Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Pengertian, Rumus Dan Suara Aturan Kekekalan Energi Serta Referensi Soalnya

Pada pembahasan kali ini akan dijelaskan perihal pengertian aturan kekekalan energi, rumus aturan kekekalan energi dan bunyik aturan kekekalan energi serta pola soal aturan kekekalan energi.

Pengertian Hukum kekekalan energi

Pernahkah kau melihat anak yang sedang bermain ayunan? Mengapa dengan sekali dorong, anak sanggup berayun berulang kali? Anak yang sedang bermain ayunan, energi mekaniknya selalu tetap.

Itu artinya jumlah energi kinetik dan energi potensialnya selalu tetap. Jika energi kinetiknya membesar maka energi potensialnya mengecil, begitu juga sebaliknya.

Ketika ayunan berada pada simpangan terjauh (posisi A dan C), energi potensial anak maksimum, sedangkan energi kinetik anak sama dengan nol.

Pada ketika berada pada posisi paling bawah (posisi B), energi potensialnya paling kecil, sedangkan energi kinetiknya maksimum.
Pada pembahasan kali ini akan dijelaskan perihal pengertian aturan kekekalan energi Pengertian, Rumus dan Bunyi Hukum Kekekalan Energi serta Contoh Soalnya
Gambar: Ayunan

Tahukah kau apa sebabnya? Hal ini akan terjadi secara berulang jikalau tidak terjadi gaya gesekan. Jadi, energi mekanik selalu tetap, meskipun energi kinetik dan energi potensial anak selalu berubah. Konsep ini dikenal sebagai hukum kekekalan energi mekanik. Kapan berlakunya aturan kekekalan energi mekanik?

Bunyi Hukum Kekekalan Energi

Hukum kekekalan energi menyatakan bahwa energi tidak sanggup diciptakan dan dimusnahkan, tetapi hanya sanggup berubah dari satu bentuk ke bentuk energi lain.

Rumus Hukum Kekekalan Energi

Hukum kekekalan energi mekanik menyatakan bahwa besar energi mekanik pada benda yang bergerak selalu tetap. Secara matematis dirumuskan sebagai berikut.
Em1 = Em2 
Ek1 + Ep1 = Ek2 + Ep2
Keterangan:
Em1, Em2 : energi mekanik awal dan energi mekanik simpulan (J).
Ek1, Ek2 : energi kinetik awal dan energi kinetik simpulan (J).
Ep1, Ep2 : energi potensial awal dan energi potensial simpulan (J).

Pada kenyataannya, simpangan ayunan akan berkurang dan lambat laun akan berhenti. Hal ini lantaran pada ayunan terjadi gaya gesekan.

Contoh Soal Hukum Kekekalan Energi

Sebuah mangga bermassa 1,2 kg jatuh dari pohon dengan ketinggian 5 m di atas tanah. (g = 10 m/s2).
a. Berapa energi potensial dan energi kinetik mula-mula?
b. Berapa energi potensial dan energi kinetik pada ketika tingginya 4,8 m? Berapa kecepatan mangga ketika itu?
c. Berapa kecepatan ketika menyentuh tanah?

Pembahasan
Diketahui:
m = 1,2 kg
h = 5 m
g = 10 m/s2

Ditanya:
a. Ep dan Ek mula-mula = ...?
b. Ep dan Ek ketika h1 = 4,8 = ...? v1 = ...?
c. v ketika menyentuh tanah = ...?

Jawab:
a. Ep = m g h
= 1,2×5 ×10 = 60 joule
Ek = 0

b. Ep1 = m g h1
            = 1,2× 4,8×10
            = 57,6 joule

 Ep1+Ek1 = Ep+Ek
57,6 + Ek1= 60 + 0
          Ek1 = 60 – 57,6
                  = 2,4 joule

       1/2 mv2 = Ek1
1/2 x 1,2 v12 = 2,4
               v12 = 4
                v1 = 2 m/s

c.      Ep3 + Ek3 = Ep + Ek
    0 + 1/2mv32 = 60 + 0
1/2 x 1,2 x v32 = 60
                  v32 = 100
                   v3 = 10 m/s

Kecepatan mangga ketika menyentuh tanah = 10 m/s.

Penghematan energi

Minyak, watu bara, dan gas alam merupakan materi tambang yang tidak sanggup diperbaharui. Bahan-bahan tersebut merupakan sumber energi. Semakin sering dipakai maka bahan-bahan tambang tersebut akan semakin cepat habis. Apa yang kau lakukan di rumah untuk menghemat energi?

Hemat Energi

Macet lagi ... Macet lagi ... Itulah salah satu ungkapan kekesalan lantaran kemacetan di kota besar. Kemacetan itu sendiri mengakibatkan polusi udara. Bagaimana mengurangi kedua problem tersebut? 

Mari gotong royong membudayakan kendaraan umum ketika berpergian. Dengan demikian, kendaraan beroda empat langsung yang melintas di jalan raya berkurang. Selain irit, hal ini juga sanggup mengurangi polusi udara yang ditimbulkan oleh kendaraan bermotor.

Sumber energi pengganti

Salah satu cara untuk menghindari habisnya sumber energi, ialah mencari sumber energi pengganti. Banyak penelitian yang telah dilakukan untuk menemukan sumber energi pengganti tersebut.

Di antaranya, materi bakar sintetis, energi sampah, energi dari perjuangan tani, kayu, energi pasang surut air laut, energi matahari, energi angin, dan energi nuklir.

Sumber https://www.berpendidikan.com

Post a Comment for "Pengertian, Rumus Dan Suara Aturan Kekekalan Energi Serta Referensi Soalnya"