-hasil pembangunan sanggup dipertanggungjawabkan dan dirasakan bersama.

Pengertian dan Ciri-ciri Pembangunan Berwawasan Lingkungan

Berdasarkan uraian tersebut, secara ringkas ciri-ciri pembangunan berwawasan lingkungan, antara lain:

1. dilakukan dengan perencanaan yang matang dengan mengetahui dan memahami kekuatan, kelemahan, peluang, dan bahaya yang dimiliki dan yang mungkin timbul di belakang hari;

2. memerhatikan daya dukung lingkungan sehingga sanggup mendukung kesinambungan pembangunan;

3. meminimalisasi efek pencemaran dan kerusakan lingkungan; serta

4. melibatkan partisipasi warga masyarakat, khususnya masyarakat yang berada di sekitar lokasi pembangunan.

Menurut Undang-Undang No. 4 Tahun 1982, lingkungan hidup merupakan kesatuan ruang dengan semua benda, daya, keadaan dan makhluk hidup, termasuk di dalamnya insan dan perilakunya yang memengaruhi kelangsungan perikehidupan dan kesejahteraan insan serta makhluk hidup lainnya.


Sumber https://www.berpendidikan.com

Post a Comment for "Pengertian Dan Ciri-Ciri Pembangunan Berwawasan Lingkungan"