Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Ketua Knip: Pembentukan Komita Nasional

Setelah pembacaan teks proklamasi dan penyebaran informasi proklamasi, maka langkah selanjutnya ialah penyeusunan perangkat negara melalui beberapa kali sidang PPKI.

Pembentukan Komite Nasional

Sebagai tindak lanjut dari sidang PPKI tanggal 22 Agustus 1945 maka dibentuklah Komite Nasional Indonesia (KNI).

Komite Nasional Indonesia ialah tubuh yang akan berfungsi sebagai Dewan Perwakilan Rakyat (DPR) sebelum diselenggarakan Pemilihan Umum (Pemilu).

Ketua KNIP

KNIP diketuai oleh Mr. Kasman Singodimejo. Anggota KNIP dilantik pada tanggal 29 Agustus 1945.

Tugas pertama KNIP ialah membantu kiprah kepresidenan. Namun, kemudian diperluas tidak hanya sebagai penasihat presiden, tetapi juga memiliki kewenangan legislatif.
 maka langkah selanjutnya ialah penyeusunan perangkat negara melalui  Ketua KNIP: Pembentukan Komita Nasional
Gambar: Foto Ketua KNIP (Kasman Singodimejo)

Maklumat Pemerintah RI No. X

Wewenang KNIP sebagai dewan perwakilan rakyat ditetapkan dalam rapat KNIP tanggal 16 Oktober 1945. Dalam rapat tersebut, wakil presiden Drs. Moh. Hatta mengeluarkan Maklumat Pemerintah RI No. X yang isinya
mencakup hal-hal berikut.

a. KNIP sebelum DPR/MPR terbentuk diserahi kekuasaan legislatif untuk menciptakan undang-undang
dan ikut memutuskan Garis-Garis Besar Haluan Negara (GBHN).

b. Berhubung gentingnya keadaan, maka pekerjaan sehari-hari KNIP dijalankan oleh sebuah Badan Pekerja KNIP yang diketuai oleh Sutan Syahrir.

Komite Nasional Indonesia disusun dari tingkat sentra hingga daerah. Pada tingkat sentra disebut Komite Nasional Indonesia Pusat (KNIP) dan pada tingkat kawasan yang disusun hingga tingkat kawedanan disebut Komite Nasional Indonesia.

Komite Nasional diatur Undang-Undang Dasar 1945 dalam Aturan Peralihan pasal IV yang isinya sebelum MPR, DPR, dan DPA dibuat berdasarkan Undang-Undang Dasar ini, segala kekuasaannya dijalankan oleh presiden dengan pemberian Komite Nasional.
Sumber https://www.berpendidikan.com

Post a Comment for "Ketua Knip: Pembentukan Komita Nasional"