Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Peran Pranata Sosial Keluarga Dalam Upaya Pengendalian Sosial

Pada pembahasan kali ini, ternyata pranata sosial mempunyai relasi yang sangat bersahabat dengan pengendalian sosial serta dalam upaya menanggulangi dan mencegah penyimpangan sosial.

Keberhasilan suatu upaya pengendalian sosial tidak terlepas dari tugas pranata sosial di masyarakat. Peran pranata sosial sendiri ialah berusaha menegakkan dan menjalankan nilai dan norma sosial agar tercipta suatu kondisi kehidupan masyarakat yang aman, selaras, dan tertib sesuai dengan peraturan atau ketetapan yang berlaku.

Berikut ialah pranata sosial yang berperan besar dalam upaya membuat ketertiban dan pengendalian sosial.

Peran Pranata Keluarga

Pranata keluarga merupakan bentuk basic institutions. Seperti telah dijelaskan pada potongan di depan, keluarga mempunyai tugas besar dalam membentuk aksara seseorang kaitannya dengan sikap sosial yang dilakukannya dalam masyarakat.

Sebagai daerah pendidikan anak yang pertama dan utama, hukum dan kedisiplinan yang diterapkan dalam keluarga akan sangat memengaruhi sikap dan dan sikap seseorang.

Sebagai contoh, seorang anak yang dibesarkan dalam lingkungan keluarga yang taat beribadah akan selalu bersikap sesuai dengan hukum agama, rajin beribadah, dan bisa membedakan hal-hal yang baik dan hal-hal yang jelek atau dihentikan agama.
mempunyai relasi yang sangat bersahabat dengan  Peran Pranata Sosial Keluarga dalam Upaya Pengendalian Sosial
Contoh: Peran pranata keluarga

Hal ini terjadi alasannya ialah seseorang telah dikondisikan atau dibiasakan untuk melaksanakan hal tersebut. Kondisi tersebut akan jauh berbeda terhadap seorang anak yang dibesarkan dalam lingkungan keluarga yang tidak taat beribadah atau dalam keluarga yang tidak disiplin.

Mereka akan beranggapan bahwa segala sesuatu akan dianggap baik jika menguntungkan bagi dirinya sendiri tanpa mengindahkan apakah hal tersebut dihentikan agama ataupun tidak.

Dalam perkembangannya, seringkali bentuk-bentuk pelanggaran norma akan muncul dari hasil pendidikan yang kurang terarah dari suatu keluarga.

Untuk itu, penanaman pemahaman wacana kebaikan dan disiplin diri yang besar lengan berkuasa akan sangat membantu seseorang dalam bersosialisasi di masyarakat, sehingga sanggup terhindar dari pengaruh-pengaruh jelek dikala beliau bersosialisasi.

Sumber https://www.berpendidikan.com

Post a Comment for "Peran Pranata Sosial Keluarga Dalam Upaya Pengendalian Sosial"