Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Fungsi Pasar Dalam Aktivitas Distribusi

Pembahasan ini merupakan pembahasan lengkap wacana pasar yang mencakup pengertian pasar, fungsi dan tugas pasar, macam-macam bentuk pasar dan lain-lainnya.

Hubungan antara Pasar dengan Distribusi

Pasar merupakan bab dari kegiatan distribusi yang berfungsi menyalurkan atau memberikan barang dari produsen kepada konsumen melalui para pedagang.

Barang-barang yang dihasilkan oleh produsen bukan untuk dikonsumsi sendiri, tetapi perlu disebarluaskan kepada masyarakat umum.

Pasar dalam acara distribusi mempunyai peranan yang cukup penting. Berikut ini fungsi hubungan antara pasar dengan distribusi.

1. Fungsi Pertukaran

Keterkaitan antara pasar dengan distribusi berfungsi sebagai pertukaran. Orang-orang yang menjual barang di pasar akan berperan sebagai pedagang sekaligus penyalur barang ke konsumen.

Para pedagang tentunya akan menentukan barang-barang yang disenangi oleh pembeli. Apabila barang-barang tersebut digemari oleh pembeli maka barang-barang yang ditawarkan akan laris terjual.

Dengan demikian acara distribusi akan lancar dan pedagang pun akan menerima keuntungan.

2. Fungsi Penyediaan Fisik

Pasar dan distribusi mempunyai fungsi penyedia fisik, artinya pasar akan menyediakan barang-barang yang diperlukan oleh konsumen.

Barang-barang tersebut akan diperoleh dari produsen melalui distributor. Barang-barang akan dikumpulkan untuk kemudian dijual ke konsumen.

Barang-barang yang dijual oleh pedagang tidak akan habis dalam waktu sehari. Pedagang akan menyimpan sisa barang yang dijualnya di gudang sebagai persediaan untuk dijual kembali di hari berikutnya.

Dengan demikian fungsi ini berkaitan dalam hal pengumpulan, penyimpanan, pemilihan, dan pengangkutan.
Pembahasan ini merupakan pembahasan lengkap wacana pasar yang mencakup  Fungsi Pasar dalam Kegiatan Distribusi
Gambar: Contoh fungsi pasar dalam acara distribusi

3. Fungsi Penunjang

Fungsi penunjang antara pasar dengan distribusi dilakukan untuk membantu dan menyempurnakan fungsi pertukaran dan penyediaan fisik semoga sanggup berjalan dengan baik.

Pasar dan distribusi sanggup dipakai sebagai sarana penunjang dalam memperkenalkan barang-barang yang dihasilkan oleh produsen.

Misalnya dengan memasang iklan di pasar atau membuatkan pamflet kepada konsumen. Dengan demikian konsumen akan mengetahui produk-produk gres tersebut.


Sumber https://www.berpendidikan.com

Post a Comment for "Fungsi Pasar Dalam Aktivitas Distribusi"