Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Contoh Cara Menemukan Pokok-Pokok Informasi 5W + 1H

Pembahasan berikut ini yakni perihal teladan info 5W + 1H, cara memilih pokok-pokok berita, contoh teks info singkat, cara menyimpulkan isi berita, teladan teks info terkini, mencari pokok-pokok berita, cara menciptakan pokok-pokok berita.

Memahami info yang diperdengarkan berbeda dengan memahami info dari media cetak. Untuk sanggup memahami info yang disampaikan melalui media cetak, kita sanggup membacanya.

Apabila kita belum memahami isi berita, kita sanggup mengulangi membaca. Adapun untuk memahami info yang disampaikan melalui media elektronik dibutuhkan konsentrasi yang cukup. Hal ini dikarenakan sifat beritanya hanya dibacakan satu kali atau tidak ada pengulangan.

Dapatkah kalian memahami informasi dari info yang disampaikan? Jika kalian memahami isi info tersebut, tentu kalian sanggup menuliskan pokok-pokok info yang kalian dengar dan menuliskan isi info ke dalam beberapa kalimat serta menuliskan kesimpulan isi beritanya.

Contoh Teks Berita Singkat

Pembahasan berikut ini yakni perihal teladan info  Contoh Cara Menemukan Pokok-pokok Berita 5W + 1H
Contoh Teks Berita Singkat
Selamat siang para pendengar yang budiman,
Kembali kami Gema FM bergabung ke tengah-tengah Anda sekalian dalam segmen Infotek, Info Teknologi. Saya, Diva Astuti akan mengetengahkan sebuah topik menarik untuk Anda semua.

Pendengar yang berbahagia, beberapa tahun belakangan ini istilah knowledge management (pengelolaan pengetahuan atau pemikiran) atau KM menjadi bahasan di banyak disiplin ilmu, terutama yang terkait dengan administrasi dan teknologi informasi.

Kini istilah KM pun mulai menenggelamkan popularitas istilah information management (pengelolaan informasi yang berafiliasi dengan komputer) atau IM. Pendengar yang setia, apa bekerjsama perbedaan karakteristik dua istilah ini, dan bagaimana penerapannya dalam dunia teknologi informasi?

IM merupakan suatu teknik pengaturan atau organisasi semoga informasi gampang dicari dan dipakai oleh pemakai. Hal yang termasuk dalam proses administrasi informasi, antara lain pengumpulan informasi, pengolahan informasi, kemas ulang informasi, serta temu kembali informasi.

Pendengar yang berbahagia, KM yakni teknik membangun suatu lingkungan pembelajaran atau learning environment. Dengan demikian, orang-orang di dalamnya terus termotivasi untuk terus belajar, memanfaatkan informasi yang ada, serta pada balasannya mau membuatkan informasi yang diperoleh. 

Hal yang termasuk dalam proses administrasi pengetahuan, antara lain pembelajaran dan membuatkan pengetahuan. Para pendengar setia, tetaplah di gelombang ini untuk menyimak info selanjutnya. Namun sebelum itu, simaklah sebuah lagu berikut.

(Digubah dari info Koran Tempo,
17 Februari 2005)

Sangat dibutuhkan konsentrasi yang cukup untuk sanggup memahami info yang disampaikan melalui media televisi atau radio. Hal ini dikarenakan sifat info yang disampaikan hanya dibacakan satu kali atau tidak ada pengulangan.

Artinya, kalian tidak sanggup mengulang kembali info tersebut sebagaimana kita mengulang lagu dari kaset ataupun CD. Adapun untuk memahami info yang kalian dengar, kalian tidak perlu menyimak info tersebut secara kata per kata atau bahkan menghafalnya.

Kalian sanggup memahami isi info yang kalian dengar cukup dengan memahami pokok-pokok isi beritanya. Adapun pokok isi kelengkapan dari sebuah info mencakup unsur apa, siapa, di mana, kapan, mengapa, dan bagaimana, berkenaan dengan info yang disampaikan.

Menemukan Pokok-pokok Berita

Berdasarkan info singkat yang kalian dengar, kalian sanggup menemukan kelengkapan unsur info yang kalian dengar menyerupai berikut ini.

1. Apakah hal yang disampaikan dalam info tersebut?
    – Informasi perihal IM dan KM.

2. Siapa yang memberikan info tersebut?
    – Diva Astuti (penyiar radio Gema FM).

3. Kapan info tersebut disampaikan?
    – Pada segmen Infotek radio Gema FM (siang hari).

4. Kapan KM menjadi lebih terkenal dibandingkan IM?
    – Pada akhir-akhir ini.

5. Di mana info tersebut disampaikan?
    – Di radio Gema FM.

6. Mengapa KM menjadi lebih terkenal dibanding IM?
    – Karena KM sedang banyak menjadi pembahasan dalam aneka macam disiplin ilmu.

7. Bagaimana KM menjadi banyak dibahas dibandingkan IM?
    – KM mempunyai cakupan yang lebih mengarah pada termotivasinya seseorang untuk terus belajar, memanfaatkan informasi yang ada, serta pada balasannya mau membuatkan informasi yang diperoleh.

Cara Menemukan Pokok-pokok berita

Kalian perlu memerhatikan beberapa hal untuk sanggup menyimpulkan isi berita. Beberapa hal yang dimaksud yakni berikut.

1. Menyimak info secara utuh atau keseluruhan dan lengkap secara konsentrasi.

2. Memahami pokok-pokok info dan memilih pikiran utamanya.

3. Menyusun pokok-pokok pikiran kembali dan menganalisisnya.

4. Menarik kesimpulan isi berita.

Baca: Contoh Teks Berita Singkat
Sumber https://www.berpendidikan.com

Post a Comment for "Contoh Cara Menemukan Pokok-Pokok Informasi 5W + 1H"