Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Interaksi Dalam Ekosistem

Pada pembahasan kali ini kita akan menjelaskan perihal ekosistem; mulai dari pengertian ekosistem, pengertian komunitas, pengertian populasi, pengertian individu, macam-macam ekosistem, komponen ekosistem, hingga pola ekosistem.

Segala sesuatu di luar makhluk hidup dan mungkin sanggup memengaruhi keberadaannya disebut lingkungan. Pada lingkungan, terdapat kondisi atau persyaratan bagi suatu makhluk hidup untuk hidup.

Misalnya, lingkungan kecebong terdiri atas air. Suhu air akan memengaruhi pertumbuhan dan kegiatan kecebong. Lingkungan air menyediakan flora dan binatang sebagai sumber masakan bagi kecebong.

Air mengandung oksigen terlarut yang dibutuhkan kecebong untuk bernapas melalui insang. Dengan demikian, air, oksigen, dan masakan merupakan bab dari lingkungan kecebong.

Pengertian ekosistem

Jadi, antara makhluk hidup dan lingkungannya terjadi suatu interaksi atau hubungan. Makhluk hidup yang berinteraksi terhadap lingkungannya membentuk suatu kesatuan yang disebut ekosistem.

Interaksi dalam ekosistem

Dalam suatu ekosistem, terdapat satuan-satuan makhluk hidup, antara lain individu, populasi, dan komunitas.

1. Individu

Individu menunjuk pada makhluk hidup tunggal. Makhluk hidup tersebut sanggup melaksanakan kegiatan hidupnya sendiri atau bangun sendiri.

Misalnya, seorang manusia, seekor zebra, atau sebatang pohon. Jadi, individu ialah satuan makhluk hidup tunggal.

2. Populasi

Individu sanggup melaksanakan kegiatan hidupnya sendiri, contohnya makan. Namun demikian, individu juga bisa melakukannya gotong royong dengan individu lain atau berkelompok mencari makan bersama, bahkan membagi makanannya dengan yang lain.

Setiap individu yang hidup dalam kelompok jenisnya sendiri disebut populasi, contohnya populasi zebra.

3. Komunitas

Kelompok individu (populasi) yang saling berinteraksi dalam suatu areal/daerah tertentu disebut komunitas.

Interaksi sanggup terjadi antar populasi sesama jenis, misal antara kelompok zebra dengan kelompok zebra. Selain itu, interaksi juga sanggup terjadi antara kelompok yang berbeda jenis, contohnya kelompok zebra dengan kelompok kuda.

Jadi, komunitas dibentuk oleh semua tumbuhan, hewan, atau insan yang hidup dalam suatu habitat (tempat hidup).

4. Ekosistem

Komunitas makhluk hidup dalam suatu habitat, ditambah bab tak hidup dari lingkungan (air, udara, tanah, cahaya, dan suhu) membentuk suatu ekosistem.

Sebuah danau ialah ekosistem yang terdiri atas komunitas binatang dan flora yang hidup di permukaan atau di dalam air, mineral, oksigen terlarut, tanah, dan sinar matahari.

Untuk lebih jelasnya dalam memahami ekosistem, komunitas, populasi dan individu, silahkan Perhatikan denah pembentukan sebuah ekosistem di bawah ini.

Pada pembahasan kali ini kita akan menjelaskan perihal ekosistem Interaksi dalam Ekosistem
Gambar: Bagan satuan-satuan dalam ekosistem

Pada ekosistem darat, flora menyerap sinar matahari dan air hujan untuk materi fotosintesis, binatang memakan tumbuhan, dan hewan-hewan saling memakan satu sama lain.

Hewan dan flora yang mati diuraikan/diubah basil menjadi mineral di dalam tanah. Daur/siklus materi makhluk hidup memelihara ketersediaan mineral (bahan anorganik) di dalam tanah.


Sumber https://www.berpendidikan.com

Post a Comment for "Interaksi Dalam Ekosistem"