Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Faktor Pendorong Perdagangan Internasional Dan Kerjasama Ekonomi Antar Negara

Tiap-tiap negara menyadari pentingnya kerja sama ekonomi antarnegara. Kesadaran tersebut didorong oleh faktor-faktor sebagai berikut.

a. Peranan Negara dalam Menjaga Kepentingan Nasional

Pada kurun globalisasi tugas negara akan semakin berkurang. Negara hanya berperan sebagai pendorong, pengatur, dan kawan bagi swasta dalam aktivitas ekonomi.

Oleh alasannya yakni itu, negara yang efektif yakni yang menyediakan barang-barang dan jasa vital sekaligus aturan-aturan dan lembaganya demi mewujudkan kepentingan nasional.

Kepentingan nasional yang dimaksud di sini untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat secara keseluruhan dengan mengambil manfaat dari adanya kolaborasi internasional dan meminimalkan dampak negatifnya.

Misalnya, dalam menandatangani janji perdagangan bebas, pemerintah perlu memperhitungkan kesiapan atau tingkat daya saing produk-produk yang akan dibebaskan dari tarif semoga tidak kalah dalam persaingan dengan produk-produk buatan luar negeri.

 Kesadaran tersebut didorong oleh faktor Faktor Pendorong Perdagangan Internasional dan Kerjasama Ekonomi Antar Negara
Kerjasama Antar Negara

b. Perlunya Beradaptasi dengan Tuntutan Globalisasi

Gejala globalisasi tidak sanggup dihindarkan lagi. Setiap negara berusaha mempersiapkan diri untuk menghadapinya. Globalisasi tidak hanya mencakup bidang perdagangan, tetapi juga bidang keuangan, produksi, investasi, dan tata kekerabatan ekonomi antarbangsa.

Hal ini akan menjadi tantangan sekaligus peluang dalam aktivitas ekspor. Dalam proses globalisasi, kolaborasi ekonomi sangat penting alasannya yakni semakin kuatnya kekerabatan saling ketergantungan dan persaingan antarnegara.

Bagi negara berkembang ibarat Indonesia, kolaborasi bermanfaat untuk menyatukan kekuatan dalam menghadapi kekuatan ekonomi negara maju yang relatif lebih siap menghadapi globalisasi.

Misalnya, dalam organisasi APEC, janji perdagangan bebas di antara anggota-anggotanya dilakukan secara bertahap, yaitu untuk negara maju tahun 2010 sementara negara berkembang tahun 2020.

c. Rendahnya Tingkat Investasi di Dalam Negeri

Saat ini perekonomian Indonesia sangat membutuhkan investasi dari luar negeri, yaitu untuk membangun pabrik-pabrik yang akan menyerap tenaga kerja.

Indonesia perlu membuka kolaborasi ekonomi yang seluas-luasnya dengan negara lain, terutama negara-negara yang selama ini menjadi sumber investasi, ibarat Amerika Serikat dan Jepang, serta negara-negara yang potensial, ibarat Cina dan negara di daerah Arab.


Sumber https://www.berpendidikan.com

Post a Comment for "Faktor Pendorong Perdagangan Internasional Dan Kerjasama Ekonomi Antar Negara"