Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Arti Dan Hakikat Pembangunan Nasional Berkelanjutan

Pada pembahasan kali ini kita akan membahas ihwal hakekat pembangunan nasional yang berkelanjutan. Hal ini bertujuan semoga pembangunan tersebut sesuai dengan prinsip tujuan pembangunan nasional.

Pembangunan sanggup dikatakan berhasil jikalau memenuhi beberapa kondisi, antara lain, sanggup menyejahterakan kehidupan masyarakat, mempunyai fungsi dan peruntukan yang tepat, serta mempunyai dampak terhadap kerusakan lingkungan terendah.

Tidak sanggup dipungkiri bahwa setiap pembangunan niscaya mengakibatkan imbas terhadap keseimbangan lingkungan hidup. Namun, kita harus bisa meminimalisasi dampak-dampak negatif tersebut.

Pembangunan berkelanjutan (sustainable development) yakni pembangunan yang dalam perencanaan, pelaksanaan, dan pascapelaksanaan memerhatikan analisis mengenai imbas lingkungan hidup (AMDAL).

Hal ini dimaksudkan semoga generasi mendatang sanggup pula menikmati kualitas dan kuantitas sumber daya alam sebagai-mana yang kita nikmati sekarang, sehingga kita tidak mewariskan kerusakan dan pencemaran kepada generasi penerus kita.

Pada pembahasan kali ini kita akan membahas ihwal hakekat pembangunan nasional yang berk Arti dan Hakikat Pembangunan Nasional Berkelanjutan
Gambar: Pembangunan Berkelanjutan

Dasar aturan pelaksanaan AMDAL di Indonesia diatur dalam Pasal 16 Undang-Undang Lingkungan Hidup yang berbunyi: “Setiap planning yang diperkirakan mempunyai imbas penting terhadap lingkungan wajib dilengkapi dengan analisis mengenai imbas lingkungan yang pelaksanaannya diatur dengan peraturan pemerintah.”

Makna yang tersirat dari isi pasal tersebut yakni berikut ini.

1. Setiap acara pembangunan intinya berpotensi mengakibatkan imbas negatif terhadap lingkungan hidup yang perlu diperkirakan pada perencanaan awal, sehingga semenjak dini sanggup diambil langkah pencegahan, penanggulangan imbas negatif, serta menyebarkan imbas konkret dari acara tersebut.

2. Analisis mengenai imbas lingkungan diharapkan bagi proses pengambilan keputusan ihwal pelaksanaan planning acara yang mempunyai imbas penting terhadap lingkungan hidup.

3. Pembangunan perlu dilakukan secara bijaksana semoga mutu kehidupan sanggup dijaga secara berkesinambungan sehingga keserasian relasi antarberbagai acara perlu dijaga.

Menjaga kemampuan lingkungan untuk mendukung pembangunan merupakan perjuangan untuk mencapai pembangunan jangka panjang yang meliputi jangka waktu antargenerasi yaitu pembangunan yang terlanjutkan (sustainable development).

Dengan meliputi jangka waktu antargenerasi berarti setiap pembangunan yang dilaksanakan bukan untuk generasi kita saja, melainkan juga untuk anak cucu kita. Agar pembangunan sanggup berkelanjutan, pembangunan haruslah berwawasan lingkungan dengan memakai sumber daya secara bijaksana.


Sumber https://www.berpendidikan.com

Post a Comment for "Arti Dan Hakikat Pembangunan Nasional Berkelanjutan"