Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Pengertian, Rumus, Dan Satuan Daya

Selamat hadir di Atap Ilmu, blog sederhana yang membuatkan ilmu pengetahuan dengan penuh keikhlasan. Kali ini kami akan membuatkan pengetahuan wacana Pengertian, Rumus, dan Satuan Daya. Beberapa topik pelengkap dalam artikel kali ini yaitu Perbeedaan Daya dan Energi, serta Perbedaan Daya dan Usaha. Semoga artikelnya sanggup bermanfaa, pribadi saja ya..

A. PENGERTIAN DAYA
Daya yaitu Laju Energi yang dihantarkan selama melaksanakan perjuangan dalam periode waktu tertentu. Satuan SI (Satuan Internasional) untuk Daya yaitu Joule / Sekon (J/s) = Watt (W). Satuan Watt dipakai untuk penghormatan kepada seorang ilmuan penemu mesin uap yang berjulukan James Watt. Satuan daya lainnya yang sering dipakai yaitu Daya Kuda atau Horse Power (hp), 1 hp = 746 Watt. Daya ialah Bemasukan Skalar, alasannya Daya spesialuntuk mempunyai nilai, tidak mempunyai arah.
PENGERTIAN, RUMUS, DAN SATUAN DAYA
B. RUMUS DAN SATUAN DAYA
Dalam Fisika, Daya disimbolkan dengan Persamaan Berikut :
P = W / t
Dari Persamaan diatas maka kita juga sanggup mengubah rumus daya menjadi :
P = (F.s) / t
P = F . v
Hasil tersebut didapatkan alasannya Rumus Usaha (W) = Gaya (F) dikali Jarak (s) dibagi Waktu (t)
Dan Rumus Kecepata (v) = jarak (s) dibagi waktu (t)
Keterangan
P = Daya ( satuannya J/s atau Watt )
W = Usaha ( Satuannya Joule [ J ] )
t = Waktu ( satuannya sekon [ s ] )
F = Gaya (Satuannya Newton [ N ] )
s = Jarak (satuannya Meter [ m ] )
v = Kecepatan (satuannya Meter / Sekon [ m/s ] )
Nah menurut persamaan fisika diatas, maka sanggup disimpulkan bahwa semakin besar laju usaha, maka semakin besar pula laju daya. Sedangkan apabila semakin usang waktunya maka laju daya akan semakin kecil.

C. PERBEDAAN DAYA DENGAN ENERGI
Banyak yang menyamakan pengertian energi dan Daya namun nyatanya mereka itu tidak sama. Kemampuan melaksanakan acara tidak spesialuntuk dibatasi oleh total energi yang dimiliki oleh tubuh, tetapi juga dibatas oleh daya kemampuan tubuh. contohnya Seseorang sanggup berjalan mengelilingi lapangan hingga total energinya habis, dan ia bisa melaksanakan hingga 30 putaran. Namun saat esok hari ia mencoba melaksanakan putaran lapangan dengan berlari, dan ternyata ia spesialuntuk bisa menuntaskan 20 putaran. Hal ini terjadi alasannya badan orang tersebut dibatasi oleh daya yang dimilikinya saat berlari, yaitu laju energi kimia yang dimiliki untuk mengubahnya menjadi energi mekanik.
D. PERBEDAAN DAYA DENGAN USAHA
Daya dan perjuangan ialah konsep fisika yang sering dibahas secara bersamaan dalam perkara mekanika. Perbedaan Daya dengan Usaha bahu-membahu sanggup dikaji melalui pengertian mereka yang tidak sama. Yaitu :
  • Daya yaitu Laju Energi yang dihantarkan selama melaksanakan perjuangan dalam periode waktu tertentu.
  • Usaha yaitu Jumlah Energi yang dihantarkan oleh gaya dalam jarak tertentu.
  • Perbedaan fundamental antara Daya dan Usaha yaitu daya ialah Laju energi, sedangkan Usaha ialah jumlah energi yang dihantarkan. Perbedaan lainnya yaitu Usaha diukur dalam Joule sedangkan Daya diukur dalam Watt.


Nah itulah pembahasan kami kali ini wacana Pengertian, Rumus, dan Satuan Daya. Semoga ilmunya sanggup bermanfaa. Apabila masih ada bahan pembahasan yang belum dimengerti, silahkan teman bersahabat tanyakan pada kotak komentar, kami akan berusaha merespon secepat mungkin. Terimakasih sudah berkunjung di Atap Ilmu, tidakboleh lupa like dan komentarnya. 

Sumber https://www.softilmu.com

Post a Comment for "Pengertian, Rumus, Dan Satuan Daya"