Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Pengertian, Sifat, Bentuk, Dan Jenis -Jenis Magnet

Selamat hadir di Atap Ilmu blog sederhana yang menyebarkan pengetahuan dengan penuh keikhlasan. Kali ini kami akan menyebarkan ilmu wacana Magnet, beberapa topik pembahasan utama ialah Pengertian Magnet, Sifat- Sifat Magnet, Teori Kemagnetan, Benda Berdasarkan Sifat Kemagnetannya, Bentuk – bentuk magnet, dan Jenis –jenis Magnet. Semoga sanggup bermanfaa.

A. PENGERTIAN MAGNET
Magnet ialah benda yang bisa menarikdanunik benda – benda disekitarnya. Setiap Magnet mempunyai sifat kemagnetan. Kemagnetan ialah kemampuan benda tersebut untuk menarikdanunik benda-benda lain disekitarnya. Kata Magnet diambil dari nama tempat di asia yaitu Magnesia, di tempat inilah bangsa Yunani menemukan menemukan sifat magnetik dari bebatuan yang bisa menarikdanunik biji besi. Menurut asumsi ilmuan, Cina ialah bangsa pertama yang memanfaatkan magnet sebagai penunjuk arah atau kompas.



B. SIFAT – SIFAT MAGNET
  • Magnet spesialuntuk sanggup menarikdanunik benda – benda tertentu dalam jangkauannya, artinya tidak tiruana benda sanggup ditarik
  • Gaya Magnet sanggup menembus benda, semakin berpengaruh gaya magnet maka semakin tebal pula benda yang sanggup ditembus oleh gaya tersebut
  • Magnet mempunyai dua kutub, yaitu Kutub Utara dan Kutub Selatan
  • Apabila Kutub yang sejenis / senama didekatkan satu sama lain maka mereka akan saling tolak menolak,  namun apabila kutub yang tidak sama didekatkan satu sama lain maka mereka akan saling Tarik Menarik
KUTUB MAGNET
  • Medan Magnet akan membentu Gaya Magnet. Semakin Dekat benda dengan Magnet, medan magnetnya semakin rapat, sehingga gaya magnetnya akan semakin besar. Demikian pula sebaliknya
MEDAN MAGNET
  • Sifat Kemagnetan sanggup hilang atau melemah alasannya ialah bebarapa penyebab, contohnya apabila terus menerus jatuh, terbakar, dll



C. BENDA BERDASARKAN SIFAT KEMAGNETANNYA
Berdasarkan kemagnetannya benda sanggup digolongkan menjadi 2, yaitu :

1. Benda Magnetik (Feromagnetik)
Feromagnetik ialah benda yang sanggup ditarik dengan berpengaruh oleh magnet. Benda Magnetik yang bukan magnet sanggup diolah menjadi magnet, namun setiap benda mempunyai tingkat kesusahan yang tidak sama kalau ingin diubah menjadi magnet. misal benda ini ialah besi, baja, nikel, dll.

2. Benda Non – Magnetik
  • Benda ini terbagi lagi menjadi dua kelompok, yaitu :
  • Paramagnetik, yaitu benda yang sanggup ditarik dengan lemah oleh magnet kuat, contohnya alumunium, tembaga, platina, dll.
  • Diamagnetik, yaitu benda menolak magnet, artinya benda ini tidak sanggup ditarik oleh magnet, contohnya emas, seng, merkuri, dll.

D. TEORI KEMAGNETAN
  • Sebuah Magnet akan selalu tersusun atas magnet-magnet kecil yang disebut magnet elementer.
  • Pada Benda Magnetik, Magnet elementer ini tersusun secara teratur, Namun pada benda non-magnetik, magnet elementer tersusun secara acak.
  • Bahan magnetik yang bukan magnet sanggup diubah menjadi magnet dengan prinsip membuat magnet elementer menjadi teratur.
  • Bahan Magnetik lunak lebih praktis dijadikan magnet alasannya ialah lebih praktis untuk menyusun magnet elementer menjadi teratur
  • Apabila sebuah magnet dipotong, maka masing-masing bagian tetap mempunyai kutub utara dan kutub selatan

E. MACAM – MACAM BENTUK MAGNET
Sekarang magnet mempunyai banyak bentuk, alasannya ialah setiap bentuk magnet dibentuk dengan tujuan dan kegunaan yang tidak sama. Secara umum terdapat 5 bentuk tetap magenet, yaitu Magnet Batang, Magnet Silinder, Magnet Jarum, Magnet Cincin, Magnet U (Magnet Ladam). Silahkan sobat bersahabat melihat gambar dibawah ini semoga lebih mengenali macam – macam bentuk magnet.
BENTUK BENTUK MAGNET

F. JENIS – JENIS MAGNET
Secara garis besar, terdapat 2 jenis magnet, yaitu :
1. Magnet Alam
Magnet Alam ialah magnet yang sudah mempunyai sifat kemagnetan secara alami, artinya tanpa ada campur tangan manusia. contohnya ialah pegunungan ida di Magnesia yang bisa menarikdanunik benda – benda disekitarnya.
2. Magnet Buatan
Magnet Buatan ialah magnet yang dibentuk manusia, magnet buatan dibentuk dari materi – materi magnetik berpengaruh menyerupai besi dan baja. Magnet buatan terbagi lagi menjadi 2, yaitu :
  • Magnet Tetap (Pemnguan), ialah magnet yang sifat kemagnetannya bersifat permguan, meskipun proses pembuatannya sudah dihentikan.
  • Magnet Sementara (Remguan), ialah magnet yang sifat kemagnetannya spesialuntuk sementara, yaitu spesialuntuk terjadi selama proses pembuatannya.


Nah itulah pembahasan pada postingan kali ini, semoga ilmunya sanggup bermanfaa. Apabila masih ada yang belum dipahami silahkan tanyakan melalui kotak komentar di bawah, kami akan berusan merespon dengan cepat dan tepat. Terimakasih sudah berkunjung. J

Sumber https://www.softilmu.com

Post a Comment for "Pengertian, Sifat, Bentuk, Dan Jenis -Jenis Magnet"